Hanya ada AirAsia di Terminal 3 Soekarno-Hatta Airport

Dulu Terminal 3 Soekarno Hatta Airport ditempati bersama oleh Mandala Airlines dan Indonesia Air Asia. Namun, sejak tutupnya Mandala praktis terminal ini hanya digunakan oleh Air Asia saja. Dulupun saat Mandala masih terbang terminal ini masih relatif sepi dibandingkan dengan terminal-terminal lainnya. Kondisi saat ini lebih lengang lagi karena disamping tanpa Mandala, Air Asia juga mengurangi rute domestik dan hanya menerbangi Bali & Jogja dari terminal ini. Di sisi lain, sepinya penerbangan ini menjadikan penumpang lebih nyaman, dan tidak terlihat antrian panjang dimanapun ataupun penumpang berjubel. Ruang tunggu keberangkatan juga lebih bisa dinikmati. Namun itu tak akan berlangsung lama lagi sebab penerbangan international Air Asia juga akan segera menempati terminal ini mulai September 2011. Andai penerbangan international Air Asia sudah menempati terminal saya kira kenyamanan tetap bisa dinikmati di terminal ini karena terminal ini didesain lebih efisien & modern. Inilah sekilas potret Terminal 3 Soekarno Hatta Airport.

Selain berarsitektur modern, dominasi metal yang kuat, terminal ini juga didesain sebagai green building. Tata cahaya didapat dari cahaya luar dengan kaca-kaca besar di sisi-sisinya dan sebagian atap terbuat dari kaca. Area komersial dan ruang tunggu diatur berdekatan tidak seperti terminal-terminal lainnya. Dengan ruang komersial yang tidak terlalu luas, area komersial ini diisi oleh cafe, ritel, lounge dan ruang tunggu. Fasilitas toilet sudah cukup bagus dan dipisahkan antara pria & wanita. Mushola berada sebelum masuk toilet. ATM disediakan baik di lantai satu maupun lantai dua.

Ruang tunggu di terminal ini dibuat menyatu untuk beberapa jadwal penerbangan. Ada 5 boarding desk dan 1 pintu masuk menuju pesawat yang terletak di ujung. Ruang tunggu dilapisi karpet dan kursi-kursi yang diatur menyirip. Atap yang tinggi membuat ruangan ini cukup lega apalagi dinding samping berupa kaca sehingga masih dapat melihat suasana di luar terminal. Yang menarik di ruang tunggu ini adalah desain tempat sampah yang dibagi dalam 3 tempat berbeda menurut jenis sampah. Di ruang tunggu masih tersedia toilet dengan desain yang sama.

Terminal 3 yang saat ini beroperasi sebenarnya hanya Pier 1 dari 5 Pier yang direncanakan. Jika semua Pier selesai dibangun maka terminal ini akan lebih besar dibandingkan Terminal 1. Sesuai rencana pengembangan bandara, tepat di depan Terminal 3 ini akan dibangun juga Terminal 4. Begitu juga dengan landasan pacu akan ditambah menjadi 3 dari 2 yang sudah ada. Landasan pacu 3 akan berada di sebelah landasan pacu 2.

2 thoughts on “Hanya ada AirAsia di Terminal 3 Soekarno-Hatta Airport”

  1. “Fasilitas toilet sudah cukup bagus dan dipisahkan antara pria & wanita.”…Parah bgt kalo toilet di tempat umum di gabung antara pria dan wanita…haha

  2. Betul, saat ini suasa di Terminal 3 cukup sepi, berbeda sekali dengan penumpang domestik dengan maskapai lainnya yang masih menepati Terminal 1, bahkan masih lebih baik ketimbang penerbangan internasional yang semuanya berada di Terminal 2.

    Semoga ke depannya bandara Soekarno-Hatta akan tertata lebih baik lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s