Inilah cara airline memanjakan para penumpang

Tangisan bocah berusia 2 tahunan itu mulai meledak saat memasuki kabin dalam penerbangan Dragon Air dari Hongkong-Beijing Desember 2011 lalu. Orang tuanya berusaha untuk menenangkannya tapi tak juga berhasil. Tak pelak tangisan keras itu cukup mengganggu penumpang lain di sekitarnya. Pramugari pesawat terusik untuk membantunya. Kemudian datanglah pramugari yang masih muda & cantik menawarkan makanan untuknya, tak berhasil juga setelah berusaha sekitar 10 menit. Berikutnya berganti pramugari yang lebih senior mencoba menenangkan dengan membawa mainan dan mengajaknya memainkan beberapa di antaranya. Tidak tahu karena sudah capek menangis atau karena mainan itu, sang bocah akhirnya bisa diam. Itu hanya salah satu cara airline memanjakan penumpangnya, masih banyak cara lain yang biasa mereka siapkan. Tapi tentu saja ini semua bisa Anda nikmati jika Anda terbang dengan penerbangan layanan penuh (full service airline), jadi jangan terlalu berharap jika terbang dengan low cost carrier.Selain makanan dan mainan untuk bayi dan anak-anak, full service airline berlomba-lomba menyajikan berbagai layanan untuk kenyamanan penumpangnya. Dan inilah beberapa yang lazim mereka lakukan :

  • Makanan. Beberapa airline besar menyediakan lebih dari satu menu dalam setiap penerbangan, biasanya minimal 2 macam. Namun jika Anda memiliki pantangan khusus, mereka menyediakan namun harus memesan sebelumnya. Pemesanan juga sederhana, Anda bisa lakukan saat reservasi tiket online. Beberapa makanan khusus yang bisa dipesan adalah makanan halal, makanan diet untuk penderita diabetes, vegetarian, makanan anak-anak. Di sela-sela makan yang disiapkan beberapa airline menyediakan makanan ringan berupa kue atau mie instant. Anda cukup memintanya jika lapar.
  • Bahasa. Airline yang menerbangi rute international biasanya diawaki oleh pramugari/pramugara dari berbagai negara, biasanya menyertakan beberapa yang berbahasa dimana rute tujuan/ keberangkatan berasal. Misalnya, penerbangan Emirates dari Jakarta biasanya membawa serta pramugari yang bisa berbahasa Indonesia. Garuda Indonesia juga merekrut awak kabin dari Jepang untuk rute dari dan ke Jepang. Bahkan Cathay Pacific menyediakan dengan cara unik. Jika Anda jeli, pada name tag tiap-tiap pramugari/pramugara disamping mencantumkan nama mereka juga menuliskan juga bahasa yang yang digunakan.
  • Handuk hangat. Sebelum take-off awak pesawat biasa membagikan handuk hangat untuk menyegarkan muka, disamping minuman selamat datang yang biasanya berupa jus buah.
  • Hiburan. Penerbangan jarak jauh melengkapi perjalanan dengan berbagai hiburan, baik film maupun musik. Pilihan film yang akan diputar sudah dicantumkan pada websitenya, jadi Anda bisa menentukan pilihan Anda sebelum terbang. Jika Anda jeli, pada setiap penerbangan biasanya disediakan juga musik sesuai dengan mayoritas penumpang, biasanya musik-musik dari negara asal atau tujuan.
  • Selimut. Untuk penerbangan yang melintasi malam, airline biasanya membagikan selimut untuk Anda. Namun jika tidak, Anda bisa memintanya secara gratis. Selimut ini tidak untuk dibawa pulang ya.
  • Penutup mata. Kendati cahaya lampu di kabin diredupkan saat penerbangan malam, ada kalanya penumpang tidak bisa tidur jika tidak cukup gelap. JIka Anda termasuk golongan ini, airline biasanya menyediakan penutup mata yang berbentuk seperti kaca mata berbahan kain.
  • Kartu remi. Airline tujuan dari dan ke Asia Timur seringkali menyediakan kartu remi, mungkin diperlukan untuk membunuh waktu penerbangan panjang. Penumpang Jepang biasa suka meminta pramugari menemani bermain kartu, tapi pasti akan ditolak secara halus.
  • Perlengkapan gosok gigi. Pada penerbangan jarak jauh airline biasanya menyediakan perlengkapan gosok gigi yang langsung dibagikan di kantung kursi di depan Anda. 1 set dalam kantung biasanya berisi sikat gigi, odol, pencukur kumis dan foam-nya. Ini menjadi penting jika Anda ingin setiba di bandara tujuan ingin langsung beraktifitas.

Cara-cara di atas yang bisa didapat penumpang untuk kelas ekonomi. Fasilitas lebih lainnya bisa diperoleh jika Anda terbang di kelas bisnis atau kelas utama (first class). Happy flight.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s