Indonesia Air memilih Husein Satranegara Bandung sebagai pusat operasional

Indonesia Air LogoBandung terus menunjukkan daya pikatnya. Setelah Air Asia, Lion Air, Citilink, Garuda Indonesia, satu lagi airline Indonesia membuka rute dari dan ke Bandung. Adalah Indonesia Air yang bahkan menggunakan bandara Husein Sastranegara sebagai pusat operasionalnya. Logo di samping mungkin terasa asing bagi kita, tapi Indonesia Air sebenarnya bukan pemain baru di industri penerbangan Indonesia. Sebelum ini, Indonesia Air lebih dikenal dengan Indonesia Air Transport (IAT) dan memegang ijin sebagai penerbangan carter. IAT bahkan menjadi airline pertama yang go public, bahkan sebelum Garuda Indonesia melakukannya. Kini, airline yang dimiliki MNC Group ini sudah mengantongi ini sebagai penerbangan niaga berjadwal. Dan inilah satu-satunya airline yang memilih bandara Husein Sastranegara sebagai pusat operasi. Selamat datang Indonesia Air.Membaca ‘Indonesia Air’ membawa sedikit ke masa lalu, dimana dulu pernah ada Indonesia Airlines, yang tak berumur lama. Indonesia Air tentu saja beda. Pengalaman lama sebagai penerbangan carter menjadi bekal kiprah airline ‘baru’ ini untuk tetap mengangkasa, apalagi dukungan dari MNC Group. Dan tidak seperti airline lain yang menjadikan Soekarno hatta sebagai pusat operasionalnya, Indonesia Air (kode I8) lebih memilih Husein Sastranegara sebagai hub dengan memanfaatkan trafik yang belum terlalu ramai. Mungkin saja ini strategi untuk mengambil ceruk pasar berbeda disamping tingkat kepadatan yang sangat tinggi di Soekarno Hatta Airport.

Rencananya Indonesia Air akan menggunakan Airbus 320 untuk rute-rute yang diterbangi dari dan ke Bandung. Sedangkan rute-rute yang selama ini sudah diterbangi kebanyakan menggunakan ATR42 dan Fokker-50. Rute-rute yang dibidik adalah :

Tahap awal : Bandung-Balikpapan (PP), Bandung-Palembang, Bandung-Pekanbaru, Bandung-Medan. Rute awal ini menggunakan satu unit A320 dan berangkat dari Bandung ke Balikpapan pukul 05.25. SMS Promo yang saya terima Bandung-Palembang dibanderol Rp. 202.600, Bandung-Medan Rp. 376.200, Bandung-Pekanbaru Rp. 289.400, dan Bandung-Balikpapan Rp. 347.200.

Indonesia Air

Tahap berikutnya Indonesia Air juga akan menerbangi Bandung-Makassar, Bandung-Denpasar, Bandung-Batam, dan Bandung-Padang juga dengan Airbus 320. Dengan beroperasinya Indonesia Air dipastikan bandara Husein Sastranegara akan lebih ramai. Dan yang pasti penumpang memiliki lebih banyak pilihan penerbangan dari dan ke Bandung. Bandung-Medan akan melengkapi rute yang sama oleh Air Asia, begitu juga dengan Bandung-Pekanbaru. Bandung-Palembang kembali terhubung. Bandung-Balikpapan menyediakan penerbangan langsung, melengkapi rute Lion Air dengan transit di Banjarmasin. Dan, Bandung-Denpasar menjadi rute tersibuk dari bandara Husein Sastranegara menambah pilihan rute dari Air Asia dan Lion Air. So, Welcome to Bandung.

Official website : www.indonesia-air.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s