Pantai-pantai cantik di Lombok Selatan ini sayang untuk dilewatkan

Kuta Beach Lombok
Kuta Beach Lombok

Lombok makin populer. Pulau yang terletak persis di timur Bali ini dikenal dengan pantainya yang indah dan alami. Pantai Senggigi, trio Gili (Air, Meno dan Trawangan), Gunung Rinjani telah membuat pelancong berduyun-duyun menjelajahi Lombok. Hotel & resort terkonsentrasi di Senggigi. Trio Gili menjadi favorit turis asing. Gunung Rinjani menjadi favorit para pendaki, yang tambah lengkap dengan keberadaan Danau Segara Anak. Tempat-tempat ini sudah menjadi ikon wisata Lombok dan semuanya berada di Lombok sisi barat & utara.  Tapi Lombok tidak hanya punya itu semua, pantai-pantai cantik bertebaran di belahan selatan dan timur. Dan ini beberapa diantaranya :

Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta bukan hanya ada di Bali, di Lombok juga ada. Bandara baru, Lombok International Airport, terletak lebih ke selatan, tepatnya di Lombok Tengah. Pantai Kuta-pun mendapat berkah dengan kemudahan akses. Kawasan Selatan memang digadang-gadang menjadi tujuan wisata baru. Mega proyek kawasan wisata sedang disiapkan yang dapat menjadi tandingan Nusa Dua. Kebetulan kawasan ini dikembangkan oleh BTDC yang telah sukses menyulap Nusa Dua menjadi seperti saat ini. Berbekal dengan bentang pantai yang panjang, pasir besar-besar, gugusan karang, sebenarnya Kuta menyimpan potensi besar. Namun sayang sekali, pantai Kuta ini belum tertata. Fasilitas umum terkesan seadanya. Satu hal yang mungkin dapat mengurangi kenyamanan adalah keberadaan anak-anak penjaja souvenir. Mereka menjajakannya dengan memaksa dan menguntit kemanapun kita pergi.

Mawun Beach
Mawun Beach

Pantai Mawun berjarak tidak terlalu jauh dari Kuta. Berada di sebuah teluk dengan bentang pantai yang tidak terlalu panjang. Garis pantainya melengkung dengan bentuk seperti tapal kuda, dengan dua bukit yang berada di sebelah Timur dan Barat. Pantai bagian tengah berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga ombak lebih besar sehingga topografi pantai lebih dalam. Namun di bagian tengah ini pasirnya lebih halus dibandingkan di sisi timur & barat yang bercampur serpihan karang, Jika ingin berenang bagian barat lebih aman dibandingkan di tengah. Jika ingin berjemur bagian tengah lebih baik karena pasirnya yang lembut. Meskipun lebih pendek saya lebih merekomendasikan pantai Mawun dibandingkan Kuta. Oh ya, tidak ada hotel di sekitar pantai ini.

Sunset @Selong Belanak Beach
Sunset @Selong Belanak Beach

Jujur, Selong Belanak adalah surga tersembunyi. Berpasir putih yang lembut dan padat. Bibir pantainya cukup lebar. Sangat nyaman jika ingin berjalan kaki atau menikmati sunset. Tidak mengherankan TripAdvisor mengganjar point 4,5 dari 5. Banyak warung sederhana di sepanjang bibir pantai. Terdapat satu-satunya villa tepat diujung utara pantai. Pantai cantik ini berdampingan dengan pantai untuk nelayan di sisi selatan. Pantai terlihat lebih kumuh dan menebarkan aroma kurang sedap. Selong Belanak, pantai indah yang merindukan sentuhan. Jalan masuk, area parkir dan fasilitas pendukung lainnya masih memprihatinkan. Saya yakin jika ditata dengan baik pantai ini akan segera berkibar dan mendatangkan lebih banyak lagi turis.

Pantai-pantai cantik itu tidak terlalu jauh dari Lombok International Airport. Lombok dapat dijangkau dari :

  • Jakarta dengan Garuda, Lion Air
  • Surabaya dengan Garuda, Lion Air, Citilink
  • Denpasar dengan Garuda, Lion AIr, Wing Air
  • Singapore dengan Silk Air
  • Kuala Lumpur dengan Air Asia
  • Johor Bahru dengan Air Asia
  • Bima dengan Garuda Explore
  • Makassar dengan Garuda
  • Sumbawa Besar dengan Garuda
  • Kupang dengan Garuda

Jika ingin menggunakan kapal bisa dijangkau dari Padang Bai atau Benoa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s