Urus Visa China itu sangat mudah lho

Ingin melancong ke China? Cobalah untuk urus visa sendiri. Sangat mudah dan tidak banyak persyaratan yang dibutuhkan. Seperti halnya kedutaan Inggris dan Australia, pengurusan Visa China juga dikelola oleh sebuah unit usaha namanya Chinese Visa Application Service Center (CVASC). Lokasinya di Unit 6, 2nd Floor The East Building, Lingkar Mega Kuningan, Kav E32 No 1 Jakarta Selatan. Prosesnya cepat tanpa perlu interview. Huānyíng lái dào zhōngguó.

  • Persyaratan. Disamping passport dengan usia minimum 7 bulan hanya diperlukan isian formulir, foto 4×6 dengan warna latar terang. Formulir terdiri dari 4 halaman dengan maksimum isian 43 pertanyaan yang terdiri Informasi tentang diri (19 pertanyaan), Informasi Kunjungan (9 pertanyaan), Informasi tentang keluarga, pekerjaan atau sekolah (7 pertanyaan), dan Informasi lain (8 pertanyaan). Ditambah 4 pernyatan dan pertanyaan lainnya hanya diisi jika formulir bukan diisi oleh orang lain. Pertanyaan yang harus diisi merupakan informasi standard. Formulir tersedia gratis di CVASC
  • Lama Proses. Terdapat 3 layanan yakni Super Kilat 1 hari kerja, Kilat 2 hari kerja dan Reguler 4 hari kerja.
  • Biaya Visa. Biaya yang dikenakan tergantung visa yang diajukan, untuk Visa turis dengan proses reguler berbiaya Rp. 540.000, untuk express 2 hari Rp. 900.000. Bahkan bisa super express 1 hari selesai.

Prosesnya pengajuan secara umum sebagai berikut :

  1. Ambil formulir dan isi selengkapnya. Formulir dalam bahasa China & Indonesia,
  2. Bawa passport beserta isian formulir yang sudah ditempel foto. Petugas di depan akan membantu Anda mengambil nomor antrian dari mesin. Pada nomor antrian juga dicantumkan loket yang digunakan dan berapa jumlah antrian sebelum Anda.
  3. Memasuki ruang tunggu untuk menyerahkan berkas sesuai dengan nomor antrian. Terdapat petunjuk antrian dan loket yang sangat jelas. Panggilan dalam bahasa Indonesia, begitu juga dengan petugas loket bisa berbahasa Indonesia. Setelah berkas diperiksa akan diterbitkan Pick-Up Form yang digunakan untuk mengambil passport.
  4. Datang kembali ke CVASC sesuai tanggal yang tertera di Pick-up form untuk mengambil passport dengan Visa China.
  5. Bayar visa dengan cash atau bisa dengan Debit BCA atau BCA Flazz.
  6. Setelah bayar tinggal ambil di loket nomor 11.

Meskipun mudah ada baiknya Anda perhatikan beberapa tips berikut :

  • Isi formulir selengkap-lengkapnya. Anda tidak perlu kuatir sebab formulir dilengkapi dengan bahasa Indonesia disamping bahasa China.
  • Pakai foto sesuai yang diminta yakni dengan pakaian sopan dan dengan latar belakang terang dan tanpa banyak asesoris, kecuali kaca mata atau kerudung. Tidak boleh foto dengan topi.
  • Jika formulir diisikan oleh orang lain, isi identitas pengisi formulir dengan jelas.

Kali ini saya urus sendiri visa China dan benar-benar sangat mudah.

Penting untuk dibaca. Persyaratan tambahan Visa China (L) mulai 1 Januari 2012

Informasi lainnya :

http://www.visaforchina.org/JKT_EN/ email jakartacenter@visaforchina.org 021-57938655

About these ads

61 thoughts on “Urus Visa China itu sangat mudah lho”

  1. Halo Pak Toto, saya kerja di Malaysia tapi berencana utk liburan ke China, apa visa nya harus dibuat di Indonesia atau bisa dibuat di kedubes China di KL? Terima kasih sebelumnya.

      1. pak toto..
        mau tanya..
        saya maw ke china dgn keluarga saya melalui HKG
        nah kendala saya..saya belum tahu ke china nya kapan soalnya mau jalan2 di HKG dulu…
        stelah saya google..
        semua syarat nya rata-2 semua mengunakan..
        KTP
        Pasport
        Tiket + Hotel

        kendala saya..
        tiket dan hotel itu apa perlu? ( sedangkan tips2 yg bapak toto infokan tidak ada tiket dan hotel…

        terima kasih

  2. Mas boleh tanya apakah saat mengajukan visa harus melapirkan paspor lama ? Karena paspor saya lama saya hilang saat di macau
    Terima kasih

  3. Halo Pak Toto,

    Sy dan mama akan ke Cina. Apakah pengajuan visa mama sy dapat diwakilkan oleh saya? JAdi, mama saya tidak perlu ke CVASC. Tks sebelumnya

    1. Joni, di sini hanya tempat sharing, jadi tidak bisa terima order pengurusan visa. Silakan hubungi travel agent besar mungkin bisa bantu

  4. Pak permisi yah
    Itu fotonya 4 x 6 yah ukuranya? saya baca di blog laen kok 3 x 4 yah? trus background ga usah putih memangnya? Soalnya saya tidak punya, adanya background merah saja.

    Terima kasih.

  5. oh yah pak toto. saya sudah punya passport minimal 6 expired, fotokopi ktp dan kk, passphoto 4×6 2lbr latar putih. tiket pesawat pulang pergi, cuman kurang di booking hotel aja, apakah booking hotel di perlukan utk pengajuan visa china?
    thanks

  6. Pak,mau nanya saya mau apply visa 1entry tapi duration stay 90hari. Jadi ga 3bulan itu ga keluar2 china. Bisa ga pak? Tahun 2011 saya ada 5-6kali bolak balik china, tahun 2012 cuma ada 2kali aja. Jadi kira2 bisa ga kalo saya apply visa L dengan duration of stay 90hari?

  7. pak, saya mau buat visa turis, bagian residence n phone number during stay in china itu maksudnya alamat hotel bukan? trus name, address n phone number inviter di china apa harus diisi juga?
    mohon jawabannya segera pak, terima kasih sebelumnya.

    1. Qonie,
      Residence n phone number during stay in china bisa diisi alamat hotel.
      Name, address n phone number inviter diisi pihak pengundang, jika turis bisa dikosongkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s