Pintar-pintar membaca rating penilaian layanan hotel

Hotel Rating
Hotel Rating

‘Teliti sebelum membeli’. Itu juga berlaku sebelum memilih kamar hotel. Kalau dulu informasi kualitas layanan hotel hanya dapat diperoleh dari pengalaman, pihak travel, informasi teman, namun kini informasi itu banyak tersedia di internet. Informasi disajikan sangat detail, bukan hanya kualitas kamar, namun juga layanan pegawainya, fasilitas, kualitas makanan, bahkan kepantasan uang yang dibayarkan dengan layanan yang diterima (value for money). Informasi ini akan sangat membantu traveller sebelum memesan kamar hotel.

Beberapa traveller merasa rating yang dicantumkan di site2 itu kadang tidak seperti ekspektasi. Tentu saja ini hal wajar mengingat rating atau score merupakan rerata dari banyak tamu. Persepsi dan ekspektasi para tamu ini tentu saja berbeda, sehingga komentar atau review yang diberikan belum tentu sepadan.

Siapakah yang bisa memberi penilaian suatu hotel? Score yang ditampilkan pada situs travel online berasal dari pelanggan yang memesan hotel melalui situsnya. Sedangkan score yang muncul di site semacam Tripadvisor bisa berasal dari siapa saja. Rating yang berasal dari situs sejenis booking.com, Agoda, Expedia mestinya lebih terpercaya. Namun demikian, traveller mesti pintar-pintar membaca rating sebelum memesan kamar hotel. Tips berikut bisa membantu :

  1. Bandingkan rating dari 4 situs berbeda, ambil contoh dari Tripadvisor, booking.com, Agoda dan Expedia. Jika score nya setara, angka itu dapat mewakili persepsi umum.
  2. Baca review masing-masing tamu. Ini perlu jika traveller punya perhatian khusus pada hal-hal tertentu, seperti misalnya handuk, kamar mandi, AC. Pengalaman orang lain akan membantu mendapatkan kondisi lebih riil serta agar terbentuk persepsi yang lebih pas. Jangan lupa untuk tidak terpengaruh oleh komentar yang terlalu ekstrim, sangat buruk atau sangat bagus.
  3. Situs-situs menyajikan foto-foto yang mendukung. Jangan terlalu berpatokan pada foto-foto, karena hampir pasti foto diambil dengan kondisi terbaik, saat masih baru atau dikondisikan khusus. Sebagai ganti, lihat foto-foto yang dicantumkan oleh tamu sebelumnya.
  4. Perhatikan lebih pada komentar-komentar yang berasal dari tamu Indonesia. Komentar ini dapat lebih mewakili cita-rasa karena kesamaan kultur dan nilai tukar mata uang.

Sebaiknya luangkan waktu untuk melihat review di situs-situs ini sebelum memutuskan memilih hotel. Mendapatkan hotel yang sesuai tentu akan menjadikan liburan lebih menyenangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s