Rute Internasional baru dari Soekarno-Hatta International Airport

T3 SHIA PanoramioBandara Soekarno Hatta memang sangat padat. Bukan hanya kapasitas terminal yang tidak tidak mencukupi,tapi juga kapasitas trafik udaranya. Bandara yang juga sering disebut sebagai Soekarno-Hatta International Airport (SHIA) sedang meningkatkan kapasitas terminal dan mengatur trafik udara. Terminal 3 sedang dikembangkan, peningkatan trafik udara juga diupayakan. Data Airport Council International seperti dikutip Wikipedia, SHIA merupakan bandara tersibuk no 10 selama tahun 2013, atau turun 1 strip dibandingkan 2012. Tahun 2013 SHIA melayani 59,701,543 penumpang atau hanya naik 3,4% karena ketebatasan kapasitas ini. (Foto : Panoramio)

Kendati kapasitas belum akan naik signifikan di tahun 2014 ini, tidak menyurutkan minat airline untuk masuk ke SHIA. Pembukaan rute dosmestik sedikit tertahan di 2014, namun untuk penerbangan international tetap ada ruang untuk rute baru. Dan berikut rencana beberapa rute international baru itu :

  1. Garuda. Setelah tertunda berkali-kali, Garuda menetapkan jadwal baru untuk rute Jakarta-London. Rute ini sebelumny direncanakan terbang langsung, tetapi diubah menjadi Jakarta-Amsterdam-London dan terbang mulai 8 September 2014. Rute Garuda lainnya adalah Jakarta-Tokyo Haneda mulai 5 Juni 2014.
  2. Aeroflot. Alirline asal Russia ini akan kembali menyambangi Jakarta mulai 1 Juli 2014. Rute yang dipilih Moscow-Sheremetyevo-Jakarta via Bangkok-Suvarnabhumi.
  3. Air France. Kembali membuka rute Jakarta-Paris melalui Singapore mulai 1 Juli 2014.
  4. Air Mauritius. Penerbangan Jakarta Mauritius kembali diterbangi mulai 18 April 2014.
  5. Air Niugini. Rute baru Jakarta Port Moresby mulai 29 November 2014. Sebelumnya Air Niugini sudah membuka rute Port Moresby-Bali.
  6. Citilink. Setelah membuka rute Surabaya-Johor Bahru & Surabaya-Kuala Lumpur, Citilink berencana membuka rute international dari SHIA. Rute yang diambil adalah Jakarta ke Singapore & Kuala Lumpur mulai 8 September 2014.
  7. Dragon Air. Anak Cathay Airlines ini juga akan menerbangi Jakarta dari Hongkong mulai 27 April 2014. Dragon juga terbang ke Bali di tahun ini juga.
  8. Hongkong Airlines. Hongkong-Jakarta menjadi rute yang dipilih Hongkong Airline yang sebelumnya juga sudah masuk ke Bali. Rute baru ini dibuka mulai 9 Juni 2014. Dengan tambahan Dragon Air & Hongkong Airline, rute Jakarta-Hongkong menjadi semakin padat karena sebelumnya Garuda, Cathay Pacific dan Mandala sudah terbang langsung. Singapore Air, Malaysia Airlines, Air Asia, Thai Airways, China Airline juga menghubungkan Jakarta-Hongkong meskipun dengan transit.
  9. Egypt Air. 17 April 2014 Egypt Air akan menyambungkan Jakarta-Cairo.
  10. Lufthansa. Kembali membuka rute Jakarta-Frankfurt setelah sekian lama rute ini dibekukan. Rute ini kembali diterbangi mulai 31 Mei 2014.
  11. Scandinavian Airlines. Inilah rute baru yang menghubungkan Jakarta-Kopenhagen Denmark. Direncanakan terbang mulai 9 November 2014.
  12. Virgin Australia membuka Jakarta-Sydney mulai 30 Okt 2014 melengkapi rute sebelumnya ke dari dari Perth & Singapore.
  13. Flynas. Penerbangan murah asal Saudi Arabia telah membuka rute Jakarta-Jeddah mulai 6 April 2014. Flynas juga akan terbang dari Surabaya menuju Jeddah dan Madinah mulai 14 April 2014. Terbang perdana Flynas Surabaya-Jeddah ini hanya berselang sehari dengan rute Garuda Surabaya-Jeddah.
  14. Asiana Airline. Airline Korea ini juga telah masuk ke Jakarta yang menghubungkan Jakarta-Seoul Incheon. Rute ini juga diterbangi Garuda dan Korean Air disamping airline lain dengan transit.

Rencana rute-rute baru itu bisa saja mundur atau bahkan batal. JIka terealisir, dengan tambahan rute baru ini traveler  akan punya banyak pilihan, dan dapat mempersingkat perjalanan. Happy Travelling.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s