Perlunya mengetahui jenis pesawat sebelum terbang

Industri penerbangan Indonesia pernah berada pada masa-masa sulit. Diawali dengan jatuhnya Mandala Air di Medan, Lion Air tergelincir di Adi Sumarmo Solo, hilangnya Adam Air dan kecelakan Garuda di Adi Sutjipto serta banyaknya pesawat yang tergelincir. Puncak masa sulit itu adalah keluarnya larangan terbang semua pesawat terbang Indonesia di wilayah udara Eropa (foto : National Geograhic).

Seakan mengikuti kata orang-orang bijak, larangan terbang Uni Eropa itu memacu semangat semua pemangku kepentingan industri penerbangan. Pemerintah mengeluarkan UU Penerbangan, sementara airline berlomba-lomba untuk meremajakan armadanya. Penumpangpun makin peduli pada umur dan jenis pesawat yang akan ditumpanginya. Sebenarnya dibalik alasan keselamatan penumpang, Anda memang sebaiknya mengetahui jenis pesawat yang akan digunakan. Banyak manfaat agar penerbangan Anda menyenangkan. Apa saja?

Airline-airline besar menyajikan informasi penerbangan begitu lengkap. Anda dapat mendapatkannya di website masing-masing. Meskipun tampak tidak penting saya yakin akan banyak manfaatnya.

  • Pintu darurat. Untuk alasan keselamatan, semua penerbangan sipil selalu dilengkapi dengan pintu darurat. Jenis pesawat akan memengaruhi jumlah dan letak pintu darurat ini. Andapun dapat meminta kursi di dekat pintu darurat, tentu saja jika check-in lebih awal tentu saja jika secara fisik memungkinkan.
  • Tata letak kursi. Jenis pesawat akan menentukan tata-letak kursi di kabin. Jika Anda menyukai duduk di dekat jendela atau di gang, maka Anda bisa menentukan nomor kursi sebelum checkin yang dapat diminta saat check-in. Anda yang termasuk jangkung dapat memilih kursi di barisan di depan atau dekat pintu darurat. Anda yang sering ke toilet dapat menentukan kursi mana yang dekat dengan toilet. Untuk itu semua Anda perlu mengetahui tata-letak kursi di kabin. Pemilihan nomor kusi juga dapat dilakukan saat booking online.
  • Jumlah Flight Attendace. Semakin besar pesawat maka jumlah FA juga makin banyak. Menumpang pesawat berbadan lebar ( 2 lorong) seperti A380, A340, A330, B747, B777, B767, MD11 dipastikan akan dilayani oleh lebih banyak FA.
  • Hiburan. Jenis pesawat juga memengaruhi layanan hiburan selama di pesawat, bahkan judul film yang diputar selama penerbangan dapat Anda ketahui sebelumnya dari website.
  • Makanan. Bagi Anda yang menjadikan makan di pesawat sebagai sebuah experience, manfaatkan daftar menu yang disediakan. Tentu saja pilihan menu ini hanya tersedia untuk penerbangan full-service jarak jauh. Untuk Anda yang memiliki pantangan makan tertentu dapat mengajukan permintaan khusus saat pesan tiket atau mengajukan beberapa hari sebelum jadwal penerbangan.
  • Jadwal Makan. Disamping makanan, pada beberapa airline juga menyertakan jadwal penyajian makanan. Ini perlu buat Anda untuk mengatur waktu istirahat tanpa melewatkan jam makan. Pembagian jadwal makan ini tentu saja hanya berlaku untuk penerbangan jarak jauh.

Nah tidak ada salahnya Anda mengetahui informasi penerbangan sebelum terbang. Ini sangat mudah untuk kenyamanan penerbangan Anda.

2 thoughts on “Perlunya mengetahui jenis pesawat sebelum terbang”

  1. Om Toto,
    Bulan dpn sy ke Belanda untk prtma kalinya.
    Jadwal makan tentu sdh ada. Tapi misalnya kalo ditengah perjalanan lapar dan haus sedangkan kita tdk ada stock. Apa bisa minta makan dan minum sm FA? Bayar atau Free?

    1. Yoga,
      Selain makan sesuai jadwal, biasanya airline masih menyediakan makanan ringan dan kita bisa minta.
      Bayar atau tidak? tergantung airline yang ditumpangi,jika fullservice spt Garuda,KLM,Singapore Air tentu saja tidak bayar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s