Hanya 5 Airline Indonesia dengan rerata usia pesawat di bawah 10 tahun

Airline Indonesia sering menjadi buah bibir di dunia. Kesepakatan pembelian B737MAX Lion Air yang disaksikan langsung President Obama di Bali menjadi puncaknya. Dan hampir setiap Air Show besar (Singapore & Paris) dijadikan ajang pembelian pesawat-pesawat oleh airline Indonesia. Lagi-lagi Lion Air yang paling sering menjadi berita dan buah bibir karena nilai transaksi yang sangat besar. Setelah Lion Air sebenarnya Garuda Indonesia juga agresif melakukan pembelian pesawat-pesawat baru, hanya saja kabar pembeliannya tidak seheboh Lion Air. Karena setelah pembelian B737MAX, Lion Air seakan tak kehabisan nafas dengan pemesanan baru pesawat B787 Dreamline.

Di luar 2 besar airline tersebut, airline-airline lain sebenarnya juga sedang melakukan peremajaan armadanya. Diantaranya Sriwijaya yang memesan B737NG & Embraer. Bahkan musibah Sukhoi Superjet itu sebenarnya bagian dari program peremajaan pesawat airline Indonesia. SKY Aviation berencana membeli jenis ini, begitu juga dengan Kartika Airlines. Hasilnya, program peremajaan pesawat itu sudah kelihatanĀ untuk Lion Air & Garuda dengan usia pesawatnya sudah di bawah 7 tahun. Berikut daftar selengkapnya :

Rekor usia pesawat termuda dipegang Mandala yang mendatangkan Airbus 320 baru. Dalam kelompok 5 besar Sriwijaya & Batavia masih menerbangkan pesawat relatif tua.

9 thoughts on “Hanya 5 Airline Indonesia dengan rerata usia pesawat di bawah 10 tahun”

  1. pak toto, kalau pesawat lion air yang atr 72-500 itu aman gak ya ? terus keluaran tahun berapa itu pak? terimakasih

    1. Dedy, keselamatan penerbangan itu faktornya bukan hanya di pesawatnya tapi juga cuaca, human. Tapi sejauh ini saya belum dengar pesawat itu ada accident fatal di Indo.

  2. Selamat sore, saya mau bertanya. Untuk pesawat-pesawat Mandala Airlines, hanya ada 2 pesawat ya? Apakah AirBus A320 yang sekarang dipakai Mandala Airlines itu sama dengan pesawat yang Mandala Airlines pakai di tahun 2001 / 2002, atau benar-benar kondisi baru (keluaran 2012)? Dan yang sekarang dipakai untuk rute Jakarta-Kuala Lumpur-Jakarta itu tipe pesawat Mandala Airlines yang mana? Terima kasih atas perhatiannya. Dari ian.

  3. 1. Garuda sudah mengembalikan salah satu 747nya (PK GSI) pertengahan Mei 2012.
    2. ATR 42/72 itu Propeller, F50 itu Propeller. mengapa ada “tidak termasuk MA-60 dan propeler lain” ?
    Karena dengan MA-60, rata2 usia armada merpati berkurang menjadi separuhnya (+- 12 tahun)
    3. Airasia sudah tidak Punya B737, pun A320 nya hanya 18 unit karena salah satu unitnya diberikan ke Airasia Malaysia

    1. Yoza, thx sudah mampir
      Btw, data-data yang tersedia di saya mungkin belum terlalu update sehingga data PK-** masih belum update. Begitu juga dengan QZ, memang sudah tak mengoperasikan B737 lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s