Online Booking Thai Airways (TG) begitu ringkas dan mudah

Selama ini saya cukup sering beli tiket online Garuda Indonesia, Lion Air, Air Asia, Batavia, Singapore Air, Emirates. Tapi kali Ini untuk pertama kalinya saya beli tiket online Thai Airways, airline dari Thailand yang telah berusia 51 tahun. Kesan pertama saya adalah begitu ringkas dan mudah. Harga tiket disajikan dalam bentuk matriks yang memudahkan untuk memilih. Tidak banyak data-data yang harus dimasukkan. Isian untuk pilihan fasilitas selama terbang juga simple dan mudah. Dan inilah beberapa yang membedakan dari fasilitas online airline lain :

Meskipun tidak menyediakan versi Bahasa Indonesia, proses booking Thai Airways ini cukup mudah diikuti.

  • Hasil penelurusan rute disajikan dalam bentuk matriks dengan sisi baris sebagai tanggal keberangkatan (+/- 3 hari dari tanggal yang dipilih), sedangkan sisi kolom sebagai tanggal kedatangan juga +/- 3 hari. Bentuk matriks ini mirip yang dimiliki Garuda. Terdapat info untuk harga-harga terendah dari pasangan tanggal keberangkatan dan kepulangan.
  • Terdapat 3 pilihan harga yang dibedakan masa-laku tiket, yakni mulai Thai Saver Advantage (3 bulan), Thai Flexi Saver (6 bulan), dan Thai Flexi Plus (1 tahun).
  • Info pribadi minimal. Berbeda dengan airline lain, info pribadi yang diminta sangat ringkas, bahkan nomor passport tidak diperlukan. Berbeda dengan Singapore Airlines yang mengharuskan penumpang memasukkan tanggal lahirnya.
  • Opsi pilihan tempat duduk disajikan dalam layout kabin, ini memudahkan untuk menentukan pilihan tempat duduk yang diinginkan. Cara memilihpun juga sederhana, cukup klik gambar kursi di layoutnya. Sekali lagi fasilitas pilih kursi ini Gratis alias Percuma.
  • Proses pemilihan makanan selama di pesawat juga sangat mudah dengan pilihan makanan yang sangat beragam mulai dari berbagai diet, moslem food, vegetarian, makanan anak2, dll
  • Proses pembayaran lewat kartu kredit juga sangat mudah, cukup memasukkan nomor kartu, masa laku, nama di kartu dan CCV saja. Ini berbeda dengan airline lain yang mengharuskan alamat tagihan. Dalam konteks pengamanan transaksi sebenarnya tambahan verfikasi alamat tagihan menjadikan transaksi lebih aman.
  • Untuk pengiriman electronic ticket sama halnya dengan kebanyakan airline lain.
  • Untuk online checking saya belum pernah mencobanya, dan saya akan coba untuk ini.

Happy flight….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s