Tips menginap di budget hotel

Budget hotel sedang trend di Indonesia. Sebut saja Formula 1, Amaris, Quest Hotel, Fave Hotel, Tune, Whiz Hotel, Pop!Harris dan hotel-hotel budget lokal tanpa jaringan. Tidak ada definisi pasti tentang budget hotel ini, namun secara umum budget hotel diindentikkan sebagai ‘no-frill’ hotel. Hotel tanpa fasilitas berlebihan sehingga biasanya tidak ada kolam renang, spa, tempat hiburan. Layanan kamarnya pun juga sangat minimal. Kalau di luar negeri terdapat ‘Bed & Breakfast’ Hotel yang pada dasarnya hanya menyediakan layanan untuk tidur dan sarapan. Nah budget hotel di Indonesia sedikit di atas konsep ‘Bed & Breakfast’ ini. Karena tidak banyak menyediakan banyak fasilitas tamu maka budget-budget hotel ini menawarkan harga yang sangat miring.

Disamping fasilitas yang minim, budget hotel biasanya memiliki kamar yang relatif sempit. Kisarannya antara 14 – 24 meter persegi. Juga menyediakan kamar single yang hanya berisi satu tempat tidur kecil. Sebenarnya budget hotel ini bisa menjadi jawaban bagi tamu-tamu yang memang hanya membutuhkan layanan dasar. Tapi bagi Anda yang belum terbiasa menginap di budget hotel ada baiknya menyimak tips ringkas berikut :

  • Yang pertama, disarankan untuk tidak berekspektasi tinggi akan layanan yang diberikan. Disamping layanan dasar (tempat tidur, kamar mandi, dan sarapan), hanya ada fasilitas-fasilitas lain mungkin ditambahkan pada yakni Wi-Fi, restoran, pusat bisnis.
  • Budget hotel tidak selalu menyediakan layanan kamar 24 jam, sebaiknya cari budget hotel yang dekat dengan tempat makan. Karena konsep itu pula semua budget hotel Accor Group (F1, Etap, Motel6) selalu berada berdekatan dengan restoran cepat saji 24 jam.
  • Budget hotel rata-rata memiliki luas kamar antara 14 s/d 24 meter persegi itupun sudah termasuk kamar mandi, jadi hanya menampung maksimal 2 orang per kamar. Untuk tamu dengan anak kecil sebaiknya mempertimbangkan luasan kamar ini agar kenyamanan putra-putri Anda tetap terjaga. Namun demikian ada juga budget hotel yang bisa dihuni bertiga pada tempat tidur tingkat (Formule-1).
  • Jangan membawa kopor terlalu besar karena akan mempersempit ruang gerak Anda. Jangan pula membawa barang-barang besar yang memakan banyak tempat.
  • Bawa serta perlengkapan mandi sendiri karena beberapa budget hotel (Tune Hotel misalnya) tidak memberikan gratis sabun, pasta gigi, pencukup kumis dan handuk untuk Anda.
  • Jumlah pegawai minim. Sesuai namanya budget hotel ini dikelola dengan jumlah pegawai terbatas. Jangan berharap pegawai hotel lalu-lalang setiap saat. Bahkan Anda harus siap jika mesti mendorong koper anda sendiri.
  • Safe Deposit Box. Budget hotel jarang menyediakan safe deposit box di kamar, tapi Anda masih dapat menitipkan barang berharga di resepsionis. Disarankan simpan barang-barang berharga yang tidak cukup perlu di rumah saja.
  • Tidak semua budget hotel menyediakan mini bar. Ada baiknya kalau Anda memilih budget hotel yang berdekatan toko 24 jam seperti Circle K atau 7 Eleven.
  • Cari budget hotel yang dekat dengan jalur angkutan umum, sebab jika Anda membawa mobil maka tempat parkir mungkin akan jadi masalah baru buat Anda.

Nah akhirnya dengan menyiasati lebih dini, Anda dapat menginap di hotel-hotel ini dengan tidak mengorbankan kenyamanan.

5 thoughts on “Tips menginap di budget hotel”

      1. Halo pak toto .. istilah budget hotel sebenarnya untuk hotel berbintang atau bukan? Apakah dengan menggunakan budget hotel maka hotel tsb tdk perlu mengeluarkan biaya pajak yg besar? Misalkan memang hotel bintang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s