10 Negara Paling Tidak Sehat untuk Dikunjungi Turis. Lalu?

Health Protection Agency (HPA) sebagaimana dikutip Detikhealth.com mengeluarkan rilis terbaru tentang 10 negara paling tidak sehat untuk dikunjungi. Mesir adalah jawaranya dan dinyatakan sebagai negara paling tidak sehat untuk dikunjungi, 81,92 orang dari 100.000 touris mengalami gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang menimpa turis-turis adalah gangguan pencernaan yang hampir 50 persen infeksi yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Jenis bakteri ini paling sering ditularkan di restoran-restoran dan kolam renang yang tidak bersih atau kurang higienis. India menempati urutan kedua disusul dengan 64,85 kasus dari 100.000 disusul secara berurut Thailand (64, 50),  Pakistan (60,16), Maroko (40,32), Kenya (40,10), Tunisia (34,39), Karibia (27,60), Meksiko (13,39), Malta (8,59), dan Cyprus (6,50) di urutan ke-10. Bersyukur Indonesia tidak masuk dalam daftar ini. Nah jika Anda akan berlibur atau mengunjungi negara-negara tersebut, apa sebaiknya yang harus disiapkan?

Karena gangguan kesehatan yang dialami kebanyakan karena gangguan pencernaan sebaiknya :

  • Bawa obat-obatan pribadi dari Indonesia, khususnya obat sakit perut. Bawa secukupnya, sebab membawa obat-obatan dalam jumlah besar akan mengundang kecurigaan petugas bea-cuku di sana yang dapat menyulitkan Anda.
  • Selalu minum air mineral botolan selama di negara tersebut. Atau menghindari minuman buatan di restoran yang tidak diyakini kebersihannya. Bahkan beberapa teman menyarankan untuk menggunakan air mineral botolan saat sikat gigi sekalipun.
  • Jangan berspekulasi dengan makan dan minum di tempat-tempat terbuka atau di kedai-kedai tepi jalan. Makanan yang terlalu ekstrim (terlalu pedas, masam, dll) juga sering mejadi pemicu gangguan pencernaan.
  • Penggunaan masker dalam kondisi tertentu akan mengurangi risiko penularan virus.

Take care and enjoy your holiday!

One thought on “10 Negara Paling Tidak Sehat untuk Dikunjungi Turis. Lalu?”

  1. Salam kenal saya sungguh seneng banget nemuin blognya Mas Toto, dan sangat bermanfaat buat saya, Tahun ini rencananya saya mau berkunjung ke Bosnia & Herzegovina tepatnya Sarajevo. Mas Toto tolong dong kasih info kalau mau travelling ke negara itu, saya kemungkinan pakai flight Turkish Airlines Jkt- connect Istambul -Sarajevo, makanya saya senang banget dapat info kalau pengajuan visa ke Turki bisa VOA saya ngga pusing dan repot. Makasih banget atas bantuannya. Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s