Saatnya berburu tiket Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Seperti biasa, mudik untuk merayakan lebaran telah menjadi tradisi khas Indonesia. Warga muslim biasanya memanfaatkannya untuk merayakan lebaran di kampung halaman sekaligus bertemu sanak saudara. Lebaran yang juga ditetapkan sebagai libur bersama juga menjadikan libur panjang bagi yang tidak merayakan lebaran, dan dapat dimanfaatkan untuk berlibur. Inilah yang membuat pergerakan manusia melonjak luar biasa. Dampaknya adalah kebutuhan transportasi meningkat pesat, tiket perjalanan baik darat, laut maupun udara menjadi sulit didapat. Semua rute perjalanan dipastikan akan penuh dengan penumpang. Nah agar tidak perlu berebut untuk pulang kampung atau liburan, sekarang saatnya berburu tiket lebaran. Kenapa harus sekarang?

  • Permintaan tiket mulai meningkat saat bulan puasa tiba, dan memuncak beberapa minggu sebelum hari H. Dengan membeli jauh-jauh hari Anda akan lebih leluasa memilih airline, hari, jam keberangkatan. Ini penting dilakukan terutama bagi jalur-jalur yang relatif tidak gemuk karena airline biasanya tidak menambah penerbangan extra untuk rute kurus ini. Berbekal pengalaman tahun-tahun sebelumnya, airline kemungkinan akan menambah jadwal untuk rute-rute dari Jakarta ke Surabaya, Bali, Medan, Makassar, Solo, Jogja, Padang, dan kota besar lain. Sedangkan rute luar negeri yang kerap ditambah penerbangan ekstra adalah Jakarta ke Singapore, Hongkong, Kuala Lumpur, dan beberapa rute ke China.
  • Harga lebih murah berpeluang didapat jika memesan jauh di depan. Memang untuk masa-masa ramai penumpang, pihak airline tidak akan menyediakan tiket promo, tetapi langsung di harga menengah sebagai tiket termurah. Mendapatkan tiket sub-class medium sudah sangat bagus. Artinya Anda bisa lebih berhemat untuk biaya perjalanan.
  • Libur lebaran sudah hampir pasti jadwalnya, jika bergeserpun hanya akan akan selisih satu hari. Ini memudahkan menentukan keberangkatan maupun jadwal pulang. Bagi yang akan mengisi libur lebaran dengan liburan ada baiknya mempertimbangkan tidak mengambil jadwal H-3 hingga H-1, karena dipastikan pesawat penuh, begitu juga bandaranya.
  • Persiapan lebih baik untuk kebutuhan lainnya. Jika tiket sudah dipegang, Anda akan mudah untuk mencari hotel atau kebutuhan lain. Khusus untuk kamar hotel, harga kamar hotel di kawasan liburan seperti Bali akan meningkat dengan tambahan surcharge lebaran, sedangkan untuk kota-kota bisnis seperti Jakarta dan Surabaya Anda malah berpeluang mendapatkan paket menginap lebaran dengan harga lebih miring.
  • Membeli tiket pesawat tidak serepot dulu, dengan adanya fasilitas pembelian online. Anda akan leluasa mencari dan memilih tiket pesawat yang diinginkan. Bandingkan dengan jaman dulu dimana penumpang harus menghubungi airline atau agen tiket.

Pantauan per 10 Juni 2010 melalui website Mandala rute Jakarta-Surabaya (PP) untuk keberangkatan 7 September 2010 dan kembali 13 September 2010 harga tiket termurah sudah mencapai 1.319.000 (PP). Lion Air menawarkan Rp. 1,284.000 itupun hanya untuk satu jadwal jam tertentu, jadwal lain sudah mencapai lebih Rp. 2 juta. Batavia Air masih menyisakan tiket PP dengan tujuan dan hari yang sama sebesar Rp. 1.224.000. Citilink menawarkan tiket PP sebesar Rp. 1.187.700. Untuk jadwal yang sama rute Jakarta-Bali (pp), tiket termurah Lion Air sudah berada pada harga Rp. 2.793.300. Mandala Air menawarkan sedikit lebih rendah Rp. 2.044.800.

Namun jika karena satu dan lain hal, Anda tidak mungkin memesan tiket dari sekarang tidak usah berkecil hari. Airline biasanya akan menambah jadwal penerbangan extra di hari-hari tertentu. Jadwal terbang extra ini biasanya mengambil slot waktu yang tidak populer, misalnya tengah malam atau dini hari.

Persiapan lebih awal ini akan membantu Anda untuk menyongsong bulan puasa dengan lebih tenang tanpa harus memikirkan urusan tiket untuk mudik. Anda akan lebih fokus pada ibadah puasa dan persiapan lain. Persiapan yang baik akan membantu Lebaran Anda lebih bermakna. Ini juga perlu bagi Anda yang akan mengisi libur lebaran dengan berlibur.

4 thoughts on “Saatnya berburu tiket Lebaran”

  1. udah dapet tiket buat pulang kampung ke lampung.. berangkatnya surabaya-jakarta by mandala (108.800), jakarta-lampung by sriwijaya (270.000). sedangkan pulangnya lampung-jakarta by sriwijaya (270.000), dan jakarta-jogja (88.800) karena nggak ada yang murah buat jakarta-surabaya..:mrgreen:

    1. Dear Tri,
      Dapet harga yang bagus tuh. Sektor Jakarta-Surabaya memang sudah rada mahal, saya dapet sudah di Rp. 1,1 juta PP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s