Menjajal Tube London, jaringan kereta terbaik di dunia

Disamping menikmati berbagai atraksi wisata di London, jangan lupa untuk menjajal layanan kereta bawah tanah. Kalau di berbagai negara sering disebut MRT di London mereka menyebutnya Tube atau Underground. Tidak ada informasi mengapa dinamakan demikian, tapi mungkin karena bentuk terowongannya yang meyerupai tabung. Jaringan kereta ini konon yang tertua, terumit tapi terbaik di dunia. Jaringan kereta yang telah berusia lebih seabad ini memang memiliki banyak jalur. Ada 11 jalur tersedia yang menghubungkan berbagai tempat di London ini. Sangat mudah untuk menggunakan layanan ini karena masing-masing jalur tersambung satu sama lain di beberapa Tube Station. Berbeda dengan MRT di beebagai negara jaringan kereta dan stasiunnya terbilang sangat klasik, seperti terlihat dari bangunan stasiunnya. Namun demikian tetap menggunakan teknologi mutakhir termasuk pada sistem ticketing dan pengaturan perjalanan. Tiket kereta ini juga terintegrasi dengan moda angkutan lain seperti bis.

Sepintas, kalau diamati peta jalur jaringan ini menyerupai laba-laba dan sangat ruwet. Masing-masing jalur digambarkan dalam warna berbeda. Tidak seperti jalur MRT di negara lain, beberapa jalur masih memiliki cabang, seperti terlihat pada Nothern line dan Central Line dimana terdapat 2 jalur pecahan.

  • Oyster. Inilah kartu tiket prabayar yang dapat diisi ulang. Kartu ini bisa digunakan juga untuk bus kota. Tarifnya bervariasi tergantung zone yang digunakan dengan maksimal 6,5 pound sehari. Artinya kemanapun digunakan maksimal hanya dikenakan biaya 6,5 pound. Isi ulang dapat dilakukan di Tube Station baik melalui outlet maupun mesin atau bahkan diisi ulang digerai-gerai di luar station. Seperti halnya dinegara lain kartu ini hanya dapat digunakan untuk satu orang dengan anak di bawah 5 tahun di bebaskan dari biaya. Cara menggunakannya juga sama yakni dengan menemelkan kartu pada pemindai saat masuk dan keluar Tube Station, dan dari sanalah secara otomatis nilai deposit berkurang sesuai dengan jarak yang ditempuh. Sedangkan untuk penggunaan bis hanya dipindai saat masuk dengan tarif flat sebesar 1 pound.
  • Undeground dan upperground. Tidak semua jaringan ini ada di bawah tanah. Jaringan di tengah kota semua berada di bawah tanah sedangkan di pinggiran (sub urban) rata-rata berada di atas tanah. Tentu saja pemandangan lebih menarik saat kereta melintas di atas tanah.
  • Beberapa stasiun tutup akhir pekan. Pekerjaan perawatan statsiun biasanya dilakukan saat akhir pekan, sehingga terdapat penutupan saat perawatan berlangsung. Tak usah kuatir jadwal penutupan diumumkan jauh-jauh hari baik di stasiun setempat. Juga terdapat pengumuman langsung di kereta juga setelah memasuki stasiun sebelumnya.
  • Kursi dan stasiun khusus. Beberapa stasiun dilengkapi dengan fasilitas untuk pengguna kursi roda. Stasiun-stasiun ini diberi tanda khusus. Dan seperti halanya kereta di negara lain masing-masing gerbong dialokasikan untuk kursi untuk manula, ibu hamil, dan penumpang yang berhak mendapatkan perlakuan khusus. Kursi-kursi ini biasanya terletak di dekat pintu.
  • Peta Tube. Sangat dianjurkan untuk selalu membawa peta ini. Anda akan sangat mudah dan cepat menjangkau segala penjuru London. Karena beberapa jalur memiliki cabang perhatikan juga lintasan yang akan dilewati.
  • Berbagai Bangsa. Disamping turis yang datang London dihuni oleh berbagai bangsa. Anda akan mudah mendapati orang-orang dari berbagai negara ini di dalam kereta, juga dengan bahasa masing-masing.

Sebenarnya dengan Tube Anda sudah cukup untuk menjangkau atraksi wisata yang wajib dikunjungi. Peta-peta mudah diperoleh di stasiun dan petunjuk arah dibuat sangat jelas. Beberapa atraksi wisata berada di sekitar Tube Station ini, untuk panduan bisa klik disini.

Most Popular Tube Station

Jaringan tube London ini memiliki ratusan stasiun. Beberapa stasiun merupakan junction, dimana Anda dapat berganti jalur kereta lainnya. Nah dari banyak stasiun itu, inilah 9 stasiun terpopuler :

  • King Cross
  • Victoria
  • Waterloo
  • Euston
  • Paddington
  • Picadilly Circus
  • London Bridge
  • Oxford Circus
  • Covent Garden

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s