Akankah tiket Air Asia menjadi lebih murah lagi setelah beroperasinya sistem reservasi baru?

Awal Juli ini Air Asia mengumumkan bahwa sistem reservasi akan OFF sementara selama 2 hari lebih, tepatnya mulai tanggal 9 Juli 2010 pukul 12.00 WIB hingga 11 Juli 2010 pukul 17.00 WIB.  Selama rentang waktu itu hanya dinyatakan akan ada upgrade sistem tanpa informasi memadai tentang fitur apa yang ditambahkan. Hanya ada informasi ringkas tentang layanan yang tidak beroperasi saat system down dan apa yang semestinya dilakukan menjelang dan selama system tidak beroperasi. Hanya karena penasaran, saya coba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Dan ternyata, bolehlah menantikan fitur baru setelah system upgrade. Apa saja?Disamping karena sistem lama sudah tidak lagi mampu menampung kapasitas transaksi penumpang yang konon sudah mencapai 26 juta per tahun, ternyata Air Asia akan menambahkan fitur-fitur baru yang memudahkan penumpang. Seperti dikemukakan oleh manajemen Air Asia, sistem baru yang dinamai New skies adalah sistem reservasi online yang menggunakan teknologi terdepan. New skies dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan maskapai penerbangan.

  • Connecting flight. Inilah fasilitas baru yang paling menarik buat saya. Dulu, sistem reservasi Air Asia didesain untuk perbangan point to point dan tidak memungkinan penumpang transit otomatis untuk penerbangan lanjutan. Sebelumnya penumpang harus check-in di bandara asal, dan check-out serta mengurus bagasi di bandara antara. Setelah itu harus check-in dan mengurus bagasi di bandara transit sebelum terbang ke bandara tujuan akhirKini penumpang hanya perlu satu kali check-in. Misalkan, rute penerbangan Jakarta-Kuala Lumpur-London. Pada sistem sebelumnya, penumpang ketika mendarat di Kuala Lumpur harus check-out dari pesawat lalu check-in lagi untuk penerbangan ke London. Dengan sistem baru penumpang hanya check-in di Jakarta saja. Ketika tiba di Kuala Lumpur, penumpang hanya transit, tidak check-out untuk pindah pesawat ke London. Adanya connecting flight ini akan memudahkan penumpang pindah pesawat tanpa repot-repot check-in ulang dan tanpa kekuatiran ketinggalan pesawat lanjutan. Fasilitas ini juga mengurangi biaya airport tax di bandara tempat transit dan biaya bagasi sehingga biaya tiket akan lebih hemat. Pada kebanyakan sistem reservasi airline, fitur connecting flight sebenarnya sudah lama digunakan. Ini bukan terobosan baru tapi lebih sebagai upaya Air Asia menutup kekurangan sistem reservasinya.
  • PNR (Passenger Name Record) dapat dipergunakan untuk 50 orang dari sebelumnya hanya mampu memuat 10 orang. Penambahan kapasitas PNR ini tentu saja memudahkan penumpang yang bepergian dengan group besar lebih dari 10 orang. Dulu, penumpang dengan group besar ini harus menghubungi call center atau mendatangi kantor layanan untuk reservasi.
  • Transaksi tidak lagi terbatas pada maksimal Rp 10 juta. Dengan sistem new skies, transaksi bisa tidak terbatas.
  • Self check-in. Dengan memasukkan kode nomor tiket melalui website, konsumen langsung dapat check-in, mereka akan mendapatkan kode barcode. Jadi, waktu di airport tinggal menunjukkan barcode, langsung bisa check-in. Fasilitas ini tidak benar-benar baru karena sudah dikenalkan pada sistem lama.

Manajemen Air Asia menjanjikan harga tiket akan lebih murah dengan sistem baru ini karena biaya marketing, ground handling bisa ditekan. Pengurangan biaya juga bisa berasal dari airport tax pada penerbangan lanjutan, pengurangan biaya bagasi. Pengurangan biaya-biaya itu seharusnya menjadikan struktur biaya menjadi menurun. Jadi bolehlah berharap tiket LEBIH murah lagi setelah sistem baru Air Asia kembali pulih.

2 thoughts on “Akankah tiket Air Asia menjadi lebih murah lagi setelah beroperasinya sistem reservasi baru?”

  1. Hadeuuuuhhhh si Mas update and exist betul nih, thanks infonya, bisa2 mas Toto buat maskapai low cost juga ni… Hehe

    1. Asgi, ini komentar tercepat, hanya 10 menit setelah posting. Bikin low cost carrier? Mimpi lah kecuali ada raja minyak dari Kuwait yang mau tanam modal hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s