Beli tiket online (1) : Diantara AirAsia, Citilink, Mandala dan Lion Air, mana yang paling ringkas?

4 airlinesSiapa yang tak tahu Lion Air, AirAsia, Citilink dan Mandala? Keempat airline ini merupakan maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier. Keempatnya juga merupakan penguasa pasar untuk kelas penerbangan murah di Indonesia. Keempatnya menerbangkan pesawat dengan usia muda. Keempatnya menjual tiket secara online. AirAsia bisa dibilang sebagai pelopor penjualan tiket secara online, dan kemudian diikuti oleh  teman-temannya. Dan sudah menjadi mahzab-nya LCC, disamping menjual tiket para airline ini juga menambahkan dengan layanan-layanan lain untuk ditawarkan (dijual). Tawaran-tawaran tambahan ini yang kadang mengesankan membeli tiket online menjadi lama dan sedikit ribet. Nah dari keempatnya, mana yang paling tidak ribet dalam pembelian tiket online-nya?

Berbeda dengan pembelian tiket pada airline dengan layanan penuh yang lebih ringkas, beli tiket online LCC memang perlu waktu lebih lama. Tawaran seperti pembelian asuransi, makanan, pilih kursi, beli bagasi, upgrade tiket yang menjadikan banyak langkah yang harus dilewati. Pada dasarnya pembelian online dibagi 3 tahapan, Entry Jadwal, Seleksi, dan Pembayaran. Baiklah, kita lihat satu persatu.

Air AsiaAIRASIA Group. Maskapai inilah pelopor pembelian tiket online. Saat akses ke www.airasia.com pengunjung langsung diarahkan otomatis ke Entry Jadwal sesuai negara lokasi diakses, juga bahasa yang digunakan. Entry Jadwal, disamping memasukkan jadwal, juga terdapat pilihan untuk tiket sekali jalan atau pulang pergi.  AirAsia juga menyajikan pilihan mata-uang yang digunakan pembayaran. Jumlah penumpang dipisahkan antara dewasa, anak dan juga bayi, Setelah klik tombol ‘Cari’ muncul pilihan penerbangan yang tersedia berikut harganya. Selanjutnya akan diarahkan ke tahap Seleksi. Sistem akan menampilkan penerbangan yang tersedia beserta harganya. Harga ditawarkan sebagai Tarif promo, Hi-Flyer dan Premium (khusus untuk AirAsiaX Bisnis). Bagusnya website AirAsia adalah dapat menampilkan pilihan dalam satu bulan sehingga dapat diketahui harga masing-masing tanggal. Setelah ini adalah tahapan memasukkan data penumpang. Sesudahnya adalah pilihan layanan yang akan dibeli :

  • Bagasi. Untuk penerbangan domestic sudah otomatis harus beli bagasi. Sedangkan untuk international ada pilihan tanpa beli bagasi tercatat.
  • Makanan. Anda bias sekaligus beli makanan yang ditawarkan, harganya lebih murah jika disbanding langsung beli di pesawat.
  • Peralatan olah raga. Jika membawa peralatan olah raga, maka perlu bayar lagi disamping bagasi tercatat (tas/koper).
  • Inflight Comfort. Anda bias beli kit peralatan yang biasanya terdiri sikat-gigi, kaca mata kain, lotion.
  • Jika ingin masuk pesawat dengan jalur khusus, bisa beli RED Carpet.
  • Asuransi tambahan bisa dibeli disini.

Sesudah layar ini penumpang diarahkan untuk memilih kursi dan membayar sesuai jenis kursinya. Anda bias melewatkan pilihan ini jika tidak berminat membeli kursi.

Tahapan terakhir adalah pembayaran. AirAsia menawarkan 4 macam pembayaran yakni :

  1. Kartu Kredit atau Kartu debit dengan biaya transaksi Rp. 108.000
  2. Credit Account, seperti rekening tabungan di Air Asia, biasanya jika ada refund penumpang ditawarkan untuk menyimpan disini.
  3. E-Gift Voucher
  4. Direct Debit dengan biaya proses Rp. 10.000. Pilihan ini penumpang akan diarahkan untuk proses pembayaran online melalui KlikBCA, CIMB Clicks dan BCA Klikpay.

Dengan tambahan-tambahan itu maka harga yang tampil di awal akan berbeda dengan harga yang dibayar, apalagi jika harga tiket yang ditampilkan bukan all-in fare.

Citilink Indonesia
Citilink Indonesia

Citilink Indonesia. Tidak seperti site Air Asia yang terasa padat dan penuh informasi, website Citilink terasa sangat kosong, karena ruang terbesar terpakai untuk menampilkan promo terakhir. Menu pemesanan diletakkan di sisi bawah. Isian Entry jadwal sama seperti pada Air Asia, bandara asal/tujuan, mata uang, jumlah penumpang, dan tiket sekali jalan atau pergi-pulang.

Pada menu Seleksi, Citilink menampilkan penerbangan yang tersedia sekaligus untuk satu minggu. Anda akan lebih mudah untuk melihat harga di 3 hari sebelum dan sesudah tanggal yang dimasukkan. Pada sisi kanan terdapat diletakkan menu isian, sehingga dapat dengan mudah mengganti tujuan atau tanggal yang diinginkan. Citilink menampilkan 2 macam harga, Promo dan Normal. Harga yang dicantumkan merupakan harga dasar, sehingga akan ditambahkan biaya pajak, asuransi, iuran lainnya.

Setelah memilih penerbangan yang diinginkan, layar selanjutnya adalah memasukkan data penumpang. Masih di layar ini, di sisi kanan ditampilkan informasi tiket yang sedang dipesan, baik rute, tanggal dan harga-nya. Harga di layar ini sudah bukan harga dasar lagi. Di layar ini juga ditambahkan jika Anda ingin membeli bagasi ekstra. Di bagian bawah juga ditawarkan donasi ke PMI. Layar selanjutnya adalah tawaran asuransi perjalanan. Defaultnya adalah membeli asuransi, jadi jangan asal klik tombol ‘Lanjutkan’ jika Anda tidak ingin membeli asuransi tambahan. Layar berikutnya adalah Pick a seat untuk membeli kursi. Harga kursi termurah adalah Rp. 25.000.

Pada layar pembayaran, Citilink menawarkan 5 cara pembayaran.

  1. Kartu Debit dengan BCA KLikpay, e-pay BRI, dan Mandiri.
  2. Kartu Kredit dengan biaya proses beragam
  3. Voucher
  4. ATM. ATM yang digunakan jaringan ATM Prima, ATM Bersama/Alto, Mandiri, BCA dan Permata.
  5. Lain-lain yakni melalui Alfamart Group, Pos Indonesia, dan Carrefour.

Berlanjut ke bagian 2 untuk Mandala & Lion Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s