Menjadikan Jakarta sebagai tujuan turis? Bisakah?

Beberapa waktu lalu seorang rekan yang akan mengunjungi Jakarta untuk pertama kalinya menanyai saya tentang tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi selama berlibur Jakarta. Bingung juga karena tidak seperti Bangkok, Kuala Lumpur, London, Beijing paket-paket wisata kota begitu mudahnya didapat baik di Tourist Info maupun hotel-hotel. Nah, tanpa berfikir panjang saya sebutkan Monas, Taman Mini, Ancol, kota lama, pecinan, Ragunan, Kemang, dan beberapa tempat-tempat belanja. Setelah cari-cari info di internet ternyata banyak juga tempat-tempat menarik yang layak dikunjungi selama di Jakarta, campuran wisata sejarah, budaya, religi, gaya hidup, alam dan inilah beberapa diantaranya (foto diambil dari wikipedia).

Informasi tempat-tempat berikut diperoleh dari berbagai sumber yang kebanyakan dari wikitravel. Tempat-tempat unik dan menarik lainnya akan menyusul.

  • Taman Impian Ancol (TIJA): terdiri dari Dunia Fantasi, Seaworld (untuk akuarium terbesar di Asia Tenggara), Gelanggang Samudra (Ocean Park), resor, hotel, pantai, marina, dan restoran besar. Andol salah satu taman terbesar di Asia.
  • Taman Mini Indonesia Indah : Sama seperti namanya yang berarti Beautiful Indonesia in Little Park, kita bisa melihat seluruh budaya Indonesia dari sini. TMII menawarkan wisata menarik dari 33 propinsi di Indonesia dengan negara sampling lebih dari 250 budaya. Terkenal dengan teater IMAX Keong Emas.
  • Gedung Kesenian Jakarta (Jakarta Arts Theater) : Bangunan neo-renaissance ini sekarang menjadi salah satu tengara (landmark) kebanggaan Jakarta. Beberapa performa terbaik oleh seniman lokal dan asing sering digelar di sini.
  • Museum Nasional : Museum koleksi prasejarah, etnografi dan arkeologi artefak, termasuk salah satu koleksi terbesar keramik di Asia Tenggara dan juga terdapat koleksi Jawa Hindu. Museum ini dibuka pada 1868.
  • Pasar Baru : Meskipun nama berarti Pasar Baru, itu tidak berarti tempat yang baru sama sekali. Mengunjungi Pasar Baru seakan kembali ke suasana zaman kolonial Belanda. Anda dapat menawar untuk menemukan unbranded item dengan kualitas baik dan harga murah.
  • Monas (National Monument) : Landmark (tengara) Jakarta yang paling terkenal, setinggi 137 meter terletak di tengah kawasan taman Medan Merdeka . Dari pengamatan dek, Anda dapat melihat kota. Di ruang bawah tanah terdapat diorama yang menggambarkan kisah dramatis sejarah Indonesia.
  • Presidential Palace . Terletak di sebelah utara Monumen Nasional, tempat kediaman resmi dan kantor Presiden Indonesia yang terbuka untuk umum pada akhir pekan gratis
  • Textile Museum : rumah museum koleksi besar tekstil yang berkaitan dengan agama dan praktek-praktek sosial dari pulau-pulau utama di kepulauan ini, termasuk batik, tenun ikat dan kain ulos.
  • Gedung Proklamasi(Proclamation Building) : Situs Sejarah kemerdekaan Indonesia, di mana pada 17 Agustus 1945 Soekarno-Hatta (presiden pertama Indonesia dan wakil presiden) menyatakan kemerdekaan bangsa.
  • Lubang Buaya : situs bersejarah lain, meski lebih gelap satu dalam sejarah Indonesia. Ini menandai situs mana yang gagal kudeta oleh Partai komunis Indonesia (Partai Komunis Indonesia) bertemu ujungnya, di samping mayat-mayat dari beberapa jenderal berpangkat tinggi yang disiksa sampai mati karena tidak bekerja sama kaum revolusioner.
  • Museum Wayang (Puppet Museum) : Museum ini didedikasikan untuk boneka, salah satu yang paling terkenal di Indonesia bentuk seni tradisional. Pada layar adalah wayang kulit wayang, kayu tiga dimensi wayang dan tari topeng khusus. Pertunjukan wayang yang disajikan pada hari Minggu pukul 10 pagi.
  • Jalan Surabaya (Surabaya Street) : Untuk pengalaman berbelanja yang unik, kunjungi hidup ini udara terbuka pasar antik di pinggiran Menteng Raya lingkungan perumahan. Tempat yang baik untuk menawar treaures eksotis.
  • Sunda Kelapa Port / Old Harbour : daerah pelabuhan tua Sunda Kelapa tetap ramai hari ini sebagai hub untuk perdagangan antar pulau. Anggun Bugis Phinisi schooners, di dunia bertenaga angin terakhir berlayar armada digunakan untuk perdagangan, masih berlabuh di dermaga ketika mereka miliki untuk abad.
  • Ragunan Zoo/Kebun Binatang Ragunan: Terletak di selatan Jakarta dekat Pasar Minggu, ini 185-hektar kebun binatang kota berisi koleksi lengkap dari beberapa spesies dari 3.600 satwa liar dari seluruh Indonesua. Look for the rare Komodo dragon. Cari langka Komodo. Binatang hidup di habitat alam. Pusat Primata Schmutzer terdiri dari gorila dan berbagai primata fauna.
  • Istiqlal Mosque : masjid terbesar di Asia Tenggara
  • Gereja Katedral : terletak di depannya Masjid Istiqlal
  • Kepulauan Seribu (Thousand Islands) : Terletak di utara Jakarta di Laut Jawa, Kepulauan Seribu menakjubkan ini, mudah dicapai dengan speed boat dari marina Ancol. Semprotan ini sekitar 300 ratus berpasir, pulau indah menyegarkan respitee menawarkan bagi mereka yang ingin melarikan diri dari kota yang ramai.
  • Museum Adam Malik : Sebuah museum kecil yang didedikasikan untuk Pak Adam Malik, salah seorang tokoh terkenal, yang mewakili Indonesia di Perserikatan Bangsa-Bangsa, di antara banyak prestasi yang lain sebagai menteri luar negeri Indonesia saat itu.
  • Jembatan Kota Intan (Kota Intan drawbridge) : Jembatan ini dikembangkan bersamaan dengan pengembangan Batavia oleh Jan Pieterzoon Coen pada tahun 1628, dan satu-satunya yang terletak banyak jembatan gantung pernah menghias kota Batavia.
  • Bird Market : Terletak di Jalan Barito di Jakarta Selatan dan Jalan Pramuka di Jakarta Pusat, di sini anda bisa menemukan berbagai warna-warni burung-burung tropis dijual.
  • Fish Market and Museum Bahari (Maritime Museum) : Terletak di muara sungai Ciliwung, wilayah pasar ini sibuk dengan kegiatan yang berkaitan dengan laut. Museum Bahari yang terletak di pelabuhan, yang bertempat di gudang Belanda dikembalikan dating kembali ke pos perdagangan pertama dari Hindia Belanda.
  • Museum Bank Mandiri :  Terletak di daerah Kota Lama di seberang Terminus Utara Koridor 1 dari Busway dan Stasiun Kota, melihat sejarah perbankan di era kolonial Belanda. Bagian mencakup sejarah tentang bagaimana Belanda dipisahkan layanan yang ditawarkan kepada para bankir menurut ras, sejarah penciptaan Bank Mandiri dan memorabilia itu, Gubernur Bank Era Kolonial dan Rupiah catatan bank melalui waktu.
  • Pasar Tanah Abang. Pusat perdagangan tekstil dan pakaian terbesar di Indonesia. Terkenal bagi pedagang-pedagang dari luar negeri khususnya dari Afrika.
  • Plaza Indonesia & Grand Indonesia. Terletak di jantung Jakarta sangat dekat dengan Bundaran HI, juga dekat dengan Pasar Tanah Abang. Hotel bersejarah, Hotel Indonesia, berada di antara 2 pusat belanja mewah ini.
  • Kawasan Blok M. Berada di Jakarta Selatan, yang juga disebut sebagai Litte Tokyo karena keberadaan restoran Jepang dan pusat hiburannya.

Ternyata banyak juga tempat-tempat yang bisa dikunjungi turis selama di Jakarta. Hanya saja selama ini pelaku wisata Jakarta belum cukup serius menggarap potensi ini. Infrastruktur kota tertinggal dari teman-teman ibukota negara lainnya. Transportasi umum menjadi kendala utama mengingat Jakarta sangat luas. Kemacetan yang sudah menjadi menu harian akan berpengaruh terhadap penentuan jadwal wisata kota. Jakarta sangat siap untuk wisata MICE, tapi untuk wisata lainnya masih harus kerja keras. Ayo Jakarta, pasti bisa.

One thought on “Menjadikan Jakarta sebagai tujuan turis? Bisakah?”

  1. Betul kalah sama tetangga.
    Di Changi Singapore, begitu mudah mendapat brosur tujuan wisata lengkap dengan peta dan paket wisata.
    Di Bali, cukup, tapi kurang petanya deh..

    Selain masalah informasi, yang perlu dipikirkan adalah kemudahan turis menjangkau tujuan dari bandara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s