Menabung saldonya malah susut. Koq bisa?

Bongkar-bongkar lemari dan menemukan buku tabungan lama tidak aktif. Eits, masih ada saldo sekitar 5 juta rupiah di catatan saldo terakhir lumayan. Penasaran jadi berapa saldonya, saya akhirnya sambangi kantor bank hanya karena ATM sudah tak ketahuan dimana rimbanya. Selama ini rekening ini memang tidur dan tidak pernah mutasi transaksi. Dipastikan banyak ada transaksi terkait bunga dan pajaknya saja. Perlu beberapa halaman untuk mencetak semua catatan bunga dan potongan pajak penghasilannya. Wow…. sim salabim, saldo tabungan saya malah menyusut alias saldo berkurang. Setelah memeriksa satu persatu akhirnya ketemu juga jawabannya.

Bunga tabungan sangat kecil. Karena saldo tidak cukup besar pihak bank hanya mengganjar dengan bunga 2% per tahun. Tingkat bunga jauh di bawah rata-rata inflasi terakhir. Bunga yang sudah kontet itu masih harus dibayar pajaknya sebesar 15%. Sementara itu bank mengutip biaya administrasi sebesar Rp. 10.000 per bulan. Bunga nett dari saldo tabungan Rp. 5 juta tidak cukup untuk menutup biaya administrasi Rp.10.000 sehingga lama kelamaan saldo menyusut sedikit demi sedikit.

Tabungan sebagai sarana transaksi. Data Bank Indonesia per Oktober 2011 menunjukkan uang masyarakat yang disimpan sebagai tabungan di bank sebesar 803 trilyun dibandingkan dengan deposito yang senilai 1.211 triliyun rupiah. Artinya kendati berbunga kuncup, masyarakat tetap berminat menaruh uangnya sebagai tabungan. Bunga bukan lagi dijadikan pertimbangan penting, tetapi lebih sebagai sarana transaksi keuangan seperti membayar tagihan, transfer uang, membayar belanja online, dan transaksi-transaksi lainnya. Masih banyaknya uang ngendon sebagai tabungan bisa jadi karena iming-iming hadiah yang ditawarkan bank disamping kemudahan transaksi yang ditawarkan baik melalui ATM, kartu debit, dan internet banking. Kemudahan lain adalah semakin menyatunya jaringan ATM beberapa bank besar baik nasional maupun regional, yang memungkinkan transfer antar bank, tarik tunai di ATM lain. Akhirnya kuncupnya bunga dapat tertutup dengan manfaat dari fasilitas-fasilitas tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s