My Indonesia


Halaman ini untuk menampilkan tempat-tempat wisata menarik di Indonesia. Informasi diperoleh dari pengalaman pribadi dan beberapa sumber. Update dilakukan terus-menerus, jadi tetap kunjungi halaman ini. Catatan perjalanan pribadi kunjungi My Traveling

 

10 Pesona Alam terbaik Indonesia (10 Best Scenic Wonders)

Disadur dari artikel Natasha Dragun yang dimuat di Mandala Magazine edisi Jan-Mar 2010

  1. Rice Terraces, Bali. Terlepas dari pantai-pantainya yang terkenal, teras sawah Bali-pun menakjubkan. Meliputi lebih dari 20 persen pulau Bali, teras sawah ini tidak hanya memenuhi sebagian besar kebutuhan pertanian di Bali, tapi juga merupakan impian fotografer. dari Puputan di barat sampai Tabanan di selatan, pegunungan dan lembah Bali yang dramatis dikelilingi oleh sawah tanpa ujung yang berubah warna dari hijau mengkilap sampai hijau zamrud dan kemudian menjadi coklat keemasan sejalan mematangnya bulir padi secara bertahap sepanjang tahun.
  2. Orangutan, Sumatera. Orang utan Sumatra adalah salah satu kerabat terdekat manusia di dunia binatang dengan 96% DNA yang sama. Penghuni hutan ini adalah monyet terhebat di Asia Tenggara dan satu-satunya yang hidup di pepohonan serta menghabiskan sebagian besar hidup mereka di tengah kerimbunan hutan. Orang utan sekarang hanya ada di dua pulau, Sumatera dan Kalimantan, dengan jumlah lebih sedikit di Sumatera. Akibat perburuan ilegal dan kehilangan habitat mereka, orang utan saat ini hanya ditemukan di hutan hujan yang terletak di ujung utara Sumatra.
  3. Mount Bromo, East Java. Salah satu tempat yang paling banyak menjadi objek fotografi di Indonesia, Gunung Bromo (2.329 meter) terkenal karena kawahnya yang luas dan terus mengeluarkan asap belerang. Terletak di dalam kaldera Tengger yang luas dan dikelilingi Lautan Pasir (lapisan abu vulkanis yang lembut), gunung berapi ini bukan yang tertinggi di wilayah ini, tapi sudah pasti yang paling mengagumkan, terutama saat matahari terbenam dan terbit. Pasang alarm Anda sekitar jam 3 pagi, sewalah sebiuah jip dan pergi ke tempat pengamatannya di Gunung Penanjakan. Anda tidak akan kecewa.
  4. Coral Walls, Bunaken Island. Terletak di teluk Manado, Sulawesi Utara, Bunaken dikelilingi oleh salah satu taman laut terbaik di Indonesia, dihiasi dinding karang terjal yang menakjubkan dan penuh gua-gua kecil yang berisi ribua spesies ikan penuh warna. Taman yang memiliki salah satu keanekaragaman hayati laut terbanyak di dunia, punya sekitar 70 varietas karang, jenis ikan yang mengagumkan, hiu bersirip hitam dan putih, bahkan dugong.
  5. Surf Breaks, Mentawai Island. Peselancar, perhatikan dari Maret sampai November, gulungan ombak di Kepulauan Mentawai tidak boleh terlewatkan. Rangkaian 70 pulau besar dan kecil di lepas pantai barat Sumatra, Mentawai merupakan salah satu tujuan selancar terkemuka di dunia. Kondisinya baik sepanjang tahun, namun ombak terbaik ada di bulan Juni dan Juli. Terjang ombak di tempat seperti Lance’s Left and Right, Macaronis dan Gilligan’s.
  6. Dragons, Komodo National Park. Jika Anda kira Komoda adalah buaya, Anda tidak sendirian. Spesies kadal terbesar di dunia ini lebih menyerupai makhluk prasejarah, tumbuh sampai 3 meter dengan berat sekitar 70 kilogram. Dengan 60 gigi tajam dan kecepatan lari sampai 18 km/jam, hanya sedikit yang bisa lepas dari incaran makhluk raksasa ini – yang memangsa segala dari burung sampai mamalia besar.
  7. Mount Rinjani, Lombok. Tertinggi ketiga di antara 129 gunung berapi aktif di Indonesia, Rinjani menjulang 3.726 meter di atas permukaan laut di Pulau Lombok. Dikelilingi Taman Nasional, Rinjani ditumbuhi hutan hujan lebat di sekeliling lerengnya, dan memiliki kaldera besar – saat ini sebuah danau kawah yang kedalamannya diperkirakan mencapai 2000 meter. Cara terbaik untuk melihat seluruh pulau adalah dengan  mendaki Rinjani. Namun inipun beresiko karena kadang gunung ini menyemburkan debu dan lava.
  8. Rafflesia Flower, Kalimantan. Rafflesia terkenal karena bau busuknya dan warnanya sangat cerah. Tumbuhan parasit raksasa ini memiliki bunga terbesar di dunia. Sebagian dapat memiliki diameter lebih dari satu meter dan berat sampai 10 kg. Alasan lain untuk tidak memetik bunganya yang berwarna merah delima adalah baunya yang menyerupai bau daging busuk, taktik bertahan hidup dengan menarik perhatian lalat dan kumbang yang sekaligus mambantu penyerbukan. Bunga ini sangat jarang ditemukan saat mekar karena hanya berlangsung beberapa hari.
  9. Lake Toba Sumatera. Karena terletak di lingkaran Api Pasifik, tidaklah mengherankan jika danau terbesar di Indonesia, dan juga di Asia Tenggara, merupakan danau vulkanis raksasa. Terletak di Sumatera Utara, Danau Toba terbentuk dari letusan gunung berapi besar sekitar 70.000 tahun lalu. Saat ini airnya menutupi area seluar 1.707 kilometer persegi dan kedalamannya mencapai 505 meter – dengan Pulau Samosir yang indah di tengahnya. Coba selami atau sewa perahu dan jelajahi danau saat matahari tenggelam.
  10. Uluwatu Temple, Bali. Walaupun Bali memiliki banyak pura yang indah, namun pura yang paling menakjubkan mungkin adalah pura Uluwatu yang terletak di karang terjal setinggi 70 meter di atas Samudera Hindia di pantai barat daya Bukit Peninsula. Sebagai salah satu ‘kayangan jagat’ yang menjaga pulau Bali dari Roh jahat, sebagian Uluwatu didirikan oleh Empu Kuturan, seorang pendeta suci dari Jawa, di abad ke 11. Melihat matahari tenggelam di tempat ini merupakan pengalaman yang tidak akan Anda lupakan.

                                                                                                                          *****

Bandung, West Java

gedung-sateBandung menawarkan alam yang indah dan udara cukup sejuk. Berikut tempat-tempat menarik di Bandung dan sekitarnya dan layak dikunjungi saat berlibur di kota kembang ini.

Wisata Heritage, Gedung Sate yang terletak di Jalan Diponegoro Bandung merupakan gedung peninggalan kolonial Belanda yang wajib dikunjungi. Gedung Sate dibangun tahun 1920. Gedung ini meskipun digunakan sebagai kantor Gubernur, tapi juga bisa dimasuki oleh turis umum. Gedung lainnya adalah Gedung Merdeka di Jl. Asia Afrika. Gedung inilah yang digunakan konferensi Asia Afria pertama tahun 1955.  Dekat dengan gedung ini masih berdiri hotel dengan bangunan kuno yakni Hotel Preanger dan Savoy Homan. Masih dekat dengan gedung Merdeka dapat dinikmat Jl Braga. Dulunya, jalan ini sangat terkenal sebagai tempat belanja jama Belanda dulu. Masih ada restoran Braga Permai yang merupakan peninggalan jaman kolonial. Bangunan- bangunan kuno masih tampak di jalan ini. Kini, jalan Braga sedang dalam penataan dengan memperindah trotoar dan mengganti aspal jalan dengan batu andesit.

Wisata Belanja, Bandung menawarkan beragam tempat belanja. Factory Outlet banyak dijumpai di hampir semua penjuru kota, namun kawasan FO terdapat di Jl. Riau dan Jl. Dago. Distribution Outlet (distro) banyak dijumpai di ujung Jl Trunojoyo dekatJl. Riau. Jangan lupa untuk mengunjungi pasar baru untuk berbelanja grosir pakaian dengan harga murah, pasar ini juga sangat populer bagi turis Malaysia. Jika ingin ke pusat belanja modern ada beberapa mall yang cukup populer seperti Bandung Indah Plasa, Istana Plasa, Bandung Supermall, dan Mall Paris van Java. Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi PVJ khususnya pada malam hari, mall ini menawarakan suasana yang berbeda. Mall khusus elektonik populer di Jl Purnawarman, Bandung Electronic Center (BEC), yang berjarak sangat dekat dengan BIP. Jangan lupa untuk mengunjungi Jl Cihampelas untuk berbelanja pakaian khususnya jeans.

Wisata Alam, Bandung juga menawarkan alamnya yang indah, beberapa tempat yang layak dikunjungi adalah :

  • Kebun Strawberry. Terdapat di Ciwidey, Lembang, Cihanjuang, dan Cihideung. Nikmati kebun sambil memetik sendiri buah strawberry. Buah yang dipetik bisa langsung dibawa pulang dengan kisaran harga Rp. 35.000 per kilo. Kebun Strawberry di Ciwidey terletak di Pusat Pengembangan Agro Wisata, 25km selatan Soreang.
  • Tangkuban Parahu, obyek wisata ini menawarkan udara sejuk gunung Tangkuban Perahu, terletak di ketinggian 2.076m di atas permukaan laut. Berjarak 30 km utama kota Bandung melewati kawasan Lembang. Tangkuban Perahu sangat terkenal karena legenda Sangkuriangnya. Memiliki 10 kawah yang dapat dinikmati diantaranya kawah domas, ratu, upas dan jurig. Sesampai di di kawah ratu bisa melanjutkan pendakian ke stasiun pengawasan gunung berapi kemudian dilanjutkan dengan jalan setapak menurun ke kawah domas yang mengandung belerang.
  • Situ Patengan, Pesona danau seluas 48 Ha ini terhampar di tengah perkebunan teh dan hutan pinus. Di tengah danau Anda bisa menikmati keindahan sebuah pulau, Pulau Sasaka atau Pulau Cinta. Konon danau ini melambangkan kisah cinta prabu Siliwangi dan Dewi Rengganis. Mereka berpisah sekian lama dan karena cintanya yang mendalam dipertemukan kembali di danau ini. Situ Patengan bisa dikunjungi dengan menyusuri perkebunan teh Ramcabali yang terletak di sebelah selatan kota Ciwidey. Anda bisa mengelilingi danau dengan menyewa perahu sambil singgah di pulau cinta.
  • Maribaya, merupakan perkampungan kecil di kaki Gunung Masigit yang dialiri 2 sungai yaitu, Sungai Cigulung dan Sungai Cikawari. Dari kedua sungai tersebut terdapat 3 air terjun, Curug Cikawari, Curug Cigulung dan Curug Cikaleang. Hanya berjarak 5 km sebelah timur lembang cocok untuk tempat beristirahat.
  • Taman Juanda, terletak 2 km dari terminal Dago. Awalnya dikenal sebagai kawasan hutan lindung  gunung Pulosari dan taman wisata alam Curug Dago. Di kawasan ini terdapat 2 gua bersejarah, yakni Gua Belanda dan Gua Jepang. Gua Belanda dulunya dipergunakan untuk terowongan PLTA sedangkan gua Jepang untuk pertahanan. Terdapat juga air terjun setinggi 10m yang berdekatan dengan prasasti Thailand. 

Bandung dapat dijangkau dengan :

  • Jalan darat :dari Jakarta melalui tol Cipularang, dari Cirebon, Jawa Tengah melalui jalan arteri
  • Udara : dari Surabaya (Merpati dan Sriwijaya), dari Bali (Indonesia Air Asia), dari Batam (Merpati), dari Kuala Lumpur (Air Asia 3x), dari Singapura (Air Asia 2x, Garuda(segera hadir), Silk Air (segera hadir)). 

Rekomendasi :

  • Taxi : Blue Bird Taxi 0227561334
  • Shopping Mall : Paris Van Java, Jl. Sukajadi

Banjarmasin, South Kalimantan

Atraksi wisata menarik yang sebaiknya dikunjungi adalah pasar terapung (floating market) di sungai Barito.

One thought on “My Indonesia”

  1. Suhu di Mt Tittlis selalu di sekitar nol untuk siang hari, tergantung musim juga. Kalo pas winter juga lebih rendah lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Fun, Fund & Found

%d bloggers like this: