Menjelajahi Washington DC dengan Hop-On Hop-Off Bus

This slideshow requires JavaScript.

Washington DC, secara formal bernama Distrik Columbia dan biasa disebut Washington, “The District”, atau D.C. adalah ibukota Amerika Serikat. Distrik ini bukan bagian dari “Negara bagian AS” manapun dan secara langsung diawasi oleh pemerintah federal. Metropolitan DC hanya berpenduduk tak sampai 700 ribu di malam hari, sedangkan pada siang hari bisa mencapai 1 juta penduduk. Sebagai ibukota, Washington juga digunakan sebagai markas kantor-kantor federal dan banyak kantor organisasi dunia terletak di sini termasuk kantor IMF. Kantor perwakilan negara asing, kedutaan, juga berada di kota ini. DC menyimpan sejarah panjang yang terlihat dari gedung-gedung kuno, museum, monumen-monumen, dan yang tak kalah penting di DC-lah White House yang terkenal itu berada. Tidak sulit untuk menjelajahi Washington karena transportasi umum tersedia dengan sangat bagus. Disamping, taxi, bus, metro Anda juga bisa menjelajahi Washington dengan Hop-On Hop-Off Bus. Bus inilah yang menghubungkan berbagai tempat menarik yang wajib dikunjungi di DC.Sama seperti kota-kota besar lainnya, wujud fisik bus Hop-On Hop-Off ini relatif sama, berwarna merah dengan 2 deck. Bagian atas juga dibiarkan terbuka sehingga memanjakan penumpang dengan pemandangan menarik di sepanjang perjalanan. Sangat mudah untuk mendapatkan tiket bus ini yakni bisa online melalui TopSightseeing.com, di atas bus langsung, kiosk, dan pada hotel-hotel tertentu. Terdapat 3 jalur bus yang tersambung satu sama lain. Ketiganya adalah :

  • Red Loop (Grand Tour). Tour ini bermula dari Union Station dan berhenti di 26 pemberhentian. Penumpang bisa turun di masing-masing stop untuk naik lagi di bus berikutnya. Tempat-tempat menarik di jalur ini diantaranya US Capitol, American Indian Museum, Air & Space Museum, Smithsonian Castle, National Mall, Washington Monument, Lincoln Memorial & Korean Memorial, Arlington Cemetery, Vietnam Memorial, American History Museum, White House, National Aquarium, National Archives/National Gallery dan kembali ke Union Station.
  • Yellow Loop (National Cathedral & Georgetown). Tour untuk jalur ini juga bermula dari Union Station melintasi Ford’s Theatre, White House, US Treasury, White House North, Mayflower, Dupont Circle, Woodley Park/National Zoo, Washington National Cathedral, Embassy Row, Georgetown Canal, Georgetown Harbor, Lincoln Memorial, Photo Stop White House, American History Museum, Natural History Museum/Old Post Office, Convention Center dan kembali ke Union Station.
  • Blue Loop (Arlington & Pentagon). Jalur ini melintasi Washington Monument, White House, WWII Memorial, MLK Memorial, Lincoln Memorial, Arlington Cemetery, dan Pentagon City Mall. 

Meskipun kecil Washington DC tak cukup dikunjungi hanya sehari. Tergantung ketersediaan waktu dapat dipilih paket tiket yang ditawarkan adalah :

  • All Loops seharga $45 dewasa & $25 untuk anak2 berlaku selama 24 jam. Terdapat juga tiket untuk masa laku 24 jam seharga $55 untuk dewasa dan $28 untuk anak-anak. Khusus pemegang tiket 48 jam diberikan Cruise gratis.
  • Red Loop seharga $32 dewasa dan $20 anak-anak hanya tersedia untuk 24 jam
  • Yellow Loop seharga $30 dewasa dan $20 anak-anak hanya tersedia untuk 24 jam
  • Blue Loop seharga $25 dewasa dan $15 anak-anak hanya tersedia untuk 24 jam
  • Open Top by Night tiket seharga $35 dewasa dan $20 anak-anak tersedia untuk paket tour malam hari.
  • Twilight Ticket seharga $25 dewasa dan $15 berlaku jam 6 sore sampai jam akhir operasi.
  • Combo Ticket yakni tiket bus digabungkan dengan tiket masuk beberapa lokasi seperti Madame Tussaud, Tiket Spy Museum, National Aquarium, bahkan dengan paket makan siang di Hard Rock Cafe. Harga tiket Combo ini bervariasi dari $55 hingga $70 termasuk tiket bus.

Tips menggunakan Washington DC Hop-On Hop-Off Bus Tour :

  • Pilih jalur yang akan dikunjungi, disarankan untuk mengambil Red Loop terlebih dahulu karena paling banyak melewati tempat-tempat menarik.
  • Sebaiknya tentukan prioritas tempat-tempat yang akan dikunjungi, sehingga pada beberapa tempat cukup dilewati dan dilihat dari bus.
  • Mulai tour sepagi mungkin karena jam operasi bus ini mulai jam 9 pagi dan selesai jam 7 malam (untuk Hop On Hop Off).  
  • Semua bus berwarna merah, penanda jalur hanya ada di bagian depan bus itupun sangat kecil. Ini penting sebab pada beberapa tempat terdapat lebih dari satu jalur.
  • Jika waktu longgar ambil tiket All Loops akan lebih murah dan mudah.

Beberapa foto diambil dari jalur merah :

Monumen yang bentuknya mirip Tugu Pahlawan berada pada taman yang sangat luas, menyambung dengan The Ellipse, White House dan Dept of Treasury. Karena berada pada taman yang luas dan bangunan di sekelilingnya tidak cukup tinggi maka monumen ini akan sangat sering terlihat dari beberapa sudut. Uniknya tata kota di DC, monumen ini dibangun segaris dengan US Capitol sehingga US Capitol dapat terlihat dari monumen ini juga. Disamping indah dinikmati dari kejauhan, pengunjung diperbolehkan untuk masuk lebih dekat.

White House, bangunan ini wajib dilihat jika berkunjung ke Washington. Kantor sekaligus kediaman President Amerikan ini juga pernah dijadikan setting serial The West Wing. Penjagaan di White House sangat ketat sehingga hanya kalangan tertentu yang bisa masuk ke dalam. Untuk turis bisa menikmati kemegahan dari sisi depan dan belakang. Foto ini adalah bagian belakang gedung, tampak halaman yang tertata dan hijau. Dari bagian belakang ini juga terdapat pintu masuk yang tentu saja dijaga ketat oleh petugas sekuriti.

Sama seperti kota-kota terkenal lain, Washington DC juga memiliki Madame Tussauds yakni galery yang berisi patung-patung lilin dari tokoh setempat. Nah, di Madame Tussauds inilah terdapat patung lilin semua Presiden Amerika dari presiden pertama hingga Barack Obama. Terdapat juga patung lilin untuk para pesohor seperti pasangan Angelina Jolie & Brat Pitt, Tom Cruise, Selena Gomes, Michael Jackson, dan Oprah Winfrey. Juga patung lilin untuk olah ragawan Amerika, namun sayang tak ada patung lilin Serena Williams. Anda perlu beli tiket untuk memasukinya.

Tak ada kemacetan lalu lintas di Washington DC sehingga cukup leluasa untuk mengambil gambar US Capitol di kejauhan. Arsitek kota ini benar2 tertata, bangunan-bangunan antara US Capitol hingga Washington Monument memiliki arsitektur yang senada. Bangunan-bangunan rata-rata terawat dan indah. US Capitol sendiri menjadi icon atau landmark penting bagi Washington bahkan Amerika. Gambarnya sering menghiasi dokumen-dokumen negara maupun brosur wisata.

Meskipun sudah memiliki transportasi umum modern seperti Metro (kereta bawah tanah), bus umum, taxi ternyata di Washington juga terdapat angkutan seperti becak ini. Berbeda dengan becak Indonesia, pengayuh berada di depan dengan penumpang berada di belakang. Dari tampilannya, becak van DC ini merupakan modifikasi dari sepeda. Tak ada tarif baku jadi perlu tawar menawar. Keberadaannya hanya terbatas pada area-area wisata populer seperi dekat White House dan Washington Monument.

Bersambung….

2 thoughts on “Menjelajahi Washington DC dengan Hop-On Hop-Off Bus”

  1. terimakasih untuk infonya,,,menarik
    kalau boleh tanya, adakah info beasiswa untuk kuliah di amerika, terutama di washington sana
    terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s