Review : Hotel Horison Ultima Jogja

Stasiun_TuguJogja & Malioboro adalah dua kata yang tak bisa dilepaskan. Malioboro menjadi tujuan turis dan karenanya banyak hotel di sekitar kawasan populer ini. Jalan Malioboro sebenarnya  tersambung dengan Jalan Mangkubumi, dengan batas rel kereta api. Malioboro yang padat membuat hotel-hotel berkembang ke sayap Malioboro, bahkan ke Jalan Mangkubumi dan sayapnya. Belakangan ini Jalan Mangkubumi tumbuh hotel-hotel baru. Letaknya yang cukup dekat dengan Malioboro, hotel-hotel di kawasan ini layak jadi pilihan sebagai pengganti Malioboro yang padat. Salah satunya adalah Hotel Horison Ultima di Jalan Gowongan Kidul. Inilah ulasannya.

Lokasi. Sangat strategis, hanya berjarak 10 menit berjalan kaki ke Stasiun Tugu & Jalan Malioboro. Cocok bagi traveller yang datang dengan kereta api. Shelter Trans Jogja tepat berada di ujung jalan, sehingga traveler yang datang dengan pesawat terbang tersambung langsung dengan TransJogja rute 2A. Lokasi hotel juga tak jauh dari jalan utama Mangkubumi.

 

IMG_4789Kamar. Terdapat dua pilihan kamar Deluxe & Junior Suite. Saya memilih deluxe room seluas 28 meter persegi. Cukup lega untuk hotel di tengah kota. Interior tampak stylish dengan dominasi warna pastel. Kamar dilengkapi dengan kunci akses, yang sayang sekali bukan sekaligus sebagai akses lift. Pengaturan ruangan cukup efisien sehingga kamar mandi tidak terlalu sempit. Tata cahaya cukup bagus karena semua kamar memiliki jendela besar arah luar. 2 botol air mineral melengkapi fasilitas kamar. Ketel air dan pendukungkan ditata di atas rak. 2 sandal juga disiapkan untuk tamu. Lemari pakaian cukup besar lengkap dengan penggantung. TV layar datar dengan berbagai channel berbayar.

Kasur. Hal pertama yang selalu saya lihat saat masuk kamar hotel adalah bagaimana mereka menata bed sheet dan covernya. Dan saya lihat hotel ini menatanya sedikit kurang rapi. Bed sheet terlihat bersih dan putih. Hotel menyiapkan 4 bantal besar dan 2 bantal kecil. Penggunaan 2 warna berbeda menjadikan lebih ‘fresh’. Kasurnya sukup nyaman, hanya dipan tidak cukup kokoh sehingga berderit saat digunakan (room 202).

IMG_4790
Shower @Horison Ultima Jogja

Kamar mandi cukup luas dan ditata dengan efisien. Ruang pancuran dipisahkan dengan pembatas kaca tanpa pintu. Ketiadaan pintu menyebabkan air pancuran keluar area shower membasahi lantai kamar mandi lainnya. Pengaturan air panas & air dingin bekerja dengan baik, dan air cukup deras. Terdapat 2 lembar handuk besar, 1 handuk tangan dan handuk lantai. Handuk-handuk tersebut meskipun tidak terlalu baru tapi masih cukup putih. Fasilitas lain seperti wastafel & closet tidak terlalu istimewa tetapi semua bekerja dengan baik. Kamar mandi juga dilengkapi dengan sabun padat, shower gel, dan sikat gigi dengan kualitas lumayan. Namun saya tak melihat hair dryer di sana. Pencahayaan di kamar mandi masih kurang terang

Room Service. Cukup banyak menu ditawarkan pada fasilitas room service dengan harga tidak mahal. Tak ada fasilitas minibar, tapi terdapat kulkas. Di lobby juga tersedia coffee shop yang buka setiap saat.

Sarapan. Menu sarapan cukup beragam, gabungan menu lokal dan menu barat. Rasa makanan standar saja.

Kolam Renang. Meskipun tak terlalu besar, hotel ini juga memanjakan tamu dengan kolam renang yang terletak di belakang lobby.

Spa & Massage. Seperti hotel-hotel di kelasnya, hotel ini juga menawarkan spa dengan tarif yang sedang. Sayang sekali saya tidak sempat mencobanya.

Internet. Hotel menyiapkan internet gratis di setiap kamar dengan kecepatan cukup.

Harga Kamar. Kamar ini cukup murah dengan fasilitas dan layanan yang diberikan. Pesan kamar melalui travel online sangat direkomendasikan untuk mendapatkan harga terbaik.

Namun saya tetap memiliki catatan selama menginap di sana :

  1. Kamar tidak cukup kedap sehingga suara-suara di kamar sebelah atau di lorong masih terdengar. Bahkan bunyi bel kamar sebelah sering mengecoh.
  2. Lift tidak dilengkapi kartu akses, sehingga siapapun bisa naik ke semua lantai.
  3. Saat sarapan saya memilih meja di dekat kolam, saya lihat lalat di area itu.
  4. Proses check-out lebih lama dari rata-rata.

Tips menginap :

  1. Pilih kamar menghadap kolam renang, atau lantai atas untuk mendapatkan pemandangan lebih bagus.
  2. Hiindari lantai 2 bagi tamu bukan perokok.

Secara keseluruhan saya cukup puas menginap hotel ini. Rasanya pantas untuk memberikan rating 8/10.

6 thoughts on “Review : Hotel Horison Ultima Jogja”

  1. Kalo dapat nilai 8/10 berarti masuk kategori bagus donk.. good reference buat kalo pas mampir ke Jogja.. nuhun infonya Bro..

    1. Jalan Mangkubumi yang pesat, ada 1O1, Harper, Grand Zuri, disamping Arjuna. Di sebelah Horison ada HOM yg masih satu group dgn Horison

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s