Memesan hotel online. Agoda.com, Booking.com atau Asiarooms.com?

Kini memesan kamar hotel bisa melalui banyak cara. Internet telah mengubah bagaimana memesan kamar hotel dibandingkan cara-cara konvensional. Dulu kita mesti datang langsung, telepon ke hotel satu persatu atau membeli voucher via travel agent. Dan cara lama itu memerlukan waktu relatif lama diantara ketidak-pastian mendapatkan kamarnya. Biasanya kita enggan untuk terlalu banyak bertanya tentang kamar yang kita inginkan, nego rate, fasilitas yang tersedia, apalagi lokasi hotel berada serta bagaimana menjangkaunya.

Pesan kamar melalui internet memangkas waktu pemesanan. Kepastian mendapatkan kamar didapat saat itu juga. Kitapun mendapatkan informasi hotel lebih banyak berikut gambar dan lokasi hotel. Travel online ini juga melengkapinya dengan peta yang biasanya diambil dari Google Map. Review dari tamu sebelumnya juga memudahkan kita untuk mendapatkan gambaran hotel sesungguhnya. Cara pembayarannya juga lebih sederhana dan cepat, cukup dengan kartu kredit Anda. Voucher dikirimkan melalui email dan Anda tinggal mencetak dan membawanya saat check-in. Andapaun juga tidak perlu menunggu lama saat check-in karena pihak hotel juga mendapatkan konfirmasi seketika dari travel online ini.

Banyak travel online yang menjual kamar hotel dengan pilihan hotel yang sangat beragam baik travel lokal maupun international. 3 diantaranya yang biasa saya gunakan adalah Agoda.com, Booking.com dan Asiarooms.com. Meskipun ketiganya sama-sama menjual kamar hotel, namun harga dan cara pembayarannya bisa berbeda. Syarat dan kondisi transaksi juga relatif sama. Secara umum ketiganya memiliki fasilitas yang hampir sama tetap saja ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan, dan berikut diantaranya.

Daftar berikut mungkin dapat membantu Anda untuk memilih travel online yang cocok buat Anda. Saya menggabungkan ketiganya untuk mendapatkan harga dan fasilitas terbaik. Ada kalanya saya memesan via Agoda tapi suatu saat saya menggunakan Booking.com dan Asiarooms.com.

Perlu dicatat bahwa tidak selalu sebuah travel online menawarkan rate paling murah sepanjang waktu. Rate yang ditawarkan bisa berbeda untuk hotel dan masa tinggal yang sama, ini dikarenakan varian karena lama pemesanan, promo2 atau last minute deals. Dengan last minute deal ini terkadang Anda malah mendapatkan rate terbaik. Cara yang mudah adalah dengan membandingkan ketiganya pada saat yang sama. Kalau lama tinggal Anda masih mungkin berubah sebaiknya gunakan Booking.com atau Asiarooms.com. Hampir semua situs ini melengkapi dengan security standard terbaru, jadi tidak terlalu kuatir tentang keamanan transaksi Anda. Happy holiday.

| Beberapa komentar telah disarikan. Klik artikel  Tips Memesan kamar hotel via travel online | 

I Silakan baca komentar2 sebelumnya, mungkin komentar/pertanyaan sudah ada sebelumnya I

325 thoughts on “Memesan hotel online. Agoda.com, Booking.com atau Asiarooms.com?”

  1. pak toto..saya mau tanya dong..
    saya biasa pesa hotel lewat agoda..dan baru saja saya memesan lewat booking.com karena harganya lebih murah daripada agoda..saya sudah pesan..dan sudah menyiapkan kartu kredit saya..
    namun setelah sampai pada tahap akhir..tidak diminta juga keterangan kartu kreditnya..

    lalu saya terima emaik konfirmasi seperti ini
    “Kamar Queen dengan Pemandangan Taman MYR 128
    Harga total MYR 128

    Anda akan bayar saat menginap di Singgah de Jonker
    Harap dicatat: total biaya ini belum termasuk biaya tambahan (mis. tempat tidur ekstra).
    “Harga total” yang ditampilkan di atas adalah jumlah yang akan Anda bayarkan kepada akomodasi. Kami tidak mengenakan biaya pemesanan atau biaya lainnya”

    itu berarti pesanan saya sudah diterima oleh pihak hotel atau belum ya pak?
    saya bingung saja..mengapa tidak diminta pembayaran sama sekali..bahkan disuruh bayar di tempat..diminta data cc nya saja tidak..logikanya nanti kalau saya tidak jadi kesana dan tidak memberitahu pihak hotel..bagaimana..pihak hotel tidak bisa meminta uang dr saya dong..saya bingung jadinya..hehe..

    mohon penjelasannya ya pak..terima kasih..

    1. Hi Anna,
      Beberapa hotel di booking.com memang tidak mengharuskan jaminan kartu kredit. Selagi konfirmasi dari booking sudah diterima berarti pemesanan sudah berhasil.
      Nah…jika masih penasaran coba minta konfirmasi via email ke hotel-nya langsung sehari setelah booking.

  2. Pak Toto,
    Mau tanya nih…
    Saya sudah booking hotel via CC dan sudah berhasil dgn adanya email dari pihak agodanya.
    Namun 2 hari kemudaian saya dapat tlp dari pihak hotel utk mentransfer 50% DP dahulu dgn alasan sbg kepastian krn byk yg booking pada tanggal tsb.
    Akhirnya saya transfer DPnya dan sisa 50% akan saya bayar di hotel nanti pda hari H.
    Apakah setelah saya lunasi tagihan hotelnya apakah tagihan di CC bulan depan sudah otomatis tidak ada?
    Mohon penjelasan bapak.
    Terima kasih sebelumnya.

  3. Pak toto Mau nanya donk
    Saya melakukan reservasi melakukan booking.com pesan 3kamar namun trnyata pas Mau membayar biasanya melebihi limit kartu kredit saya padahal kan besok waktu saya membayar apakah nanti pas pembiayaan saya bisa menggunkan dua kartu kredit?mohon pencerahannya pak

    1. biasanya kalo saya pakai Booking.com, kan udah dapet email dari booking.com, nah disitu ada kontak langsung ke Hotel yg bersangkutan, kontak saja langsung untuk konfirmasi bookingnya.
      saya malah nggak pernah bayar pakai CC (Credit Card) jika melalui Booking.com, tapi pembayaran langsung di hotel yg bersangkutan. yg penting kita udah konfirmasi dulu ke hotelnya.

  4. Hallo mau nanya klo kita cancel hostel d booking.com dan kena charge .. kapan ya charge nya itu kena d kartu kredit nya ? Kmarin saya pakai kartu kredit teman jd mau tau kapan dan berapa kena charge nya gmn ..makasih

    1. Renita,
      Biasanya 1 atau 2 minggu masuk menjadi transaksi pemegang kartu. Ketahuan setelah tagihan dicetak, bisa sebulan

  5. Pak, saya pernah booking 2 hotel di booking.com, lalu saya langsung cancel salah satu dari hotel tersebut karena pihak hotel tidak menghubungi saya, saya pikir jika saya cancel tidak akan kena charge. Tapi ternyata saya kena charge 100%. Tapi bagaimana cara saya bayar jika saya tidak tau kemana harus bayar dan saya tidak diminta memasukan data cc. Apa yang harus saya lakukan?

      1. Biasany pihak booking.com meninta kita membayar lewat cc atau langsung pak? Soalny masalah ny sama :) . Mksh ats jwbnny

      2. Mksudny tu gini pak toto, sy sdh booking pnginapan, tp saya cancle. Karna tdk bisa di mundurin harinya, trnyta saya sdh kna carge, kan pihak booking.com tdk meminta data pribadi kita, misal no ktp/ alamat, jd tagihan td akan dkirim kemanaaa? Apa pnginapan yg sdh di cancle bisa di balikin lg? Thx :)

  6. hati2 jangan pernah pake hotels.com lebih baik dengan agoda dan booking.com hari ini saya c/i di grand saphir yogyakarta pada saat booking ada include breakfast dan dengan potongan extra dan waktu C/I wowowowo room saya hilang breakfastnya.. saran saya hindari hotel.com yang ada malah kecewa meninggalkan agoda.

    Aditya Nugraha

  7. Pak sy mau tnya. Brusan sy booking hotel d booking.com. Sdh dikirim via email kode bookingnya. Tapi trnyata sy ga jadi nginap krn perubahan tanggal acara kantor. Jdi sy trpaksa hrs meng-cancel-nya. Cancelnya H-3. Yg ingin sy tnyakan, apa sy sdh dikenakan cancel fee? mengingat cc sy udah over limit. (kbetulan seblmnya cc sy ditolak wktu pke belanja). Trima ksh atas jawabannya pak.

    1. Marfil, selagi masih dalam batas waktu pembatalan tidak akan dikenakan charge. Hanya saja, saat booking mereka akan reserve sejumlah dana biasanya semalam, dan ini mengurangi limit kartu kredit. Masalahnya adalah saat pembatalan dana yg sudah direserve tadi tidak langsung dikembalikan, perlu beberapa hari agar limit dikembalikan

  8. Selamat malam pak Toto. Saya mau tanya. Sebelumnya saya booking lewat booking.com namun dengan ketentuan pemesanan kamar yg nonrefundable. Padahal saldo limit CC saya sdh overlimit. Alias tidak cukup untuk membayar sejumlah biaya kamar tsb. Yg ingin saya tanyakan apabila dengan kondisi seperti itu dan saya ingin membatalkan bookingan saya apakah suatu hari CC saya dikenakan charge senilai harga pemesanan kamar tsb ? Terima kasih

  9. Pak sy mau tanya mana lebih bagus antara agoda dengan pegipegi.com? Sy rencananya mau psang afiliasi agent online… mhon penjelasannya.. tks

    1. Hi Indra,
      Kalo dilihat jumlah hotel tentu saja Agoda lebih banyak, dan di seluruh dunia. Tapi tentu saja tergantung dengan deal bisnisnya, dan juga market yang Anda bidik.

  10. Yth. Pak Toto,

    Saya mau bertanya soal bukti pembayaran hotel via Agoda.com. Kemarin baru saja saya mencoba memesan kamar hotel via Agoda.com (untuk urusan kantor). Namun setelah selesai menginap saya tidak mendapatkan kuitansi pembayaran dari pihak hotel. Pihak hotel berkata tidak dapat memberikan kuitansi pembayaran biaya penginapan karena saya memesan kamar via agoda.com (tidak memesan/membayar langsung ke pihak hotel). Apakah ini wajar? Padahal saya membutuhkan bukti pembayaran yang “umum” (kuitansi) tersebut untuk dapat melakukan proses reimburse biaya penginapan ke perusahaan. Saya khawatir bukti konfirmasi pembayaran yang dikirimkan agoda.com via email tidak kuat untuk dijadikan sebagai dasar bukti pembayaran bagi perusahaan. Apakah pihak hotel memang tidak dapat memberikan bukti pembayaran berupa kuitansi karena saya melakukan pembayaran via agoda.com? Lalu bagaimana solusinya ya Pak Toto? Saya sudah menanyakan dua kali ke pihak hotel tapi jawabannya tetap sama. Terima kasih.

    1. Halo Pak Made
      Jika pesen kamar melalui Agoda maka pembayaran dilakukan kepada Agoda, untuk kemudian Agoda membayarkan ke pihak hotel. Dan karena hotel tidak menerima langsung pembayaran dari konsumen Agoda maka pihak hotel tidak akan menerbitkan kwitansi (apalagi bermetrai). Namun biasanya hotel masih mau memberikan bill statement yang ini bias digunakan untuk reimburse.
      Alternatif lain adalah menggunakan voucher untuk reimburse, tapi tentu saja tergantung dengan kebijakan masing-masing instansi. Lampirkan juga lembar tagihan kartu kredit (tentu saja hapus tagihan yg tidak relevan). Saya kira ini cukup dan kantor2 di Jakarta biasan dengan cara seperti ini.

  11. Malam pak toto, saya mau tanya.. Saaya mau booking hotel lewata booking.com untuk hari minggu, sebelumnya saya belum pernah booking hotel lewat internet, yang mau saya tanyakan, apakah nanti setiba di hotel, harganya berbeda dengan harga yang ditawarkan? Bagaimana prosedurnya pak?? Makasih

    1. Dita,
      Harga yang dibayar di hotel akan sama jika untuk hotel di Indonesia, atau mata uang waktu booking sama dengan mata uang local. Contoh booking dgn IDR untuk hotel di Indonesia. Jika beda mata uang, kemungkinan beda dengan waktu booking hanya karena pergerakan kurs saja, dan ini tdk banyak. Prosedurenya saat checin tinggal tunjukkan email konfirmasi, setelah itu tergantung kebijakan hotel atau proses check-in standard

  12. Pak Toto,

    Mohon info nya.. Saya kemarin ada booking hotel di SIngapore via Booking.com. Saya memilih opsi yang free cancellation..
    Di email konfirmasi, tertera harga 500 SGD (2nights) exclude tax dan free cancellation sampai 3 hari sebelum tgl check in..
    Pertanyaan saya, kapan 500sgd itu akan di charge ke credit card sy? Dan apakah ada yang harus sy bayar ketika check in di hotel?

    Thanks in advance..

    1. Hi Nat, kalau free cancellation biasanya Pay Later, jadi bayarnya saat check-out. Namun hotel biasanya booking.com sudah mereserve senilai di kartu kredit. Ada yang langsung disttle, ada pula yang menggesek baru dan tdk men-settle reserve-nya

  13. Pak Toto saya mao tanya, jika saya memesan kamar hotel untuk 3 bulan mendatang lewat agoda kan pay now dengan cc. Jadi pada saat tgl saya akan menginap, saya tinggal check in saja tanpa dikenakan biaya kenaikan harga kamar dll ya?
    Soalnya saya belum pernah memesan hotel online. Trims pak :)

    1. Hi Vella, saat check-in tinggal bawa voucher yg dikirim via email. Harga kamar sudah terbayar, biasanya pihak hotel akan minta deposit untuk biaya tambahan seperti untuk laundry, telp, pesan makanan.

  14. Pak Toto, saya mau bertanya untuk pembayaran hotel yang direservasi dengan booking.com apakah bisa dengan cash atau harus dengan CC yang didaftarkan sebelumnya? Karena kebetulan saya pinjam CC milik saudara saya dan dia tidak ikut menginap. Thanks.

  15. permisi pak toto, sy sudah melakukan booking di booking.com dan tidak ada permintaan CC, yg sy tau pembayaran dilakukan pas tiba di hotel. yg ingin sy tanyakan :
    1. amankah transaksi seperti ini, mengingat sy tidak mencantumkan CC sebagai jaminan? karena saya pernah membaca review di booking.com ada salah satu pemakai layanan booking.com dan pada saat tiba dihotel malah dimintai pembayaran jauh melebihi yg tertera pada saat pembookingan.

    2. saya tiba di kota tempat hotel yg sdh sy booking itu malam pak toto, sktar jam 20.00, apakah ttp bookingan sy msih berlaku? mengingat waktu check in jam 12.00. takutnya pas nyampe sana bookingan sy ga bisa diproses karna terlalu telat.

    makasih sebelumnya pak toto, mohon dibalas pertanyaan sy.

    1. Dewi,
      Pada beberapa hotel, booking.com tidak mensyaratkan CC. Untuk jafa-jaga coba minta konfirmasi ke pihak hotel, apakah reservasi sudah dicatat, juga untuk infokan jam check-in. Untuk perubahan harga, sejauh pengalaman saya harga tidak akan banyak berubah antara harga saat pesan dan bayar (biasanya hanya karena selisih kurs).

  16. pak toto, saya mau tanya. kalo booking di booking.com misal saya booking th 2013 utk pemesanan th 2014 apakah nanti harganya berubah saat kita bayar (harga sesuai dg harga di 2014) atau tetap sama spt saat kita booking (mengikuti harga di 2013). terima kasih

  17. pak toto saya mau tanya kalo saya pesan di agoda secara pay later dan saya mau mengubah secara pay now bagaimana ya caranya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s