Review : Hotel NEO Bandung Dipatiukur

Hotel NEO Bandung Dipatiukur
Hotel NEO Bandung Dipatiukur

Inilah hotel NEO pertama di Bandung. Merek koleksi Archipelago International ini melengkapi portofolio di Bandung setelah Aston, FaveHotel dan segera menyusul Harper.  NEO Bandung berlokasi bukan di area utama, yakni di Jln Dipatiukur Bandung tapi cukup strategis. Saat saya menginap, hotel ini baru beroperasi sekitar 3 bulan. Masih baru tentu saja. Hotelnya tidak besar hanya ada 4 lantai untuk kamar tamu. 2 malam saya menginap di hotel ini, dan saya merekomendasikan untuk hotel bisnis, keluarga untuk yang beraktifitas di daerah utara. Apalagi tarif hotel ini bisa dikatakan cukup terjangkau.

Muda & Gaya. Inilah kesan pertama saya saat masuk lobby hotel. Resepsionis berdandan dengan menggunakan wig warna coklat terang untuk perempuan, sementara laki-lakinya dilengkapi topi ala Charlie Caplin. Lobby cukup simple tapi terkesan modern. Mereka menggunakan seragam warna hitam dengan desain simple. Bersebarangan dengan lobby terdapat restoran yang juga dengan desain minimalis.

Kamar NEO
Kamar NEO

Kamar. Saya memilih kamar superior dengan luas 21 meter persegi, cukup luas untuk ukuran hotel kelas ini. Didominasi warna putih & coklat, pengaturan kamar sangat efisien, terasa sangat lega. Kamar yang saya tempati menghadap jalan dengan jendela besar menambah kelegaan kamar. Selain kamar mandi kamar juga dilengkapi meja kecil, ketel pemanas air, TV layar datar, gantungan baju, kulkas, dan safe deposit box. Set kopi, teh dan gula juga tersedia beserta 2 botol air mineral ukuran 330ml. 2 sandal  melengkapi isi kamar.

Kasur. Seperti biasa, hal pertama yang selalu saya lihat saat masuk kamar hotel adalah bagaimana mereka menata bed sheet dan covernya. Dan saya lihat hotel ini menatanya dengan rapi. Bedsheet putih bersih dan terpasang rapi. Hotel menyiapkan 2 bantal besar dan 2 bantal kecil. Kualitas kasurnya standar saja.

Kamar Mandi NEO Hotel
Kamar Mandi NEO Hotel

Kamar Mandi. Terasa luas dengan tata-letak yang efisien. Tersedia shower dengan pengaturan air panas dingin bekerja optimal. Air mandi mengucur deras. Sabun, shampoo & conditioner disiapkan dalam dispenser yang ditempel di dinding dekat shower. Sabun padat juga tersedia. Kamar mandi dilengkapi dengan 2 handuk putih bersih, sikat gigi, dan keset handuk. Yang suka dari kamar mandi adalah lantai ruang pancuran terbuat dari ubin bertekstur batu sehingga tidak licin. Closet tidak disediakan selang air, tetapi tersedia pancuran sebagai pengganti.

Room Service. Tidak cukup banyak menu ditawarkan pada fasilitas room service dengan harga cukup murah. Menu merupakan makanan populer. Begitu juga dengan fasilitas minibar, tidak banyak yang ditawarkan, hanya 1 botol air mineral 1500ml. Sayang sekali saat saya pesan makanan, 2 kali telepon saya tidak terjawab.

Spa & Massage. Kendati bukan hotel besar, NEO Bandung juga menyediakan massage & spa. Saya tidak mencobanya tapi dari brosur di kamar, tarifnya sangat menarik. Selain di tempat spa, massage bisa di kamar juga.

Wi-Fi. Hotel menyediakan akses internet gratis buat tamu, sayang sekali sinyalnya tidak cukup kuat, hanya maksimal 2 bar.

Sekeliling. Pelancong bisnis yang beraktifitas di Telkom, Pertamina, Gubernur Jabar, ITB, atau UNPAD dapat menjadikan hotel ini sebagai pilihan, begitu juga pelancong wisata belanja di Jalan Dago. Banyak tempat makan di sekitar hotel, dan juga banyak pool travel di sekitar hotel.

Namun saya tetap memiliki catatan selama menginap di sana :

  1. Catatan terpenting adalah kebersihan kamar terutama di sisi bawah pembatas shower. Bagian ini harus dibersihkan lebih sering & serius.
  2. Sepertinya hotel ini beroperasi dengan karyawan yang sangat ringkas. 2 kali panggilan ke room service tidak terjawab, begitu juga ke resepsionis sesaat sesudahnya. Lebih baik sistem telepon langsung di-alihkan ke satu nomor jika tak terjawab.
  3. Keramahan dan responsif dari karyawan sebenarnya sudah bagus, tapi masih terlihat agak kaku terutama saat greeting dengan menempelkan tangan kanan di dada kiri. Mungkin karena hotel ini masih baru.

Tips menginap :

  1. Kamar menghadap gunung (bukan menghadap jalan) menyajikan pemandangan lebih bagus.
  2. Hotel hanya memiliki lahan parkir terbatas.

Secara keseluruhan saya cukup puas menginap 2 malam di hotel ini. Pantas untuk diganjar 8/10.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s