Oh No! Fuel Surcharge datang lagi

Musim tiket murah tampaknya akan segera usai. Harga minyak yang membubung tinggi menjadi biang-keroknya. Ya, sejak konflik politik di kawasan Arab dan sekitarnya menyeruak, harga minyak belum ada tanda-tanda mau turun. Buntutnya adalah biaya operasional penerbangan ikut terkerek dan ini akan berujung pada kenaikan harga tiket pesawat. Dalam industri penerbangan sudah terbiasa dikenal biaya tambahan karena kenaikan harga minyak ini atau yang lebih beken dengan sebutan fuel surcharge. Pengenaan fuel surcharge ini sifatnya situasional, hanya dipungut saat harga minyak melebihi perkiraan industri, begitu juga dengan besarannya. Dulu, airline pernah ramai-ramai mengutip fuel surcharge saat harga minyak menyentuh $100 per barrel beberapa tahun silam. Saat harga mulai stabil pungutan tambahan itupun dihilangkan. Saat ini harga minyak sudah bertengger di kisaran $140 per barrel, sehingga beberapa airline berancang-ancang segera mengutip fuel surcharge dalam komponen harga tiket pesawatnya. Bahkan Air Asia mulai menerapakannya mulai 3 Mei 2011 ini.

Momok fuel surharge dipastikan akan membuat harga tiket pesawat menjadi lebih mahal. Tapi airline tidak mudah mengutip biaya tambahan ini untuk rute domestik karena terkait aturan yang diantaranya mengatur fuel surcharge baru boleh diterapkan jika harga avtur mencapai rata-rata Rp. 10.000 per liter dalam 3 bulan berturut-turut. Karena alasan ini pula yang menyebabkan Indonesia Air Asia hanya menerapkannya untuk rute international. Perkiraan saya, kendati tanpa fuel surcharge harga tiket domestik secara rerata akan lebih mahal karena airline akan menghapus tiket promo atau sub-class bawah.

Jika Anda membeli tiket jauh-jauh hari sebelum ada ketentuan fuel surcharge ini maka pemegang tiket dibebaskan dari kenaikan harga, artinya tak akan ada tambahan biaya dari tiket yang sudah terbeli. Dan inilah salah satu keuntungan membeli tiket jauh-jauh hari disamping berpeluang mendapatkan harga promo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s