Tips ringkas mengajukan visa Inggris

Passport NewJika Anda akan mengunjungi suatu negara di luar bebas visa maka Anda mau tak mau harus mengajukan permohonan visa ke kedubes, konsulat atau perwakilan negara yang ditunjuk. Salah satu negara yang mengharuskan Visa adalah Inggris atau United Kingdom. Mengurus visa perjalanan terkadang terkesan rumit dan panjang. Proses pengurusan visa dan persyaratannya bisa berbeda dari satu negara dengan negara lainnya. Beberapa negara mengharuskan pemohon datang langsung ke kedutaan atau lembaga yang ditunjuk untuk wawancara atau pengambilan sidik jari tapi beberapa negara lainnya tidak mengharuskan datang dan cukup diwakili oleh biro travel saja. Biayanyapun juga bervariasi dari ratusan ribu hingga jutaan. Waktu penyelesaian visa juga sangat beragam mulai dari 3 hari hingga berminggu-minggu. Sudah begitu tidak selalu pengajuan visa itu dikabulkan karena berbagai alasan. Nah agar proses pengajuan visa tidak menyita waktu Anda, dan tidak berujung kecewa ada baiknya menyimak beberapa tips berikut ini

  • Dokumen. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan sesuai peraturan negara yang dituju. Biasanya dalam dokumen ini tidak dijelaskan detilnya namun informasi tambahan dapat Anda peroleh dari travel biro (agen) atau orang-orang yang pernah mengajukan visa ke negara yang sama. Sebagai contoh, dalam persyaratan tidak dicantumkan informasi minimal saldo tabungan biasanya tidak ditulis dalam daftar persyaratan.
  • Jenis Visa yang diajukan. Fasilitas bebas visa biasanya hanya diberikan untuk kunjungan singkat. Artinya Anda tetap harus mengurus visa jika akan bekerja atau sekolah di Singapura. Jenis visa memiliki ragam yang luas, masing-masing masih dibagi lagi menjadi beberapa kategori. Jenis visa ini harus diketahui di awal karena terkait dengan formulir yang harus diisi.
  • Isi aplikasi sejelas dan seakurat mungkin. Luangkan waktu Anda untuk mengisi aplikasi karena informasi yang diminta bersifat pribadi, dan hanya Anda yang paling tahu data-data yang dibutuhkan. Meskipun beberapa agen bersedia membatu pengisian formulir ini sangat disarankan Anda mengisinya sendiri. Data-data isian akan dijadikan pertimbangan persetujuan visa Anda.
  • Sertakan juga paspor lama Anda. Seperti tertulis pada artikel sebelumnya, sertakan juga paspor lama Anda saat mengajukan visa. Riwayat perjalanan Anda akan menjadi referensi saat persetujuan visa yang diajukan. Beberapa negara bahkan meminta Anda mengisi riwayat perjalanan ke luar negeri dalam beberapa tahun sebelumnya.
  • Gunakan foto terbaru dengan ukuran dan spesifikasi yang ditentukan. Kedutaan Inggris, misalnya, mensyaratkan foto 3,5cm x 4,5cm dengan latar belakang cerah/putih. Porsi wajah juga disyaratkan misalnya 50%. Biasnya foto juga bebas dari penutup kepala, kacamata, atau asesoris lain yang mencolok.
  • Urus visa jauh sebelum waktu keberangkatan. Karena proses pengurusan bisa bisa berlangsung lama maka sebaiknya Anda mengajukan visa jauh-jauh hari. Anda masih punya waktu jika terjadi sesuatu atas pengajuan visa.
  • Nomor telepon sponsor untuk konfirmasi. Pada beberapa kasus pihak Kedutaan memerlukan konfirmasi khususnya kepada pinhak sponsor. Pihak sponsor ini bisa berupa atasan kerja, pihak pengundang, atau pihak travel selaku penyelanggara. Cantumkan nomor telepon yang jelas dan mudah dihubungi.
  • Menggunakan Agensi. Kebanyakan pengurusan visa memerlukan tiket dan/atau konfirmasi hotel sebagai syarat. Masalahnya adalah jika visa tidak disetujui maka tiket tidak bisa direfund dengan cepat dan mudah. Biasanya travel bisa mengupakan kode pembukuan (booking) dulu untuk persyaratan ini. Jika ternyata visa tidak disetujui maka tiket masih mungkin tidak di-issue. Saran saya gunakan jasa mengurusan visa sekaligus dengan pembelian tiket atau hotel.

Dokumen-dokumen yang diperlukan sangat beragam untuk pengurusan visa di berbagai negara, yang diantaranya adalah :

  • Pasport dengan masa laku minimal 6 bulan.
  • Foto berwarna dengan ukuran tertentu.
  • Surat sponsor, yang dapat dikeluarkan dari kantor bekerja.
  • Data keuangan.  Yakni referensi bank dan catatan transaksi tabungan selama 3 bulan terakhir.
  • Undangan dari negara tujuan jika ada.
  • Bukti pemesanan tiket atau konfirmasi tempat menginap (hotel).

Keabsahan dokumen terkadang masih harus diperkuat dari Pengadilan atau Notaris (Visa Schengen). Nah jika dokumen-dokumen persyaratan Anda lengkap dan akurat boleh berharap pengajuan visa Anda disetujui.

Artikel terkait :

8 thoughts on “Tips ringkas mengajukan visa Inggris”

  1. Mas Bisa tanya, sekarang saya lagi tugas kantor udah 3 bulan di malaysia pakai profesional visit, sekarang ini saya di suruh lagi ke korea, apakah saya bisa urus visa ke korea di malaysia…?mohon pencerahan,…..(mas bisa balas ke email saya juga amin_widodo@yahoo.com)

    1. Mas Amin, agar teman2 juga bisa baca saya balas via blog. Pada dasarnya pemegang passport suatu negara bisa apply visa di negara manapun yang ada kedutaan/konsulat/atau perwakilan negara yang dituju. Jadi pemegang passport Garuda bisa apply Visa Korea dari Korean Embassy di KL.

  2. ada yang ketinggalan, saya juga telah mempunyai stempel imigrasi untuk beberapa negara di Asia dan visa yang telah saya peroleh adalah ke cina beberapa bulan yang lalu

    Apakah dapat membantu untuk mendapatkan persetujuan agar visa Australia dapat disetujui?
    Terima kasih

  3. Bagaimana caranya agar pengajuan visa berlibur ke Australia selama 3 bulan saja dapat cepat disetujui, karena saya tidak mempunyai tabungan sampai puluhan juta tetapi tante saya tinggal disana dan telah menjadi warga negara sana beserta keluarganya

    Apakah ada kemungkinan visa dapat disetujui?
    Terima kasih, saya sangat menunggu info untuk masalah ini

  4. Halo , salam kenal

    Saya mau tanya kalau saya mau ke melbourne bulan september , apakah visa sudah bisa diajukan pada bulan Januari ini ? atau nanti saja dekat2 waktu keberangkatan

    1. Hai Lita,
      Sebenarnya ngurus dari sekarang bisa-bisa saja sebab masa-laku visa dikasih setahun. Tapi menurut saya sebaiknya urus visanya deket2 mau pergi saja (1 bulan sebelumnya), sebab biasanya perlu prin-tout tiket saat ngurus visa. Saya pernah ngurus visa touris ke Aussie dan prosesnya gak ribet kok, cukup via travel saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s