Tak perlu ragu untuk melancong sendirian

Capitol background
Latar belakang Capitol Building, Washington DC

Banyak teman yang merasa takut untuk jalan-jalan sendirian. Memang, akan lebih seru jika melancong beramai-ramai. Apalagi bersama teman perjalanan punya minat serupa. Namun kadang agak sulit mencari teman perjalanan untuk melancong ke tujuan yang belum populer atau tujuan wisata minat khusus. Menyamakan waktu juga bukan perkara mudah untuk bisa pergi bareng-bareng. Alhasil, melancong sendirian bisa jadi alternatif. Pelancong tunggal, atau disebut solo traveller, adalah hal jamak bagi pelancong asing. Saat di Cambodia, saya bertemu pelancong tunggal dari Amerika dalam perjalanan panjang ke 4 benua, kira-kira bulan ke enam baginya. Ada juga pelancong tunggal dari Finlandia untuk perjalan sekitar 3 bulan. Mereka mengatur perjalanannya sendiri. Rupanya solo traveller ini masih belum menjadi kebiasaan pelancong Indonesia. Mungkin saja karena pengaruh budaya yang cenderung ada teman saat bepergian. Jadi tak perlu ragu jika berencana melancong sendirian. Blog-blog perjalanan di internet banyak menyajikan informasi-informasi terkait perjalanan tunggal ini. Ingin mencobanya? Ada baiknya terlebih dahulu peduli beberapa hal berikut :

Mandiri. Sebagai ‘solo traveller’ mandiri adalah suatu keharusan. Anda akan mengurus semuanya sendirian, seperti mencari tempat menginap, mencari angkutan, menentukan obyek-obyek yang dikunjungi, bahkan untuk mencari tempat makan. Mandiri juga dibutuhkan di saat-saat yang tidak mengenakan seperti urusan imigrasi, penundaan keberangkatan, bahkan terpaksa harus sakit.

Tangguh. Solo traveller juga harus tangguh sebab meskipun sudah direncanakan dengan teliti bisa saja sesuatu berubah selama perjalanan. Penting untuk selalu ditanamkan dalam pikiran bahwa selalu ada tempat bertanya. Tangguh juga dalam arti fisik, sebab tidak ada teman perjalanan lain  untuk berbagi. Tangguh juga diartikan tidak mudah mengeluh, tidak cengeng.

Terbuka. Pribadi yang terbuka akan memudahkan untuk ber-solo traveller. Dengan keterbukaan ini akan mudah mendapatkan teman perjalanan lain selama di sana.

Komunikasi yang baik. Anda akan banyak berinteraksi dengan orang-lain, baik penduduk lokal atau pelancong lain dari berbagai negara. Kemampuan komunikasi ini akan membantu Anda jika menghadapi kesulitan, atau setidaknya untuk membunuh kejenuhan. Manfaat lainnya adalah bahasa Inggris Anda bisa lebih terasah.

Perencanaaan yang baik dan disiplin. Karena pergi sendirian Andalah penentunya. Perencanaan yang prima diyakini sangat dibutuhkan bagi solo traveller, tapi Anda sendiri harus disiplin dengan rencana ini. Tapi meskipun sudah direncanakan dengan bagus, Anda tetap harus melihat situasi selama di perjalanan.

Nah jika ada rencana untuk melancong sendirian, ada baiknya lakukan beberapa tip berikut :

  1. Rencanakan perjalanan Anda sebaik dan sejauh mungkin. Perencanaan ini meliputi kelengkapan dokumen, rencana perjalanan, pemesanan tempat tinggal. Karena Anda pergi sendiri bawa juga bacaan atau pemutar musik, ini akan perlu untuk mengisi waktu-waktu kosong atau saat harus menunggu. Bawa serta uang secukunya, ATM atau kartu kredit Anda.
  2. Bawa semua fotocopy dokumen Anda, dan taruh di tempat berbeda dengan dokumen aslinya. Buat catatan nomor-nomor telp penting di sepanjang perjalanan. Simpan nomor telepon KBRI atau KJRI terdekat. Jangan lupa untuk mencatat nama dan nomor telepon saudara atau kerabat di Indonesia untuk kondisi darurat.
  3. Siapkan fisik Anda sebelum pergi. Adalah sangat tidak mengenakan saat sakit apalagi jika sedang berada di luar negeri, sendirian lagi.
  4. Cari sebanyak mungkin informasi tentang tujuan perjalanan Anda. Informasi ini sangat mudah didapat dari internet baik melalui website resmi maupun blog-blog perjalanan. Pengalaman perjalanan orang lain akan memudahkan Anda untuk merencakan perjalanan tunggal ini.
  5. Selalu buat Plan-B. Tidak ada salahnya jika menyiapkan Plan-B. Anda tidak harus terlalu panik jika rencana awal harus berubah.
  6. Beli asuransi perjalanan sebagai mitigasi risiko perjalanan Anda, murah koq.

Jadi tak ragu untuk melancong sendirian. Silakan berbagi pengalaman Anda dengan meninggalkan pesan di laman ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s