Mengenal lebih jauh Virtual Hotel Operator (VHO)

VHOTraveler yang sering memesan kamar hotel tentu sudah mengenal RedDoorz, AiryRooms, ZenRooms, atau NidaRooms. Nama-nama ini menjual kamar hotel lebih murah dibanding Online Travel Agent  (OTA), apalagi jika dibandingkan harga kamar langsung. Konsep bisnis RedDoorz, AiryRooms, ZenRooms, atau NidaRooms memang berbeda dengan OTA, mereka menyewa jangka panjang kamar-kamar hotel dari mitranya, tentu saja dengan harga sangat murah. Kemudian kamar-kamar itu ditawarkan kembali kepada traveler dengan merk/atribut sendiri. Mereka tidak punya properti, semua kamar merupakan sewa dalam jangka panjang, kemudian mendandani kamarnya dengan standar mereka. Karena itu bisnis mereka disebut Virtual Hotel Operator (VHO). 

Lebih jauh lagi, VHO banyak bermain di pasar hotel budget, dan rata-rata mitra VHO adalah hotel-hotel budget di luar jaringan. Sejauh ini, hotel jaringan sangat jarang yang mau menjadi mitra VHO karena kamar-kamar akan disesuaikan dan atribut merk hotel akan disingkirkan. Beda halnya dengan OTA, tamu yang memesan kamar hotel melalui OTA tetap akan menempati kamar sesuai hotelnya. Mayoritas VHO menggunakan harga murah sebagai daya tarik konsumen, disamping kemudahan pemesanan via aplikasi. Berikut 4 VHO yang dapat menjadi pilihan traveler.

  • ZenRooms – Dengan slogan Travel More, Pay Less ZenRooms bermitra dengan banyak hotel di Indonesia, Philippines, Malaysia, Singapore, Srilanka dan Hongkong. Situs ZenRooms didesain simpel dengan 3 pilihan bahasa Indonesia, Inggris dan Thai. Mata uang disediakan sangat banyak, bukan hanya mata uang utama. Pembayaran dapat dilakukan dengan kartu kredit, transfer bank , bayar di hotel bahkan pembayaran lewat supermarket. Tawaran lain adalah diskon besar untuk masa tinggal 1 bulan. Oh ya, disediakan contact center untuk layanan bantuan.
  • AiryRooms Solusi Budget Travel. Didominasi warna biru muda, situs AiryRooms tampak muda fresh. Beda dengan ZenRooms, AiryRooms baru beroperasi di Indonesia. Selain hotel, ZenRooms juga menerima reservasi tiket pesawat. Aplikasi dapat diunduh di GooglePlay & AppleStore.
  • NidaRooms Branded Hotel Room Network. Lahir di Indonesia dan diklaim sebagai VHO pertama di Asia Tenggara. NidaRooms beroperasi di Indonesia, Malaysia, Singapore, Thailand. Sama halnya dengan ZenRooms. NidaRooms menyediakan pilihan 3 bahasa di situsnya (Indonesia, Inggris & Thailand). Contact Center disiapkan untuk masing-masing negara utama tersebut.
  • RedDoorzStandardised Budget Accommodation. Bermitra dengan hotel-hotel di Indonesia, Singapore, dan Thailand, Pembayaran RedDoorz paling lengkap di antara 3 pesaingnya di atas. Pelanggan dapat membayar hotel yang telah pesan secara online menggunakan melalui: Bank/ATM Transfer, Credit Card, Kredivo, Mandiri Clickpay, Doku Wallet and Alfamart.

VHO pada dasarnya adalah perusahaan teknologi, dan ini bakal memengaruhi bisnis hospitality di seluruh dunia, seperti halnya keberadaan Uber, GoJek dan Grab yang telah merubah tatanan bisnis transportasi.

 

Next : Plus minus pesan kamar melalui VHO

Advertisements

One thought on “Mengenal lebih jauh Virtual Hotel Operator (VHO)

  1. Baru tahu kalau Airy, Zen Room dll itu dinamakan VHO. Emang keren sih, selain membuat kamar hotel kecil menjadi nyaman dan berfasilitas seperti hotel berjaringan, seringkali ada promosi. Saya pernah menginap salah satu Airy dkt stasiun dan alun2 Malang, hotel merangkap kantor kontraktor. Worth it banget harga vs lokasi dan layanannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s