Menyiasati biaya liburan keluar negeri di saat Dollar melambung

Bank NoteRabu 21 Agustus 2013, nilai tukar Dollar Amerika (USD) terhadap Rupiah nyaris menyentuh 11 ribu rupiah per dollar Amerika. Ini berarti rupiah sudah terdepresiasi lebih 12% dari nilai tukar stabil sebelumnya, 9.500. Jika dikonversi ke rupiah, biaya liburan ke luar negeri dipastikan melonjak, karena hampir semua komponen biaya dihitung dengan patokan dollar Amerika. Harga tiket pesawat ke luar negeri rata-rata dihitung dalam dollar, begitu juga dengan biaya hotel. Jika Anda sudah memiliki rencana liburan ke luar negeri atau sedang berfikir untuk ke sana ada baiknya untuk menghitung ulang budget perjalanan Anda, apalagi jika budget perjalanan tidak cukup longgar. Tiga komponen pengeluaran terbesar biasanya terdiri dari tiket pesawat, hotel, dan belanja. Tips berikut mungkin bisa membantu Anda menyiasati melonjaknya dollar dan tetap bisa liburan ke luar negeri.

Tujuan liburan. Jika Anda belum menentukan tujuan liburan sebaiknya tentukan dengan pertimbangan berikut :

  • Negara-negara tujuan yang mata uangnya juga melemah terhadap dollar Amerika membuat nilai tukar rupiah ke mata uang lokal menjadi tidak terlalu banyak berubah. Negara-negara berkembang seperti Thailand, Phillipine, Malaysia, Vietnam, Cambodia juga mengalami penurunan nilai tukarnya terhadap USD. Biaya hidup di negara-negara ini juga relatif murah.
  • Amerika Serikat dan negara yang nilai tukar mata uangnya dibuat tetap (‘peg’) tentu bukan menjadi pilihan menarik, karena biaya liburan akan menjadi lebih mahal dalam rupiah. Selain Amerika negara yang mata uangnya di-peg adalah Hongkong, Arab Saudi. Australia meskipun tidak di-peg terhadap dollar penurunan tidak seberapa.

Tiket Pesawat. Biaya tiket pesawat yang hampir pasti mengandung unsur dollar paling banyak. Biaya tiket pesawat bisa menjadi komponen terbesar, namun bisa jadi tidak terlalu besar tergantung jarak penerbangan Anda. Ada beberapa cara untuk menekan biaya ini :

  • Pesan tiket pesawat jauh di depan untuk mendapatkan harga lebih murah
  • Kalau penerbangan tidak terlalu lama coba gunakan low-cost carrier dibandingkan full service airline atau menggunakan kabin ekonomi saja
  • Bayar tunai dengan dollar Amerika untuk tiket pesawat, sebab jika Anda membayar dengan kartu kredit nilai tukar-nya akan menjadi lebih mahal di saat nilai tukar dollar sedang bergejolak.

Biaya Hotel. Nah inilah biaya yang paling mungkin untuk ditekan, dan caranya bisa beragam pula.

  • Pilihlah hotel dengan rating satu tingkat lebih rendah.
  • Alternatif lain bisa menggunakan hotel lokal dengan kualitas baik. Hotel-hotel jaringan international cenderung memiliki standard harga dalam dollar juga. Hotel lokal rata-rata menggunakan mata-uang lokal dalam menentukan tarifnya.
  • Anda juga bisa memilih hotel bukan di lokasi utama yang rata-rata bertarif lebih rendah. Tapi tetap diingat biaya transportasi lokal, jangan sampai mendapatkan hotel yang lebih miring tapi harus membayar ongkos transportasi lebih besar.

Makan. Setelah biaya hotel, biaya makan menjadi komponen lain yang bisa ditekan. Tapi saya sarankan tetap mempertimbangkan faktor kesehatan. Jangan sampai Anda berhemat untuk makan malah berujung biaya pengobatan karena sakit.

Belanja. Kecenderungan pelancong adalah memiliki nafsu belanja yang lebih besar dibanding saat berada di tanah air. Meskipun sebenarnya bisa saja tidak belanja selama liburan, namun godaan belanja selama liburan malah bisa membuat budget Anda membengkak. Tetapkan budget belanja lebih ketat jika ingin menekan biaya ini.

Selamat berlibur.

3 thoughts on “Menyiasati biaya liburan keluar negeri di saat Dollar melambung”

  1. Mas kasih info gımana cara melakukan perjalanan ke Turki tapi melalui KL mulai dari Check in sampe bording Habis ini perjalanan pertama Saya pakai penerbangan internasional rencana pakai qatar atau Turkish

  2. terimasih masukannya, hehehe saya terlanjur sdh booking tiket dlm rupiah untuk Bangkok oktober nanti( untung),terus naik KA ke KL, tapi pulangnya yg dlm MYR, mudah-mudahan tidak terlalu bergejolak,hanya belum tukar uang ke Dollar untuk sangu ( tidak beruntung) hehehe. Salam Marbudyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s