Beli Travel Insurance untuk kenyamanan perjalanan Anda. Murah koq.

“Di airport Indonesia, kunci koper dibuka dengan paksa. Ini gimana pertanggung-jawabannya ya? Ada 3 koper yang dirusak kuncinya (bukan kunci TSA). Oh my gosh. Jaman sekarang, mentalnya kalau masih gini, gmana bisa maju?,” begitu kicau Agnes di akun Twitternya, Rabu (7/11/2012). Sontak sesudah twitter ini beredar, kabar pembobolan koper ini menjadi berita seru di portal berita online. Meskipun belakangan diketahui pembongkaran dilakukan oleh pihak yang berwenang sesuai otoritasnya, namun kasus koper dibobol oleh tangan2 jail juga kerap terdengar. Bagaimana jika ini menimpa Anda, yang bukan seorang Agnes Monica? Dan bagaimana ini jika terjadi saat di luar negeri. Paling banter kita hanya akan melapor ke bagian ‘Lost & Found’ dan menunggu tanpa batas waktu koper diketemukan. Biasanya pihak airline akan mengganti uang sekitar 100 dollar untuk membeli baju sementara.

Bagi ‘traveller’, kerusakan atau kehilangan koper adalah bagian risiko perjalanan. Tapi sebenarnya masih banyak risiko lain yang lebih berat, seperti sakit, kecelakaan, tersangkut masalah hukum, bahkan meninggal saat di luar negeri. Jika Anda mengalami kejadian seperti yang dialami Agnes Monica dan Anda melengkapi perjalanan dengan asuransi perjalanan maka kerugian kehilangan koper itu bisa diklaim ke pihak asuransi.  Penggantian dari pihak asuransi mungkin tidak bisa mengembalikan semua barang yang hilang, tapi setidaknya bisa mengurangi kerugian yang terjadi. Semua orang pasti tidak mengharapkan kejadian tidak mengenakan di manapun apalagi saat berada di luar negeri, tapi risiko bisa terjadi kapan saja. Jadi tidak ada ruginya Anda membekali diri selama perjalanan dengan Travel Insurance (asuransi perjalanan). Harga polisnya juga murah lho.Banyak pilihan produk asuransi perjalanan ini yang diterbitkan oleh perusahaan asuransi. Produknya juga kurang-lebih sama, harga polisnya juga beda-beda tipis. Tapi sebelum membelinya ada baiknya Anda kenali dulu Travel Insurance ini.

Dimana beli? Travel Insurance sangat mudah dibeli melalui travel-travel biro, karena mereka juga bertindak sebagai agen. Data yang diperlukan pada dasarnya hanya ada 2 kelompok, tertanggung dan ahli waris. Data tertanggung yang dibutuhkan diantaranya adalah Nama, tanggal lahir, nomor passport, alamat, nomor telepon dan email. Sedangkan data ahli waris yang diminta biasanya hanya nama, tanggal lahir, nomor identitas dan hubungan dengan tertanggung.

Jenis & harga polis. Untuk perjalanan ke luar negeri hampir semua asuransi menawarkan dua kelompok yakni worldwide dan ASEAN. Beberapa memperluas ASEAN dengan ASEAN Plus China, Hongkong. Disamping dipengaruhi 2 jenis tadi, harga polis juga tergantung lama perjalanan. Sebagai contoh saya membeli polis seharga USD 7 untuk perjalanan ASEAN selama 7 hari. Murah bukan? Oh ya juga terdapat polis tahunan.

Benefit dan manfaat. Perusahaan asuransi menawarkan benefit yang sangat beragam tapi pada dasarnya tawaranya mirip-mirip juga. Secara umum manfaat yang ditawarkan dikelompokkan sebagai berikut :

Manfaat Perjalanan. Manfaat itu yang terkait langsung dengan perjalanan Anda seperti pembatalan perjalanan, pengurangan perjalanan, kehilangan atau kerusakan bagasi, keterlambatan bagasi, kehilangan uang pribadi, penundaan penerbangan, penerbangan yang overbooked, kehilangan dokumen perjalanan atau miskoneksi perjalanan.

Manfaat pengobatan. Meliputi biaya medis & gigi akibat kecelakaan atau penyakit, biaya media pasca perjalanan, rawat inap rumah sakit di luar negeri, rawat inap ICU, rawat inap lanjutan di RS dalam negeri.

Santunan meliputi evakuasi medis, repratiasi jenazah, kunjungan simpatik apabila tertanggung dirawat di RS luar negeri, biaya telepon darurat, perjalanan kembali untuk anak-anak, serta perpanjangan otomatis tanpa biaya.

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri. Santunan yang diberikan untuk kematian dan cacat total tetap akibat kecelakaan dalam jangka waktu tertentu sejak kecelakaan yang terjadi selama perjalanan .  

Manfaat Khusus. Bisa berupa tanggung jawab hukum pribadi, perlindungan terhadap terorisme, hubungan telepon 24 jam, risiko sendiri atas penyewaan mobil, perlindungan terhadap kebakaran rumah selama ditinggal perjalanan.

Dengan begitu banyak manfaat yang ditawarkan, jadi tidak ada salahnya membekali diri dengan travel insurance selama perjalanan.

*Tulisan ini bukan promosi, hanya berbagi pengalaman semata.

3 thoughts on “Beli Travel Insurance untuk kenyamanan perjalanan Anda. Murah koq.”

  1. Dear Mas Toto..

    Saat kita membeli tiket pesawat, itu kan sudah termasuk biaya asuransi…Apakah asuransi tsb sama dengan Asuransi Perjalanan yang ditulisakan dlam artikel ini?
    Atau memang seharusnya kita membeli asuransi ini lagi…, sehingga punya dobel asuransi (dari pembelian tiket pesawat dan pembelian Asuransi Perjalanan)

    Mohon penjelasannya
    Terimakasih

    Sarah

    1. Hi Sarah,
      Keduanya memang sama2 asuransi perjalanan, tetapi risiko yg di-cover berbeda. Asuransi yang dimaksudkan dalam artikel ini sangat luas, seperti jika sakit saat di luar negeri, kehilangan bagasi, dll. Sedangkan asuransi di tiket pesawat hanya meng-cover yg terkait penerbangan saja, missal kecelakaan pesawat. Selain saat terbang, misalnya kecelakaan saat sedang jalan2, tidak di-cover di asuransi tiket. Oh ya, kondisi masing-masing bias berbeda antara asuransi satu dan lainnya, tapi rata-rata seperti itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s