Memesan hotel online. Agoda.com, Booking.com atau Asiarooms.com?

Kini memesan kamar hotel bisa melalui banyak cara. Internet telah mengubah bagaimana memesan kamar hotel dibandingkan cara-cara konvensional. Dulu kita mesti datang langsung, telepon ke hotel satu persatu atau membeli voucher via travel agent. Dan cara lama itu memerlukan waktu relatif lama diantara ketidak-pastian mendapatkan kamarnya. Biasanya kita enggan untuk terlalu banyak bertanya tentang kamar yang kita inginkan, nego rate, fasilitas yang tersedia, apalagi lokasi hotel berada serta bagaimana menjangkaunya.

Pesan kamar melalui internet memangkas waktu pemesanan. Kepastian mendapatkan kamar didapat saat itu juga. Kitapun mendapatkan informasi hotel lebih banyak berikut gambar dan lokasi hotel. Travel online ini juga melengkapinya dengan peta yang biasanya diambil dari Google Map. Review dari tamu sebelumnya juga memudahkan kita untuk mendapatkan gambaran hotel sesungguhnya. Cara pembayarannya juga lebih sederhana dan cepat, cukup dengan kartu kredit Anda. Voucher dikirimkan melalui email dan Anda tinggal mencetak dan membawanya saat check-in. Andapaun juga tidak perlu menunggu lama saat check-in karena pihak hotel juga mendapatkan konfirmasi seketika dari travel online ini.

Banyak travel online yang menjual kamar hotel dengan pilihan hotel yang sangat beragam baik travel lokal maupun international. 3 diantaranya yang biasa saya gunakan adalah Agoda.com, Booking.com dan Asiarooms.com. Meskipun ketiganya sama-sama menjual kamar hotel, namun harga dan cara pembayarannya bisa berbeda. Syarat dan kondisi transaksi juga relatif sama. Secara umum ketiganya memiliki fasilitas yang hampir sama tetap saja ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan, dan berikut diantaranya.

Daftar berikut mungkin dapat membantu Anda untuk memilih travel online yang cocok buat Anda. Saya menggabungkan ketiganya untuk mendapatkan harga dan fasilitas terbaik. Ada kalanya saya memesan via Agoda tapi suatu saat saya menggunakan Booking.com dan Asiarooms.com.

Perlu dicatat bahwa tidak selalu sebuah travel online menawarkan rate paling murah sepanjang waktu. Rate yang ditawarkan bisa berbeda untuk hotel dan masa tinggal yang sama, ini dikarenakan varian karena lama pemesanan, promo2 atau last minute deals. Dengan last minute deal ini terkadang Anda malah mendapatkan rate terbaik. Cara yang mudah adalah dengan membandingkan ketiganya pada saat yang sama. Kalau lama tinggal Anda masih mungkin berubah sebaiknya gunakan Booking.com atau Asiarooms.com. Hampir semua situs ini melengkapi dengan security standard terbaru, jadi tidak terlalu kuatir tentang keamanan transaksi Anda. Happy holiday.

| Beberapa komentar telah disarikan. Klik artikel  Tips Memesan kamar hotel via travel online | 

I Silakan baca komentar2 sebelumnya, mungkin komentar/pertanyaan sudah ada sebelumnya I

333 thoughts on “Memesan hotel online. Agoda.com, Booking.com atau Asiarooms.com?”

  1. hi pak Toto,

    mau tanya jika nama voucher agoda berbeda dengan nama passport apakah ini akan menjadi kendala pada saat check in? sehubung saya menggunakan CC teman saya untuk booking kamar.

    1. Hai Nadia, biasanya hotel akan verifikasi nama voucher dan tamu. Padahal sebenarnya bisa menggunakan nama tamu meskipun pakai cc orang lain

  2. Malam pak Toto,saya mau transaksi via trivago kmd diarahkan pake booking.com.Saat booking saya diharuskan mengisi kolom cvc kartu kredit,amankah?maksud saya,mungkinkah data cvc bisa disalahgunakan?terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s