Tips memesan kamar hotel via travel online (Booking.com, Agoda.com, Asiarooms.com)

Pada artikel Memesan hotel online . Agoda.com, Booking.com atau Asiarooms.com? terdapat beberapa komentar yang mengeluhkan kesulitan saat memesan kamar hotel melalui Agoda.com. Penyebabnya adalah voucher tidak diterima dengan alasan teknis. Penyebab lain tidak terkirimnya voucher karena kesalahan memasukkan alamat email saat pembukuan. Sementara pembayaran Agoda.com dilakukan saat reservasi selesai, sehingga kartu kredit sudah langsung dipotong. Layanan bantuan baik melalui email atau telepon dikeluhkan tidak responsif. Nah agar Anda tidak mengalami kesulitan-kesulitan yang sama ada baiknya simak beberapa tips ringkas di bawah sebelum bertransaksi melalui travel online.

Tips bagian pertama ini dikhususkan untuk menghindari kegagalan pengiriman voucher.

  • Member atau Profile. Sebelum bertransaksi sebaiknya Anda membuat profile terlebih dahulu. Anda akan mudah melakukan penelusuran jika terjadi kegagalan pengiriman. Manfaat lain adalah memudahkan jika terdapat perubahan pemesanan atau bahkan pembatalan pemesanan. Dengan membuat profile terlebih dahulu berarti akan mempercepat proses booking dan menghindari kesalahan pengisian data. Fasilitas ini gratis di semua travel online tersebut.
  • Alamat email. Pastikan Anda memasukkan alamat email dengan benar. Disarankan menggunakan email yang biasa Anda gunakan. Agoda.com akan mengirimkan electronic voucher yang Anda masukkan ini. Booking.com akan mengirimkan pemesanan melalui email juga. Jika Anda memesan voucher melalui Agoda.com pastikan setting email Anda memperbolehkan lampiran dalam format pdf.
  • Catat Booking ID. Begitu transaksi selesai segera catat Booking ID, atau bisa dicetak layar komputer baik melalui printer atau format pdf.

Nah, agar kemudahan dan keuntungan pesan hotel online dapat dinikmati maksimal pertimbangkan juga tips-tips lain berikut sebelum memesan kamar hotel via travel online.

  • Tentukan terlebih dulu lokasi/area hotel yang diinginkan. Adalah penting untuk menentukan lokasi/area hotel yang diinginkan agar lebih cepat memperoleh kamar hotel. Namun jika Anda punya cukup waktu tidak ada salahnya untuk mencari tahu hotel-hotel lain di sekitarnya. Misalnya Anda menginginkan hotel di kawasan Seminyak Bali, maka fokuskan pencarian di kawasan ini terlebih dulu mengingat Bali menawarkan hotel sangat banyak. 
  • Tentukan perkiraan harga. Banyak hotel di tawarkan dengan variasi harga yang lebar. Jika harga kamar hotel menjadikan pertimbangan memilih hotel sebaiknya pencarian diurutkan berdasarkan harga, bisa dari yang murah ke mahal atau sebaliknya.
  • Baca review oleh pembeli sebelumnya. Review oleh pengguna sebelumnya merupakan informasi yang sebaiknya dibaca dulu. Dari review ini Anda akan mendapatkan gambaran kondisi hotelnya. Sejauh ini review ini relatif jujur.
  • Gunakan Rupiah dalam pembayaran. Travel online biasanya menyediakan kamar hotel seluruh dunia, sehingga pembayaran dapat dilakukan dalam beberapa mata uang penting. Sebaiknya memilih harga dalam Rupiah untuk menghindari fluktuasi nilai tukar dari kartu kredit. Agoda.com salah satu diantara travel online yang menerima pembayaran dalam Rupiah.
  • Gunakan informasi data tamu yang akurat. Untuk memudahkan proses check-in di hotel, selalu gunakan informasi akurat, khususnya untuk Nama, Nomor Identitas (KTP/Passport), dan penghuni kamar. Ketidak sesuaian informasi di voucher akan menyulitkan Anda. Ketidak sesuaian jumlah penghuni kamar akan dikenakan biaya tambahan. Misalnya kamar biasanya hanya boleh digunakan untuk 2 orang, jika Anda menginginkan satu kamar untuk 2 dewasa dan satu anak, maka informasi ini harus disampaikan saat pemesanan.
  • Informasi Kartu Kredit. Agar proses verifikasi pembayaran berlangsung cepat, maka gunakan informasi kartu kredit seakurat mungkin. Disamping nomor kartu, Anda akan diminta informasi tentang masa laku kartu, bank penerbit, alamat tagihan (beberapa situs tidak mensyaratkan ini), dan CVV. Penting diketahui bahwa informasi ini sangat rahasia, namun Anda tidak usah kuatir karena situs-situs travel online itu telah dilengkapi dengan standar sekuriti transaksi yang cukup.
  • Perhatikan kondisi dan syarat harga kamar. Situs online juga melengkapi dengan kondisi dan syarat. Hal penting yang patut dicermati adalah apakah harga sudah termasuk pajak, sarapan atau biaya lain.
  • Fasilitas kamar. Perhatikan fasilitas fasilitas yang diberikan. Situs menginfornasikan fasilitas-fasilitas ini, misalnya fasilitas pembuatan kopi/teh, kolam renang, internet, fasilitas kebugaran. Perhatikan apakah fasilitas itu gratis atau berbayar.
  • Syarat pembatalan atau perubahan jadwal. Penting juga untuk membaca syarat-syarat jika Anda terpaksa harus membatalkan pemesanan atau sekedar merubah jadwal menginap. Hal pertama yang harus diketahui adalah apakah hal tersebut dimungkinkan. Bagaimana syarat dan perlakuannya juga harus menjadi perhatian Anda, termasuk mekanisme pengembalian pembayarannya. Syarat pembatalan masing-masing hotel bisa berbeda kendati memesan dari travel yang sama.

Dengan mencermati tips di atas setidaknya akan memudahkan mendapatkan kamar hotel di negara manapun.

Artikel yang direkomendasikan :

227 thoughts on “Tips memesan kamar hotel via travel online (Booking.com, Agoda.com, Asiarooms.com)”

  1. Hello Mas Toto, saya ingin tanya ttg pemesanan kamar via booking.com
    Sy memesan hotel di tokyo untuk 2 hari, kamar yg saya pesan kapasitasnya 2 org. Total pricenya 11k. Total price yg dimaksud di sini apakah per orang 11k atau berdua?
    Byk yg blg sistem hotel di jepang pembayarannya dikenakan per kepala.
    Terima kasih Mas Toto🙂

    1. Nadia, kecuali dormatory kamar di Jepang biasa dihitung per kamar. Untuk memastikan bisa dibaca lagi di email konfirmasi, atau buka lagi di booking.com

  2. Halo mas toto, thanks buat artikelnya yg sangat informatif.
    Kebetulan akhir tahun ini saya rencana pergi ke Sydney, dan merupakan pengalaman pertama saya solo travelling ke luar negeri.
    Dan kemarin saya sudah booking hotel via booking.com, dan karena saya ambil akhir tahun kebijakan hotel harus bayar full saat booking.
    Karena baru pertama kali booking hotel via booking.com, saya minta tolong temen untuk proses pembayaran (karena saya masih proses apply kartu kredit), dan teman saya belum punya profil di booking.com.
    Pertanyaan saya, apakah kalau mau booking via booking.com harus punya akun atau profil booking.com?
    Setelah temen saya selesai booking dan membayar, email konfirmasi pembayaran dari booking.com udah diforward ke email saya.

    Lalu pertanyaan kedua saya apakah kita perlu kontak by mail atau telpon ke pihak hotel untuk make sure kalau kita sudah booking atau kita langsung nunjukin kode booking pas kita udah sampai di resepsionis hotel?

    Terima kasih.

    1. Hai Adi,
      Akan lebih baik punya akun booking.com, ini untuk memudahkan jika ada perubahan.
      Pengalaman saya pakai booking.com, tidak perlu konfirmasi ke pihak hotel. Tapi jika dilakukan tidak ada salahnya juga.
      Biasanya cukup nunjukkan email pemesanan cukup, mereka sudah biasa check-in dari travel online.
      Saya biasa hanya menunjukkan dari gadget saja.

      1. thanks buat respond dan sarannya mas toto.

        tapi kalau sudah terlanjur booking tanpa akun booking.com apakah booking saya sudah atau bisa dibilang valid?

        saya juga mau tanya lagi mas, berhubung kemaren saya masih proses apply credit card, dalam pembayarannya saya juga minta tolong teman untuk proses paymentnya. apakah nanti tidak masalah kalau dalam proses payment pakai credit card atas nama orang lain sementara nama tamu hotelnya atas nama saya sendiri?

        Matur suwun.

      2. Adi,
        Pesen dengan atau tanpa buat akun pada dasarnya sama saja.
        Yang penting nama disebutkan nama yang akan menginap, bukan nama teman tadi.

      3. Saya mau tanya mas Toto, saya sudah booking hotel di Singapore dengan agoda.com dan sudah dibayar lewat kartu kredit teman, ternyata ada kesalahan yaitu nama depan saya tertukar dengan nama depan istri saya… Apakah nanti bermasalah saat check in? kami berdua berangkat bersama kesana…Terimakasih …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s