Everlasting Beauty untuk 200 tahun kota Bandung

Tahun 2010 ini Bandung memasuki usia 200 tahun. Tidak seperti biasanya, ulang tahun kota Bandung kali lebih istimewa dibanding tahun-tahun sebelumnya. Keistimewaan itu terlihat dengan upaya penciptaan logo khusus ulang tahun seperti gambar di samping. Logo terpilih dari sayembara dan publik diberi kesempatan untuk menentukannya melalui pesan singkat. Logo karya Achmad Sutarjono akhirnya menjadi pemenang sekaligus mengusung tagline ‘Everlasting Beauty’. Logo mewakili Bandung sebagai julukan kota kembang disamping mengesankan fresh & chic dengan penggunaan warna-warna terang, setidaknya menurut saya.

Kota-kota besar besar lainnya biasanya memanfaatkan ulang-tahunnya sekaligus untuk promosi wisatanya. Jakarta Great Sales, Surabaya Shoping Festival, digelar berbarengan dengan ulang tahun kedua kota itu. Faktanya kedua kota besar itu cukup sukses mengemas acara obral tahunan itu dan menjadikan sarana promosi wisata. Bagaimana dengan Bandung?

Sebenarnya ajang obral tahunan juga digelar di Bandung, hanya gaungnya tidak sebesar kedua kota itu. Bandung memiliki modal cukup jika serius menggelarnya. Pusat belanja khususnya fashion telah membuat kota ini diminati pelancong baik domestik maupun asing. Namun untuk menggelar obral ulang tahun kota diperlukan perencanaan dan kerjasama berbagai pelaku bisnis wisata. Ada baiknya belajar dari Jakarta atau Surabaya.

  • Kalender obral tahunan sudah direncanakan jauh-jauh hari dan waktunyapun sudah ditetapkan. Surabaya memilih sepanjang Mei sedangkan Jakarta jatuh setiap bulan Juni. Bandung dapat mengisi kalender obral ini karena ulang-tahunnya tidak berbarengan dengan kedua kota itu. Kepastian bulan penyelanggaan ini memudahkan untuk promosi bagi pihak-pihak terkait.
  • Kerjasama semua pelaku bisnis. Even Surabaya Shoping Festival terakhir didukung penuh oleh hampir semua pusat belanja besar di Surabaya. Mereka menggelar diskon besar-besaran dan belanja hingga larut malam. Obral tahunan ini bukan hanya untuk menjaring turis tetapi sudah dinantikan warga kota dan pelancong lokal.
  • Diskon kamar hotel. Ajang obral tahunan ini sebaiknya didukung pula oleh hotel yang memang bagian penting dari wisata. Gabungan obral dan diskon hotel membuat wisatawan makin tertarik untuk mengunjungi Bandung.
  • Gandeng Airline. Panitia Surabaya Shopping Festival bahkan mampu membuat promo bersama dengan beberapa airline asing yang menerbangi Surabaya. Bandung dapat menggandeng AirAsia untuk promo bersama ini karena hanya Air Asia yang memiliki penerbangan international dari dan ke Bandung.
  • Paket gabungan. Daya tarik obral belanja sebaiknya digabungkan dengan paket tour reguler. Paket ke Tangkuban Perahu, kebun teh/strawberry, Saung Angklung mang Udjo dapat saja disisipkan diantara paket belanja.

Masih ada waktu untuk menyiapkan ulang tahun Bandung tahun ke 200 yang jatuh 25 September 2010. Akankah kita dapati Bandung Great Sales dan menarik minat turis? Kita tunggu saja 6 bulan lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s