Akhirnya rute udara Bandung-Jogja kembali tersambung

Bandung dan Jogja adalah 2 kota besar yang ada di Jawa yang keduanya memiliki beberapa kesamaan. Sama-sama kota pelajar, juga menjadi tujuan wisata. Selama ini, kedua kota hanya tersambung dengan jalan darat yakni dengan kereta api, mobil  ataupun bus antar kota. Meskipun potensi penumpang antar kedua kota diyakini cukup tinggi, tapi tak cukup menarik minat maskapai menerbanginya. Dulu, Bouraq Airline pernah menyambungkan Bandung Jogja, begitu juga Merpati Airlines yang sekarang sama-sama tidak lagi melayani lagi rute ini. Kini setelah rute udara Bandung-Jogja cukup lama vakum, kabar bagus akhirnya datang juga pada awal Februari lalu. Adalah Wings Air yang akhirnya menyambung kembali rute Bandung-Jogja sekali sehari. Rute inipun dilanjutkan dari Jogja ke Surabaya.

19 Februari 2010 menjadi penerbangan perdana rute Bandung Jogja. Pesawat turbo propeler ATR 72-500 baru berkapasitas 70 penumpang digunakan untuk rute ini. Penerbangan dari Bandung berkode JT1812 berangkat pukul 13.30 dan tiba di Jogja pukul 14.30. Berhenti sejenak di Jogja, pesawat melanjutkan penerbangan ke Surabaya. Penerbangan sebaliknya (JT1811) berangkat dari Surabaya pukul 10.40, tiba di Adi Sucipto pukul 11.40. Setelah berhenti 25 menit pesawat yang sama melanjutkan terbang kembali ke Husein Sastranegara dan tiba pukul 13.05.

Pembukaan rute Bandung-Jogja-Surabaya ini memberi alternatif bagi turis untuk melanjutkan liburannya ke Jogja dari Bandung. Kalau sebelumnya dari Bandung turis melanjutkan perjalanan ke Jogja dengan kereta selama 8 jam kini Jogja dapat dicapai hanya 1 jam saja. Paket wisata Jawa Bali dapat lebih mudah dikemas sebab sudah ada penerbangan lanjutan dari Jogja, baik ke Surabaya, Bali, Lombok, Banjarmasin, Balikpapan, dan Makkasar.

Rute Bandung-Jogja juga dapat dijadikan koneksitas penerbangan Air Asia. Turis dari Kuala Lumpur dapat merencanakan liburan KL-Bandung-Jogja-KL. KL-Bandung sudah dilayani oleh Air Asia, begitu juga Jogja-KL. Sedangkan sektor Bandung Jogja dapat menggunakan rute Wings Air ini. Cara yang sama juga dapat dilakukan dari Singapore karena Airsia juga menerbangi Singapore Bandung dan Singapore-Jogja.

Pembukaan rute Wings Air ini juga menambah aktifitas bandara Husein Sastranegara. Rencana penebalan landasan pacu Bandara Husein yang akan dilakukan pada Maret 2010 memungkinkan pesawat seperti Airbus 320 bisa mendarat di bandara itu. Selama ini rute penerbangan dari Bandung hanya bisa dilayani oleh Boeing 737-300.

Pada hari yang sama pembukaan rute Bandung-Jogja (PP), Wings Air sekaligus mebuka rute baru di Jawa dengan pesawat yang sama. Rute baru itu adalah :

  • Surabaya-Semarang-Surabaya
  • Surabaya-Jogja-Surabaya
  • Surabaya-Bandung-Surabaya (via Jogja)
  • Surabaya-Denpasar-Surabaya
  • Semarang-Denpasar-Semarang (via Surabaya)

Akhirnya berharap rute baru Wings Air Bandung-Jogja-Surabaya ini banyak peminat sehingga tidak bernasib seperti pendahulunya.

Bandung kini dapat dijangkau via udara dari :

  • Kuala Lumpur (Air Asia, Malaysia Air)
  • Singapore (Air Asia, Batavia Air)
  • Johor Bahru (Firefly)
  • Medan (Air Asia)
  • Bali (Air Asia dan Merpati via SUB)
  • Batam (Merpati)
  • Surabaya (Merpati, Wings Air dan Sriwijaya Air)
  • Lampung (Merpati, Sky Aviation)
  • Solo (SKY Aviation)

2 thoughts on “Akhirnya rute udara Bandung-Jogja kembali tersambung”

  1. Semoga penebalan landasan tidak molor lagi dan service taxi lebih baik.
    Semoga juga ada layanan Bis Damri dari Husein ke Stasiun Hall.

    1. Overlay sih sepertinya memang akan segera dilaksanakan. Untuk taxi kabarnya akan ada peremajaan armada, tapi bus bandara masih jauh kayaknya. Belum denger ada rencana itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s