Berburu paket wisata murah di Indonesia Travel & Holiday Fair (ITHF 2010)

Punya rencana untuk berlibur dalam waktu dekat? Atau masih bingung pilih-pilih tujuan liburan favorit Anda? Jika ya, berarti Anda sedang berada pada jalur dalam mempersiapkan sebuah liburan. Persiapan liburan akan menentukan kualitas & kenyamanan liburan dan juga berpeluang mendapatkan harga terbaik.

Di kota-kota besar di seluruh dunia, Travel Fair sudah menjadi kegiatan rutin sebagai ajang bertemunya antara seller (airline, hotel, tourism board, penyedia paket) maupun buyer (pelancong, travel biro). Travel Fair diselenggarakan terintegrasi dengan peserta dari pelaku industri seperti hotel, travel biro, airline, bahkan diikuti lembaga promosi wisata (tourism board) suatu negara. Membeli paket tur pada ajang seperti ini akan memudahkan Anda untuk memilih paket yang sesuai, bahkan dapat menikmati diskon dan tawaran menarik. Tidak ada salahnya rajin-rajin mendatangi pameran wisata ini, seperti gelaran ITHF ke-4 pada 9-10 April 2010 ini dan disusul Surabaya International Travel Fair 16-18 April 2010.  Dan bersiaplah untuk mendapatkan paket impian dengan harga mengejutkan.

  • Airline peserta pameran biasanya menawarkan harga khusus saat pameran. Harus perlu diingat bahwa harga khusus (promo) itu dengan syarat dan kondisi tiket tertentu. Seperti lazimnya tiket promo dengan kondisi fixed date, non-refundable, non-reroutable, non endorseable, dan syarat lainnya. Tanyakan kondisi tiket sebelum Anda memeutuskan membelinya. Namun, jika jadwal Anda sudah pasti buruan diambil.
  • Hotel-hotel peserta juga akan menawarkan rate promo selama pameran. Hampir dapat dipastikan harga yang ditawarkan benar-benar terendah dibandingkan rate lainnya untuk waktu tinggal yang sama. Sama halnya dengan tiket pesawat, rate hotel juga dipengaruhi oleh kapan Anda tinggal. Ketentuan surcharge untuk peak/high season biasanya berlaku jika Anda merubah tanggal. Tanyakan hal-hal seperti ini sebelum membeli kamar hotelnya.
  • Banyak destinasi wisata baru ikut dalam ajang seperti ini. Anda dapat mengenal lebih jauh lokasi-lokasi wisata baru.  Disamping brosur Anda bisa bertanya banyak tentang tujuan liburan. Lembaga promo wisata dari negara atau propinsi dengan senang hati menjawab semua pertanyaan Anda.
  • Bagian paling ramai dalam ajang pameran wisata adalah Paket Tour. Travel biro wisata sudah mengemas paket-paket wisata yang bekerja sama peserta pameran lainnya (airline, tourism board, hotel). Diskon masing-masing peserta akhirnya akan berbuah diskon paket wisatanya.
  • Tak cukup dengan paket tour, Anda mungkin akan mendapatkan Gimmick lain seperti voucher belanja, tiket masuk atraksi wisata, tiket kereta, atau bus di negara-negara yang ikut pameran
  • Nah jika tak satupun ada yang menarik buat Anda, setidaknya Anda akan mendapatkan tambahan wawasan wisata. Brosur-brosur yang disediakan layak disimpan untuk menetapkan tujuan wisata suatu saat nanti.

Selamat berburu paket-paket wisata murah. Happy Holiday.

5 thoughts on “Berburu paket wisata murah di Indonesia Travel & Holiday Fair (ITHF 2010)”

    1. Dear Cenn,
      Sulit nih jawabnya. Saya tidak cukup hali di bidang ini tapi menurut saya, kalau mengandalkan tiket dan hotel saja akan sulit bersaing. Peluang masih terbuka untuk paket tour baik inbound atau outbound. Keunikan/kekhasan product menjadi nilai jual. Sasaran market juga bisa dipertegas. Misalnya karena berada di Bintan maka market dari Singapore pas untuk dibidik. Bintan memiliki alam yang indah dan juga banyak lapangan golf, mungkin bisa dibuat paket golf dan dipadukan dengan natural/culture tour. Ini contoh yang sangat sederhana, bisa digali peluang lain dan harus kreatif. Silakan sharing bagi rekan-rekan lainnya.

    1. Sejauh ini RajaMICE (EO untuk ITHF) baru arrange event untu.k Jakarta dan Surabaya, dua-duanya sudah berlangsung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s