10 pesona alam Indonesia terbaik (10 best Scenic Wonders)

Tanah airku Indonesia
Negeri elok amat kucinta
Tanah tumpah darahku yang mulia
Yang kupuja sepanjang masa

Tanah airku aman dan makmur
Pulau kelapa yang amat subur
Pulau melati pujaan bangsa
Sejak dulu kala

Itulah 2 bait awal lagu ‘Rayuan Pulau Kelapa’ karya Ismail Marzuki, yang menggambarkan betapa indahnya Indonesia. Dan faktanya negeri yang kini memiliki 33 propinsi ini memang dianugerahi dengan alam yang indah, yang teramat sayang untuk dilupakan. Nah, sebelum jauh-jauh mencari keindahan alam di negeri orang sudah sepatutnya kita kunjungi dulu tempat-tempat menarik itu. Perlu waktu lama untuk dapat menikmati semuanya, tapi tak perlu kuatir memilih karena penulis Natasha Dragun telah merangkum 10 pesona alam terbaik di Indonesia sebagaimana yang dimuat di Mandala Magazine edisi Jan-Mar 2010. Ke-10 tempat pilihan adalah sebagai berikut :

 

  1. Rice Terraces, Bali. Terlepas dari pantai-pantainya yang terkenal, teras sawah Bali-pun menakjubkan. Meliputi lebih dari 20 persen pulau Bali, teras sawah ini tidak hanya memenuhi sebagian besar kebutuhan pertanian di Bali, tapi juga merupakan impian fotografer. dari Puputan di barat sampai Tabanan di selatan, pegunungan dan lembah Bali yang dramatis dikelilingi oleh sawah tanpa ujung yang berubah warna dari hijau mengkilap sampai hijau zamrud dan kemudian menjadi coklat keemasan sejalan mematangnya bulir padi secara bertahap sepanjang tahun.
  2. Orangutan, Sumatera. Orang utan Sumatra adalah salah satu kerabat terdekat manusia di dunia binatang dengan 96% DNA yang sama. Penghuni hutan ini adalah monyet terhebat di Asia Tenggara dan satu-satunya yang hidup di pepohonan serta menghabiskan sebagian besar hidup mereka di tengah kerimbunan hutan. Orang utan sekarang hanya ada di dua pulau, Sumatera dan Kalimantan, dengan jumlah lebih sedikit di Sumatera. Akibat perburuan ilegal dan kehilangan habitat mereka, orang utan saat ini hanya ditemukan di hutan hujan yang terletak di ujung utara Sumatra.
  3. Mount Bromo, East Java. Salah satu tempat yang paling banyak menjadi objek fotografi di Indonesia, Gunung Bromo (2.329 meter) terkenal karena kawahnya yang luas dan terus mengeluarkan asap belerang. Terletak di dalam kaldera Tengger yang luas dan dikelilingi Lautan Pasir (lapisan abu vulkanis yang lembut), gunung berapi ini bukan yang tertinggi di wilayah ini, tapi sudah pasti yang paling mengagumkan, terutama saat matahari terbenam dan terbit. Pasang alarm Anda sekitar jam 3 pagi, sewalah sebiuah jip dan pergi ke tempat pengamatannya di Gunung Penanjakan. Anda tidak akan kecewa.
  4. Coral Walls, Bunaken Island. Terletak di teluk Manado, Sulawesi Utara, Bunaken dikelilingi oleh salah satu taman laut terbaik di Indonesia, dihiasi dinding karang terjal yang menakjubkan dan penuh gua-gua kecil yang berisi ribua spesies ikan penuh warna. Taman yang memiliki salah satu keanekaragaman hayati laut terbanyak di dunia, punya sekitar 70 varietas karang, jenis ikan yang mengagumkan, hiu bersirip hitam dan putih, bahkan dugong.
  5. Surf Breaks, Mentawai Island. Peselancar, perhatikan dari Maret sampai November, gulungan ombak di Kepulauan Mentawai tidak boleh terlewatkan. Rangkaian 70 pulau besar dan kecil di lepas pantai barat Sumatra, Mentawai merupakan salah satu tujuan selancar terkemuka di dunia. Kondisinya baik sepanjang tahun, namun ombak terbaik ada di bulan Juni dan Juli. Terjang ombak di tempat seperti Lance’s Left and Right, Macaronis dan Gilligan’s.
  6. Dragons, Komodo National Park. Jika Anda kira Komoda adalah buaya, Anda tidak sendirian. Spesies kadal terbesar di dunia ini lebih menyerupai makhluk prasejarah, tumbuh sampai 3 meter dengan berat sekitar 70 kilogram. Dengan 60 gigi tajam dan kecepatan lari sampai 18 km/jam, hanya sedikit yang bisa lepas dari incaran makhluk raksasa ini – yang memangsa segala dari burung sampai mamalia besar.
  7. Mount Rinjani, Lombok. Tertinggi ketiga di antara 129 gunung berapi aktif di Indonesia, Rinjani menjulang 3.726 meter di atas permukaan laut di Pulau Lombok. Dikelilingi Taman Nasional, Rinjani ditumbuhi hutan hujan lebat di sekeliling lerengnya, dan memiliki kaldera besar – saat ini sebuah danau kawah yang kedalamannya diperkirakan mencapai 2000 meter. Cara terbaik untuk melihat seluruh pulau adalah dengan  mendaki Rinjani. Namun inipun beresiko karena kadang gunung ini menyemburkan debu dan lava.
  8. Rafflesia Flower, Kalimantan. Rafflesia terkenal karena bau busuknya dan warnanya sangat cerah. Tumbuhan parasit raksasa ini memiliki bunga terbesar di dunia. Sebagian dapat memiliki diameter lebih dari satu meter dan berat sampai 10 kg. Alasan lain untuk tidak memetik bunganya yang berwarna merah delima adalah baunya yang menyerupai bau daging busuk, taktik bertahan hidup dengan menarik perhatian lalat dan kumbang yang sekaligus mambantu penyerbukan. Bunga ini sangat jarang ditemukan saat mekar karena hanya berlangsung beberapa hari.
  9. Lake Toba Sumatera. Karena terletak di lingkaran Api Pasifik, tidaklah mengherankan jika danau terbesar di Indonesia, dan juga di Asia Tenggara, merupakan danau vulkanis raksasa. Terletak di Sumatera Utara, Danau Toba terbentuk dari letusan gunung berapi besar sekitar 70.000 tahun lalu. Saat ini airnya menutupi area seluar 1.707 kilometer persegi dan kedalamannya mencapai 505 meter – dengan Pulau Samosir yang indah di tengahnya. Coba selami atau sewa perahu dan jelajahi danau saat matahari tenggelam.
  10. Uluwatu Temple, Bali. Walaupun Bali memiliki banyak pura yang indah, namun pura yang paling menakjubkan mungkin adalah pura Uluwatu yang terletak di karang terjal setinggi 70 meter di atas Samudera Hindia di pantai barat daya Bukit Peninsula. Sebagai salah satu ‘kayangan jagat’ yang menjaga pulau Bali dari Roh jahat, sebagian Uluwatu didirikan oleh Empu Kuturan, seorang pendeta suci dari Jawa, di abad ke 11. Melihat matahari tenggelam di tempat ini merupakan pengalaman yang tidak akan Anda lupakan.

Sudahkan kesemuanya Anda kunjungi? Jika belum, semua tempat itu layak Anda masukkan dalam rencana liburan mendatang.

8 thoughts on “10 pesona alam Indonesia terbaik (10 best Scenic Wonders)”

  1. Mari kita jaga dan lestarikan alam raya ini bersama agar terjaga keindahan dan pesonanya,janganlah kita serakah,ingat anak dan cucu kalian nanti,,,

  2. Tana Toraja Koq gak Masuk. saya pernah membaca di majalah garuda indonesia edisi desember 2008 kalau gak salah seorang ekspatriat yang suka travelling mengatakan The best destination in indonesia is Tana Toraja bahkan perjalanan dari makasar ke Toraja adalah Pemandangan yang indah( kalau berangkat jam 7-10 dari makasar) belum kalau sudah sampai di Toraja Hamparan sawah, rumah toraja (tongkonan) dan pegunungan sangat indah sekali.

    Jabat Erat

    Cak Osop

    1. Cak Osop,
      Pilihan 10 pesona alam itu hanya mewakili pilihan penulisnya, bukan lembaga wisata resmi. Saya juga pernah baca pada majalah wisata lain yang juga memasukkan Tana Toraja sebagai Top 10 Destinasi tapi lebih ke budaya. Ini lebih ke preferensi penulisnya

  3. mas toto yg ganteng pa kbr, saya kemaren dari tanjung bira makassar, kynya ga kalah sm bunaken loh….next trip to raja ampat papua…doain kesampean yah

    1. Bryan, sepertinya dah kerasan di Makassar ya.
      Jangan lupa foto-fotonya diupdate di FB, saya juga belum pernah ke raja ampat. Semoga kesampaian.
      Next trip saya bisa cek di About Me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s