Liburan & Gaya Hidup

Garuda Indonesia Travel Fair
Garuda Indonesia Travel Fair

Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) terakhir baru usai. Dan seperti biasa, pameran perjalanan ini banyak dikunjungi calon traveller, bahkan cenderung makin ramai dari waktu ke waktu. Di waktu yang sama, Singapore Airline juga menggelar even serupa di Grand Indonesia. Dan beberapa minggu lagi Kompas Travel Fair akan diadakan. Dibandingkan 5 tahun lalu, dimana pameran wisata masih sangat jarang diadakan, makin seringnya pameran wisata diadakan di Jakarta dan di kota-kota besar lain Surabaya, menunjukkan bahkan liburan sudah menjadi kebutuhan baru bagi kelas menengah Indonesia. Buktinya? salah satunya adalah pameran wisata selalu ramai dikunjungi calon traveller.

Pengamatan saya, kini liburan sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tumbuhnya kelas menengah dan disokong oleh banyaknya penerbangan murah menjadi salah satu kegairahan itu. Indikasinya adalah :

  1. Sulitnya mendapatkan tiket pesawat menuju tempat wisata populer di akhir pekan. Destinasi Bali, Jogja, Singapore, Lombok merupakan lokasi favorit traveller dari Jakarta khususnya.
  2. Posting status saat liburan di media sosial sudah menjadi hal jamak sekarang. Coba diamati seberapa banyak teman-teman sosial media memposting status dan foto liburan di Facebook, Twitter atau Instagram. Tidak disadari posting-posting semacam ini bisa memengaruhi yang lain untuk melakukan hal yang sama.
  3. Pameran wisata selalu ramai dikunjungi bahkan dinanti-nantikan. Padahal pameran seperti ini tidak gratis alias mengutip tiket masuk.
  4. Bandara di Indonesia termasuk bandara dengan pertumbuhan tinggi di dunia. Bandara Soekarno Hatta masuk sepuluh besar bandara tersibuk se dunia. Tak heran jika jalan menuju bandara selalu padat jelang akhir pekan.

Liburan sudah menjadi gaya hidup, bahkan mengunjungi pameran wisata juga salah satu gaya hidup kelas menengah. Calon traveller rajin berburu tiket dan paket liburan di pameran tentu dengan harapan tertentu, dan berikut diantaranya :

  1. Sudah pasti pada pameran wisata banyak ditawarkan tiket promo dengan harga murah. Tiket murah ini sulit didapat saat kondisi normal.
  2. Selain tiket, juga banyak ditawarkan paket wisata murah dengan disertai bonus dan gimmick-gimmick lainnya.
  3. Pameran wisata biasanya bekerja sama dengan bank. GATF biasanya dengan BNI, Singapore Airline dengan BCA. Nasabah bank-bank ini dimudahkan dalam pembayarannya. Misalnya dengan program cicilan tanpa bunga, kurs dollar lebih menarik, bahkan program cash-back.
  4. Perwakilan wisata beberapa negara juga hadir di pameran seperti ini. Dan ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi tentang negara tujuan.

Selamat berlibur, guys…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s