Itinerary : Taiwan Muslim Tour

Wisata Muslim Taiwan
Wisata Muslim Taiwan

Hal pertama yang ditanyakan pelancong muslim adalah apakah tersedia tempat ibadah atau restoran halal di tempat yang dituju. Begitu juga di Taiwan, negara dimana muslim merupakan minoritas. Tapi Taiwan rupanya faham betul besarnya pasar pelancong muslim di Asia. Untuk menarik sebanyak mungkin turis muslim, Taiwan Tourism Board menyiapkan panduan khusus untuk pelancong muslim ini. Bagaimanapun juga, Taiwan yang terletak di Pulau Formosa ini menawarkan destinasi menarik, dan ini cukup menarik minat pelancong muslim khususnya dari Asia Tenggara, Selatan, Tengah maupun dari Timur Tengah. Untuk memudahkan pelancong muslim, Taiwan Tourism Board sudah memberikan alternatif daftar atraksi yang dapat dikunjungi. Dikutip dari brosur resmi yang dikeluarkan, berikut ittinerary yang ditawarkan.

Pulau Formasa membentang utara ke selatan dengan jalur mengelilinginya. Taipei berada di ujung utara pulau, sedangkan Kaohsiung berada di sisi selatan. Panduan wisata dibagi dalam 2 track, Nothern & Western Taiwan dan Nothern & Eastern Taiwan.

Nothern & Western Taiwan. Paket perjalanan 5 hari 4 malam ini akan membawa Anda berkeliling Taipei- pusat kota Taiwan, lalu bergerak melewati pegunungan yang terbentang di tengah pulau menuju Kaohsiung, kota terbesar jedua di Taiwan.

Day 1. Taipei merupakan kota metropolitan yang menawarkan banyak hal, termasuk sajian halal untuk wisatawan muslim, salah satunya Anda dapat berkunjung ke Thai Food House Restaurant. Setelahnya mampirlah ke Shilin Night Market, pasar malam terbesar di Taipei yang berlokasi antara Yangming Theater dan Cicheng Temple. Tempat ini surga untuk wisata kuliner Anda.

Day 2. Chiang Kai-Sek Memorial Hall merupakan salah satu landmark kota Taipei yang wajib Anda kunjungi. Di dalamnya terdapat sebuah patung perunggu besar dari Chiang Kai Sek. Tinggalkan Taipei menuju Leofoo Village Theme Park. Berada di barat laut Taiwan, taman bermain ini menawarkan banyak wahana menarik bagi segala umur, seperti Arabian Kingdom, Wild West dan African Safari. Terdapat Alladin Restaurant yang menyajikan menu halal untuk makan siang Anda. Selanjutnya Anda dapat menikmati keindahan Sun Moon Lake dengan berkeliling menumpang perahu atau tersedia shuttle bus untuk membawa Anda ke banyak spot menarik di sekitar danau. Setelahnya Anda bisa mengikuti Eco-Tour di Tai Yi Ecological Leisure Farm yang berada di daerah pegunungan. Bermalam di tempat ini akan memberikan pengalaman yang berbeda untuk Anda.

Day 3. Dalam perjalanan menuju Kaohsiung Anda dapat berhenti di 921 Earthquake Museum of Taiwan di dekat Taichung, bangunan ini berdiri di bekas gedung sekolah untuk mengenang gempa bumi dahsyat yang pernah menimpa negara ini. Setelahnya Anda dapat menikmati makan siang di Warung Sare Muslim Restaurant sebelum tiba di Kaohsiung.

Kaohsing merupakan kota terbesar kedua di Taiwan yang diberi julukan ‘kota laut’ dimana kota metropolitan memiliki banyak sisi yang bersinggungan langsung tepi lautan. Tidak seperti Taipei yang dipenuhi lampu neon dan hiruk pikuk, gedung tinggi di Kaohsiung bisa dihitung jari, suasananya lebih sepi dengan jalan-jalan yang lebar dimana kehidupan berjalan lambat. Jika Anda suka berbelanja maka Dream Mall Shopping Center adalah tempat yang ditujukan untuk Anda. Dream Mall merupakan shopping mall terbesar di Asia Timur. Terkenal dengan rooftop amusement part dan bianglala Kaohsiung Eye yang berdiri menjulang hingga 102 meter. Mall ini memiliki banyak ritel outlet produk fashion, bisokop, restoran dan fasilitas hiburan lainnya. Di dekat pelabuhan Kaohsiung Anda dapat menemukan British Consulate at Takao dibangun pada tahun 1879 yang dulunya berfungsi sebagai mansion untuk anggota parlemen Inggris. Saat ini beralih fungsi menjadi restoran dengan beranda menghadap ke laut.

Selain laut, Kaohsiung juga memiliki sungai, Love River, bagi Kaohsiung seperti Seine bagi kota Paris. Sungai ini melintasi kota sepanjang 12 km, dibatasi dengan jejeran cafe dan restoran pinggir jalan. Ambil tempat duduk terbaik dengan ditemani secangkir teh dan kagumi pemandangan indah saat hari dijemput senja.

Day 4. Selama di Kaohsiung Anda bisa berkunjung ke Kaohsiung Mosque yang berada di Jianjiun Road. Masjid terbesar kedua di Taiwan ini telah berdiri sejak 1949, pada tahun 1992 mengalami perluasan untuk menampung jumlah umat muslim yang semakin bertambah di kota ini. Banyak statsiun pada jalur metro terbaru di Kaohsiung merupakan hasil karya seni yang saat ini telah menjadi obyek wisata paling ikonik di kota ini, salah satunya KMRT Formosa Boulevard Station. Di tempat ini Anda dapat melihat Dome of Light yang indah yang merupakan bangunan kaca terbesar di dunia, dengan diameter 30 meter dengan 4500 panel kaca berdiri di atas lahan 2.180 meter persegi. Naiklah High Speed Rail yang akan membawa Anda kembali ke Taipei dan setibanya di sana Anda dapat makan siang di Serena Indian & Pakistani Halal Restaurant. Bapilio Historic Street menawarkan jejeran arsitektur menarik di Taipei. Jalan ini dipadati bangunan bangunan bersejarah dari akhir masa Dinasti Qing dari awal periode kolonisasi Jepang. Anda dapat menemukan toko-toko tradisional dengan tampilan kuno persis seperti masa lalu. Mulai kunjungan Anda dari Heritage & Culture Education Center of Taipei, museum ini memiliki banyak koleksi menarik. Untuk memenuhi hasrat belanja, Ximending Commercial Area menawarkan banyak pertokoan dengan dengan produk fashion untuk anak muda, pusat makanan dengan harga terjangkau, dan bioskop di Movie Street. Pilihan lainnya adalah Taipei City Mall dengan lebih 180 pertokoan yang terbentang sepanjang 800 meter di jalur perbelanjaan bawah tanah. Tempat ini terhubung dengan Taipei Railway Station dan Taipei Main Station. Setelah puas berbelanja, nikmati makan siang di Aaleja Pakistani & Indian Halal Restaurant. Bangunan tertinggi kedua di dunia, Taipei 101 pastinya tak akan luput dari pandangan Anda. Anda dapat naik ke observatory room di lantai 89 untuk melihat pemandangan kota Taipei, tersedia pula outdoor onservatory room di lantai 91.

Day 5. Hari ini merupakan hari terakhir kunjungan Anda di Taipei, dari Taiwan Taoyuan International Airport Anda akan terbang kembali ke tanah air.

One thought on “Itinerary : Taiwan Muslim Tour”

  1. Thanks infonya Pak Toto … iya someday I will have a holiday in Taiwan.. doain aja biar banyak rejekinya ya ..hehe…

    ________________________________

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s