Pulau mungil itu dinamai Pulau Pasir

Pulau Pasir Lombok
Pulau Pasir Lombok

Lombok memang berlimpah anugerah. Di samping kaya dengan pantai-pantainya yang indah, Lombok juga memiliki pulau-pulau kecil di sekitarnya. Mereka menyebutnya sebagai Gili. Di sisi barat ada Gili Air, Meno & Trawangan yang lebih dulu populer. Tapi Lombok masih memiliki Gili-gili lain yang segera menyusul terkenel. Dalam pelayaran dari Pantai Tangsi ke Tanjung Luar, saya ‘menemukan’ pulau super mungil yang semua permukaan berupa pasir. Pulau Pasir namanya.

Pulau imut ini sangat dekat dari Tanjung Luar, kira-kira hanya perlu 15-20 menit dengan perahu. Tepatnya masuk wilayah Desa Meringklik, Kecamatan Kruak Lombok Timur. Pulau ini sungguh unik, tidak setiap saat ada. Jika air pasang sang pulau  tak akan terlihat. Pulaupun mendadak muncul kembali saat air surut. Luasnya tentu saja berubah-ubah mengikuti pasang surut air. Saat saya datang luasnya cuma sebesar lapangan basket, dengan bentuk mirip tetes air.

Narsis @Pulau Pasir
Narsis @Pulau Pasir

Sebenarnya tidak banyak yang dapat dilakukan di sini. Namun sensasinya. Saat berada di sini, seakan berada di pulau milik pribadi. Ketiadaan pohon menjadikan angin bertiup bebas. Kibarkan bendera dan ambil foto, pasti seru. Bebas berfoto dengan angle 360 derajad. Oh ya, pulau mungil ini mendadak dilirik setelah Pulau Pink mulau banyak didatangi pelancong. Waktu terbaik untuk singgah di pulau ini adalah pada saat siang hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s