Lima atraksi yang wajib dikunjungi di Beijing (1)

Begitu banyak tempat wisata menarik di Beijing. Kota dengan sejarah sangat panjang ini memang menyimpan beragam atraksi yang layak dikunjungi. Dengan luasan yang sangat besar, Anda perlu waktu berhari-hari untuk mengunjungi semuanya. Untuk memudahkan, inilah 5 atraksi wajib yang selayaknya dikunjungi jika melancong ke Beijing yakni Ming Tombs, Great Wall, Forbiden City, Temple of Heaven dan Summer Palace. November 2011, saat Beijing masuki musim dingin, saya kembali mengunjungi Beijing untuk kedua kalinya. Dan 5 tempat wajib ini saya datangi dalam 2 hari. Untuk hari pertama saya alokasikan untuk yang letaknya jauh dari kota, yakni Ming Tombs & Great Wall. Dan untuk meringkas waktu saya sengaja memilih membeli paket tour lokal di www.beijinglocaltour.com. Paket Great Wall & Ming Tombs saya peroleh seharga $17 termasuk makan siang, tiket masuk dan antar jemput hotel. Inilah ceritanya…

Peserta tour dijemput jam 07 pagi, saat Beijing masih membeku di 2 derajad celcius. Karena masuk musim dingin persiapan agak sedikit ribet. Disamping memakai jaket tebal, perlu juga mengenakan sarung tangan dan penutup kepala. Kami dijemput tour guide yang lancar berbahasa Inggris. Dalam rombongan terdapat juga 3 orang dari Amerika dan 2 lagi dari India. Tour menggunakan bus kecil yang bisa memuat 16 peserta. Benar2 jadi turis.

Ming Tombs dan Great Wall berada pada arah yang sama, yakni sisi barat laut pusat kota Beijing (Forbiden City). Ming Tombs berjarak 50 km, sedangkan Great Wall 80 km. Jarak yang cukup jauh itu cukup mudah dilalui sebab tersedia jalan tol yang bagus di Beijing. Sepanjang perjalanan tak henti-hentinya tour guide menyampaikan informasi tentang Beijing dan kedua tempat yang dituju. Di Ming Tombs, tour akan mengunjungi Changling, makam terbesar dari dinasti Ming. Di sini Kaisar Yongle (kaisar pertama di Beijing) dan permaisuri Xu dikuburkan. Beijing telah menjadi rumah bagi lebih dari lima dinasti. Dan 13 dari 16 kaisar Ming telah memilih kuburan mereka terletak tepat di luar kota ini. Mungkin dulu tak pernah terpikirkan bahwa komplek kuburan indah ini sangat nyaman untuk disinggahi bagi wisatawan dalam perjalanan ke Great Wall di Badaling. Sebenarnya, musim semi adalah waktu terbaik sepanjang tahun untuk tempat ini, ketika daerah sekitarnya menyajikan pemandangan berupa pohon-pohon dan bunga-bunga sedang mekar. Ming Tombs adalah salah satu tempat yang baik untuk dikunjungi jika Anda tertarik dalam sejarah dinasti China. Meskipun wisata kuburan, tak usah kuatir, karena tak ada kesan angker. Komplek Ming Tombs ini cukup luas sehingga memakan waktu sekitar 1 jam untuk mengelilinginya.

Setelah puas mengitari Ming Tombs saatnya makan siang. Namun sebelum itu seperti biasa peserta tour diajak mengunjungi pusat kerajinan batu giok (jade). Seperti paket-paket tour lainnya, mengunjungi tempat-tempat seperti ini sama halnya diajak untuk berbelanja. Saran saya belanjalah hanya karena menginginkan barangnya, godaan dan rayuan cukup besar. Makan siang berada di area batu giok ini juga, dan disajikan dalam makan bareng satu meja makanan China. Anda yang memiliki pantangan khususnya, misalnya no-pork atau vegetarian bisa disampaikan ke tour guidenya.

Tujuan berikutnya adalah Great Wall. Dalam sejarahnya, pembangunan Tembok Besar dimulai pada Jaman Perang pada abad ke-7 SM, memiliki sejarah lebih dari 2.500 tahun. Dibangun tembok di Cina Tengah untuk melindungi diri mereka sendiri dan serangan dari wilayah utara. Ketika Qin Shi Huang, kaisar pertama dalam sejarah Cina, terpadu Tiongkok dan mendirikan negara feodal pertama terpusat di China, ia memutuskan untuk memiliki dinding dikaitkan dan diperpanjang.

Ada sekitar satu juta orang, seperlima dari penduduk China pada waktu itu, terlibat dalam proyek yang memakan waktu lebih dari sepuluh tahun. Sebagian besar dinding yang kita lihat sekarang ini dibangun ulang selama Dinasti Ming di abad ke-16. Memanjang dari benteng Shanhaiguan di timur menyambung Jiayuguan di barat. Great Wall merupakan satu-satunya bangunan bumi yang terlihat oleh astronot pada ekspedisi pertama mereka ke bulan. Mengingat begitu panjangnya, terdapat banyak jalur untuk menuju Great Wall. Di Beijing sendiri tembok Besar membentang sekitar 630 km panjang dan 7 bagian dari telah dibuka untuk pengunjung. Ada Badaling, Juyongguan, Simatai, Mutianyu, Jinshanling, Huanghuacheng dan Gubeikou. 2 yang populer adalah Badaling dan Muntiayu. Lokasi yang berdekatan dengan Ming Tombs adalah yang melalui Badaling. Dengan mendaki Great Wall kita membayangkan betapa sulitnya membangun tembok besar tanpa mesin modern pada waktu itu.

Ada 2 pilihan untuk mendaki yakni dengan sepenuhnya menyusuri tembok besar ini atau mengambil jalan pintas dengan menggunakan cable car untuk mencapai langsung tembok besar. Satu perjalanan pulang pergi dikenakan 80 yuan jika menggunakan cable car. Pada beberapa bagian tembok besar berupa tangga tapi sebagian lainnya berupa lantai rata dengan kemiringan tajam. Disarankan untuk menggunakan sepatu dengan alas kasar dan kuat serta selalu berpegang pada besi penopang di sisi tembok.

.

5 thoughts on “Lima atraksi yang wajib dikunjungi di Beijing (1)”

  1. Salam kenal mas toto,

    Saya mau tanya, guide dan supir diberi uang tips brp ya?
    Kebetulan saya mau pakai jasa beijinglocaltour juga

    1. Dony,
      Normalnya guide diberi setara 2 dollar per hari, supir juga segitu.
      Pembayaran tour dilakukan saat tour akan berakhir langsung ke guide, biasanya di lokasi wisata yg terakhir dikunjungi.
      Tambahkan tips saat bayar.

  2. Dear Mas Toto…

    Apakah disana mata uang USD berlaku juga?? karena klo dilihat dari harganya tournya memakai nilai $ ($17)
    Sebaiknya kita lebih aman membawa CNY atau USD saja??

    Mohon infonya
    terimaksih
    -Sarah-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s