Kapan kita perlu memberikan uang tip? Dan Berapa?

Seorang kawan menceritakan pengalamannya saat seorang pelayan sebuah restoran di Amerika menegurnya secara halus, bahwa perlu memberikan tip atas pembayaran tagihan makan siangnya. Tentu saja sang kawan merasa tak enak hati atas teguran tersebut. Sebelumnya meninggalkan restoran ditinggalkannya kembalian uang kecil di sela-sela map tagihan makannya, seperti kebiasaannya di Indonesia. Rasa tak enak hati terbayar sudah. Tapi ternyata belum juga. Saat kembali ke restoran itu beberapa hari berikutnya, kembali bertemu pelayan yang sama. Dan sang pelayanpun tanpa ragu menjelaskan berapa besar tip yang pantas diberikan saat makan di restoran di Amerika.

Memang, bagi sebagian besar negara di luar negeri memberikan tip sudah seperti kewajiban dan memiliki etiket sendiri. Tip yang pada awalnya diberikan sebagai wujud apresiasi atas kepuasan layanan sekarang sudah menjadi kewajiban atas tagihan restoran, spa, bar. Tidak ada standard pasti besaran tip yang pantas karena tiap-tiap negara memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Tip pun tidak hanya perlu diberikan kepada pelayan restoran, bartender, terapis spa, tapi juga kepada sopir taxi, room boy, porter, hair dresser, tour guide, atau tempat-tempat jasa lainnya. Tip kadang kala sudah dimasukkan otomatis pada tagihan dengan besaran yang sama. Terkadang pada lembar tagihan diberikan ruang untuk diisi besaran tip yang ingin diberikan. Pendek kata, etiket dan besaran tip ini sangat beragam, berbeda besaran tiap-tiap negara. Nah sebelum pergi ke suatu negara, ada baiknya untuk mencari tahu kebiasaan tip yang berlaku.Jepang adalah salah satu contoh negara yang tidak mengenal budaya tips, karenanya Anda tidak perlu memberikannya saat berada di Jepang. Dulunya, karena di negaranya tidak berlaku tips maka turis-turis Jepang jarang memberikan tip ini saat berwisata di luar negaranya. Lain Jepang lain Amerika dimana budaya tip sudah sangat lazim di sana. Etiket tip Amerika ini juga mirip-mirip dengan yang berlaku di Eropa Barat.

Aturan umum yang berlaku adalah 10% dari tagihan berarti Anda tidak puas dengan layanannya, 15% biasanya berarti semua OK, 20% untuk layanan sangat baik, dan 25% untuk luar biasa. Restoran dengan meja layanan : Tip 15% dari tagihan, berdasarkan pada kualitas layanan. Jika Anda menerima layanan yang luar biasa, 15-25% adalah sewajarnya. Di kota-kota besar AS, 20% dianggap sebagai “tip yang baik”. Perlu diingat bahwa tip tidak hanya diberikan saat kita makan di restoran. Layanan-layanan lainnya juga mengenal kebiasaan tip ini :

Housekeeping / Maid Service : $ 2-3 per malam sampai $ 5, makin tinggi rating hotel maka tip yang berlaku juga naik. Pemberian lebih jika terdapat lebih dari 3 orang dalam satu kamar atau suite. Taruh uang tip ujung bantal atau di tempat yang jelas terlihat dengan catatan yang mengatakan terima kasih. Meninggalkan tip setiap hari ketika Anda meninggalkan ruangan, bukan di akhir masa tinggal Anda, karena ruangan Anda mungkin akan dibersihkan oleh orang yang berbeda setiap hari. Jika Anda memiliki item tambahan yang dikirim ke kamar Anda, seperti tambahan bantal, gantungan, rak bagasi, tip sebesar $ 2 atau $ 3 pada petugas yang membawa item yang Anda minta.

Concierge: Tipping tidak pernah diharapkan, tapi selalu dihargai. Semakin sulit permintaan, semakin besar tip yang seharusnya diberikan. $5 atau lebih per permintaan sudah cukup baik.

In-suite dining waiter : Ada kalanya Anda perlu memesan makanan di kamar. Tip yang wajar adalah 15% – 20% dari taguhan. Sebaiknya selalu membaca tagihan, jika ada tip disertakan maka Anda tak perlu memberikannya. Namun sangat jarang hotel menambahkan item tip ini di tagihan. Yang ada adalah pajak & layanan yang kedua item ini masuk ke pihak hotel bukan ke petugas.

Bellman / Porter: $ 1-2 per kantong. Berikan lebih untuk koper yang sangat berat.

Taxi Driver: 10-15% dari tarif tentu saja didasarkan pada layanan. Jika sang sopir ugal-ugalan 10% cukup.

Hotel limo driver: Beberapa hotel memberikan antar-jemput gratis dari dan ke bandara. Untuk tumpangan gratis ini, berikan tip sebesar $10 – $20 kepada sang sopir, tentu saja tergantung layanan dan seberapa jauh jarak bandara dan hotel.

Pelayanan minum di bar atau kasino : Bagi Anda yang mengunjungi bar jangan lupa untuk menyertakan tip sebesar $1 – $ 2 per minuman. Tip $ 5 untuk minuman pertama untuk memastikan pelayan mengingat Anda dan memudahkan pesanan berikutnya.

Petugas valet parkir : $2 – $5 dibayarkan saat mengambil mobil.

Spa Terapist : Untuk pijat atau perawatan lainnya biasanya berkisar 10% – 20%. Tanyakan atau lihat apakah tip telah dimasukkan dalam tagihan karena beberapa spa akan menambahkannya pada tagihan akhir Anda.

Penata rambut / manicurist : 10% – 20%.

Tour Guides : 15% – 20% tergantung pada kualitas pengetahuan, keramahan, dll

Bagaimana halnya jika Anda mengikuti paket wisata secara berombongan. Kalau Anda jeli, hampir di setiap brosur dicantumkan besaran tip yang perlu dialokasikan. Tips ini diperuntukkan porter hotel, tour guide, dan tour leader Anda. Biasanya dihitung per hari. Tour leader akan mengumpulkan tip dari para peserta tour. Sebaiknya ditunju satu orang yang mewakili rombongan termasuk memberikan alokasi tips untuk sang tour leader sendiri. Bagaimana dengan di Indonesia? Tunggu kelanjutannya….

One thought on “Kapan kita perlu memberikan uang tip? Dan Berapa?”

  1. Thanks banget atas infonya ^^
    Oiya kalo cuman nginep 1 malem aja ndak perlu tip buat housekeeping yah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s