Persyaratan tambahan Visa(L) China

Mengajukan Visa turis ke China memang cukup mudah seperti yang ditulis pada artikel sebelumnya, Urus Visa China itu sangat mudah lho. Persyaratannya tak terlalu banyak. Namun, mulai 1 Januari 2012 terdapat tambahan persyaratan untuk pengajuan Visa L (kunjungan wisata, teman atau keluarga di RRC). Berikut kutipan pengumuman resminya.

Jika Anda akan ke China untuk wisata atau mengunjungi teman ataupun anggota keluarga, mohon lampirkan dokumen-dokumen berikut :

  1. Surat undangan yang dikeluarkan baik oleh pihak teman / anggota keluarga Anda yang berdomisili di China, atau Surat undangan yang dikeluarkan oleh perusahaan China.
  2. Jika Anda tidak dapat melampirkan Surat Undangan, Anda wajib melampirkan semua semua dokumen berikut :
    1. Agenda Perjalanan
      • Berikan rincian dari tujuan kunjungan dan kota yang Anda tuju menurut urutan waktu
      • Agenda perjalanan tersebut harus dibubuhi tanda-tangan baik oleh pemohon atau oleh kurir, dan tidak perlu menggunakan meterai.
      • Group atau kelompok perjalanan dapat berbagi 1 (satu) agenda perjalanan dengan mencantumkan nama dari kelompok tersebut jika mereka akan bepergian bersama.
    2. Reservasi Hotel. Mohon lampirkan bukti cetak pemesanan hotel online atau voucher hotel atas nama pemohon.
    3. Tiket PP. Mohon lampirkan bukti cetak pemesanan tiket online atau copy tiket.

Catatan : Masa laku visa, masa ijin tinggal, dan frekuensi masuk yang direncanakan akan diputuskan oleh Kedutaan China berdasarkan peraturan yang berlaku.


Komentar

56 tanggapan untuk “Persyaratan tambahan Visa(L) China”

  1. gerson ebenhaizer liufetto Avatar
    gerson ebenhaizer liufetto

    Mohon informasi,saya mau ke hongkong kujungan keluarga,rencana brhkt tg 21 maret 2015,paspor sudah ada,bgm visa apakah harus diurus,dimana pengurusannya,makasih

    1. Hi Gerson,
      Ke Hongkong BEBAS Visa. Jadi hanya perlu passport saja dgn minimal masa laku tersisa 6 bulan

  2. Sarah Avatar
    Sarah

    Dear Temans…

    Sekedar mau sharing aja melalui Blog ini:

    Kemarin aku baru aja ngurus visa China untuk tourist (L)…, ternyata emang gampang banget dan sama sekali tidak diperlukan fotocopy Tabungan ataupun Rekening Koran, jadi syaratnya seperti yang Mas Toto tulis diatas:
    – Foto Copy Passport dan KTP
    – Tiket PP
    – Reservasi Hotel
    – Agenda perjalanan /Itenerary selama di sana

    Dan untuk mempercepat antri lebih baik mengisi Form Aplikasinya dari website nya saja, jangan mengisi form aplikasi setelah disana. Berikut websitenya:
    http://www.visaforchina.org/JKT_EN/System/269851.shtml

    Demikian sharing dari aku…, semoga bermanfaat buat teman-teman yang ingin membuat Visa China:)

    Rgds
    Sarah

  3. wangkit Avatar
    wangkit

    Dh,bp.Toto…..mama w mau ke hkg dalam kunjungan ke tpt kakak yang menikah dengan org hkg. bermaksud tggl selama 3bulan. bagaimana urus visa dan di mana ya. lokasi w di medan,sumut. tq

    1. Wangkit, sebenarnya HK bebas visa untuk kunjungan singkat. Tapi jika ingin 3 bulan non-stop maka perlu visa. Nah karena di Medan tidak ada konjen, bisa urus melalui travel biro saja, daripada harus ke Jkt

  4. elvi Avatar
    elvi

    saya ingin bertanya, kalo dari china ke honkong apa butuh membuat visa hongkong lagi? saya hanya akan stay di hongkong 5 hari, dan saya sudah buat visa china. terimakasih

    1. Elvi, HK bebas Visa dari manapun asal kedatangannya. Saya sudah pernah seperti ini.

  5. Fidra Avatar
    Fidra

    Adakah rekomendasi biro perjalanan yang bisa mengatur agenda perjalanan di Cina?

    1. Fidra, baca di artikel tentang Beijing sekiatr Nov 2011.

  6. Danti Julia Avatar
    Danti Julia

    Pak Toto,

    Saya berencana pergi ke Guangzhou lewat Hongkong. Di Hongkong saya akan menginap di hotel kecil di Causeway Bay. Tapi, hotel tersebut tidak menerima reservasi. Jadi,langsung datang saja (dulu saya pernah menginap di hotel tersebut). Saya juga akan ke Macau dan menginap di apartemen teman saya.

    Untuk Guangzhou, saya belum tahu akan menginap berapa lama di Guangzhou dan belum menentukan tempat menginapnya (itinerary saya masih berubah-ubah. Tergantung suasana hati saya 🙂 Oleh karena itu, apakah saya harus tetap menyertakan bukti reservasi hotel? Mohon informasinya.

    Terima kasih.

    Regards,
    Danti Julia

    1. Danti,
      Akan lebih baik begitu. Solusinya adalah coba cari hotel via booking.com dengan fasilitas ‘Gratis Pembatalan’. Gunakan reservasinya untuk apply visa, dan jika sesudahnya tidak jadi ya tinggal dibatalkan saja. Atur-atur waktunya yang pas

  7. Resti Narulita Avatar
    Resti Narulita

    mohon infonya, saya berencana ke China dalam 2 desember ini, tapi saya melihat persyaratan aplikasi Visa China yang meminta rekening koran terakhir dengan saldo minimal 2000 US $. apakah itu betul menjadi salah satu pertimbangan kuat dikabulkannya permohonan visa ? terima kasih infonya 🙂

    1. Resti,
      Mulai Jan 2012 memang diberlakukan syarat baru. Syarat keuangan ini untuk memastikan Anda cukup dana selama di sana dan kembali. Jika bisa melampirkan tiket dan atau reservasi hotel akan bisa meyakinkan.

Tinggalkan komentar