Memangkas waktu antri check-in penerbangan dengan Online Check-In

Pernah bete saat antri check-in penerbangan? Antrian mengular, sementara penumpang di depan Anda rombongan dengan koper se-RT, sedangkan Anda sebenarnya check-in tanpa bagasi. Antrian panjang itupun terkesan semrawut karena ntrian yang tidak rapi. Apalagi ditambah dengan lalu lalang porter bandara. Nah jika pernah mengalami suasan seperti itu dipastikan antri check-in menjadi bagian yang tidak menyenangkan. Sebenarnya beberapa airline telah memberikan fasilitas check-in ini. City check-in sudah dikenalkan beberapa tahun lalu meskipun tidak bisa melayani pengurusan bagasi. Air Asia menempatkan check-in kiosk di bandara yang memudahkan penumpang tanpa bagasi. Penumpang tinggal memindai kode batang (barcode) di tiketnya dan mencetak pas naik (borading pass) sendiri. Jika fasilitas tambahan itu belum juga memuaskan Anda, kenapa tidak mencoba Online Check-In?

Seperti namanya, ini adalah fasilitas check-in melalui situs airlinenya. Adalah Air Asia yang membuat terobosan online check-in ini dengan nama Web Check-In. Penumpang dapat melakukan check-in online dalam rentang 24 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan. Penumpang tanpa bagasi dimudahkan oleh fasilitas ini, pass naik juga langsung bisa dicetak. Namun jika terbang dengan bagasi sekalipun, Anda juga tetap mendapatkan kemudahan karena kendati harus tetap ngurus bagasi di bandara Anda tidak perlu harus antri dalam jalur check-in reguler.

Cara Web Check-In sangat sederhana. Dari menu Web Check-In (terdapat di menu hal awal), Anda tinggal memasukkan kota keberangkatan, kota tujuan, dan kode pemesanan (booking code). Langkah selanjutnya adalah memilih penumpang yang akan check-in sesuai yang tertera dalam kode pemesanan. Anda masih diberi kesempatan untukĀ beli layanan tambahan seperti SuperSize Baggage atau memilih kursi (Pick a seat). Jika ada pembelian tambahan pembayaran seperti biasa dengan kartu kredit. Langkah terakhir adalah mencetak pas naik.

Ternyata, tidak semua penumpang dapat check-in secara online ini. Inilah beberapa kelompok penumpang yang tidak bisa memanfaatkan Web Check-In ini.

  • Wanita hamil
  • Penumpang yang terbang bersama bayi
  • Penumpang dengan keterbatasan gerak atau memerlukan bantuan khusus
  • Penumpang di bawah 16 tahun yang terbang sendiri
  • Penumpang tujuan Australia karena diharuskan Pre Immigration Clearance
  • Kode booking yang terdiri lebih dari 9 penumpang
  • Penumpang dengan tiket yang dibeli online sesudah 48 jam dari waktu keberangkatan

Nah fasilitas online check-in ini tentu saja akan menghindarkan Anda dari antrian panjang. Fasilitas ini akan optimal bagi penumpang tanpa bagasi.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s