Genap setahun usia blog totosp.wordpress.com

17 Januari 2010 lalu, genap setahun usia blog ini. Blog tadinya dibuat tanpa sengaja, hanya mengisi waktu luang saat menginap di Sari Pan Pacific Hotel setahun lalu. Blog yang tadinya fokus pada Bali, Travelling, Holiday dan Investing akhirnya bergeser tema hanya untuk Travelling dan Holiday saja. Tanpa disengaja pemilihan tema blog ini karena blog pertama kali dibuat di hotel, yang tidak jauh-jauh dengan tema liburan dan perjalanan. Perubahan ini juga sesuai dengan keinginan sebagian besar pengunjung blog lewat polling beberapa bulan lalu.

Mengisi blog kini menjadi keasyikan tersendiri. Menjawab komentar pengunjung juga memberikan kepuasan tersendiri. Banyak kenalan dan relasi baru lewat blog ini. Juga menambah sedikit rejeki lewat salah satu tulisan. Setahun perjalanan memberikan pengalaman menarik dan menambah pengalaman setidaknya mengetahui yang diinginkan pengunjung. Banyak hal unik dan menarik sepanjang setahun ini. Apakah itu?

Jumlah pengunjung. Awalnya saya sudah cukup senang jika dalam setahun dikunjungi 12.000 hit, tetapi ternyata dalam setahun terakhir blog ini mencetak lebih 22.500 hits. Desember 2009 terkumpul 4.151 hits dan menjadi rekor terbanyak. Sedangkan kunjungan harian tertinggi adalah 258 hits yakni pada 13 Januari 2010.

Artikel terlaris. ‘Inilah penginapan murah di Kuta & Legian’ menjadi artikel paling banyak dikunjungi, yakni sebanyak 1.112 hits sejak kemunculannya, atau dengan kunjungan rata-rata 13 per hari. Disusul kemudian ‘Melancong ke Ho Chi Minh City ala backpackers’.

Tag terpopuler. Ho Chi Minh Vietnam menjadi tag terpopuler. Ada 5 artikel tentang HCMC yang merupakan catatan perjalanan November 2009. Tag populer lainnya adalah ‘budget hotel’ dan ‘Bali’.

Komentar terbanyak. Artikel dengan komentar terbanyak adalah ‘Bebas Fiskal luar negeri bagi pemegang NPWP’, disusul oleh ‘Melancong ke HCMC ala backpacker’.

Keyword terunik. Pengunjung blog ternyata kebanyakan masuk dari search engine semisal Google atau Yahoo. Dan inilah key word terunik ‘bagaimana cara menggaet bule di pantai Kuta’. Ehm…

Dikira travel. Banyak pengunjung yang memesan kamar hotel dan tiket pesawat dari blog ini. Dari awal blog memang tidak dikomersilkan, jadi hanya bisa bantu untuk bagaimana mendapatkan tiket atau kamar hotel.

Disamping banyak yang unik-unik, ada satu hal yang memprihatinkan, yakni penjiplakan. Tidak jarang artikel ini disalin oleh blogger lain. Beberapa diantaranya bahkan melakukan copy paste tanpa menyebutkan sumbernya.

Welcome 2nd year.

3 thoughts on “Genap setahun usia blog totosp.wordpress.com”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s