Berlibur ke Bali sambil nonton tennis Commonwealth Bank Tournament of Champhions

CommBank Banner

Jika Anda penggemar tennis dan punya rencana liburan dalam waktu dekat, Bali dapat menjadi pilihan menarik untuk Anda. Pada tanggal 4-9 November 2009 akan berlangsung Commonwealth Bank Tournamen of Champhions. Turnamen ini sebelumnya dikenal dengan Wismilak International dimana mulai tahun ini berganti format. Ini merupakan turnamen penutup dari musim 2009 yang menyediakan hadiah USD 600.000. Turnamen akan dihadiri 12 bintang top tennis dunia yakni pemain diluar Top-8 yang minimal sekali memenangi turnamen International Seri.  Dilangsungkan di kawasan Nusa Dua Bali, tepatnya di The Westin Resort Nusa Dua, kawasan wisata kelas satu di Bali yang juga menyajikan suasana pantai yang eksotis, sangat tenang dan  nyaman. Jadi, buang jauh-jauh suasana nonton tenis di Senayan karena Anda akan mendapati atmosfir yang berbeda, ya setidaknya lebih tertib dan banyak orang asing yang nonton, bahkan sebagai panitia.

Mulai tahun 2003, panitia memberlakukan pemeriksaan terhadap semua penonton yang memasuki area pertandingan dengan menempatkan metal detector di pintu masuk. Hal ini tentu akibat dari bom Bali I & II dulu. Tim sekuriti tampaknya disewa dari perusahaan jasa keamanan profesional. Disamping memeriksa penonton saat memasuki area turnamen, sekuriti ini tidak segan-segan untuk mengeluarkan penonton yang berisik. Sudah menjadi aturan, nonton tennis harus patuh pada aturan seperti tidak boleh berisik saat pertandingan berlangsung, tidak boleh menyalakan dering ponsel, tidak boleh memotret dengan blizt. Sementara itu, tiket pertandingan juga tersedia di berbagai tempat di Denpasar disamping di lokasi pertandingan dengan harga terjangkau.

Jika Anda dari Jakarta maka akan tersedia banyak penerbangan seperti Garuda, Sriwijaya, Air Asia, Mandala, Lion Air, Batavia Air, juga Merpati. Juga tersedia penerbangan langsung dari Surabaya, Bandung, Jogja, Lombok, Kupang, Makassar, Malang dan tentu dari luar negeri. Atau jika perlu Anda masih dapat menggunakan bus malam dari Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya atau Malang.

November juga tidak seramai Juli atau Agustus sebab baru saja lepas dari high session. Akomodasi tersedia cukup banyak dari kelas Melati hingga Bintang 5 Diamond. Akomodasi yang deket dengan tempat turnamen kebanyakan untuk bintang 5 atau 4 (lihat daftar di bawah). Tapi jika Anda mau sedikit jauh maka akan tersedia cukup banyak pilihan hotel di sepanjang Jl By Pass I Gusti Ngurah Rai, Benoa, kawasan Tuban, Kuta, Legian dan relatif tidak terlalu jauh dari Nusa Dua. Jika Anda sekaligus ingin menikmati night-lifenya Bali, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada kawasan Kuta, Legian atau Seminyak. Di kawasan dimana ribuan botol bir tumpah ruah setiap malamnya ini Anda juga bisa menikmati pantai Kuta dan detak kehidupan malamnya. Anda bisa memilih Pulman Hotel, Hard Rock Hotel yang bertarif mulai 1,2 juta rupiah, Inna Kuta, Kuta Paradiso hingga Legian Express atau penginapan murah daerah Poppies Lane tersedia cukup. Namun jika sekaligus ingin menikmati pantai Bali yang lebih tenang Anda cukup tinggal di kawasan Nusa Dua atau Benoa. Dan kalau beruntung, Anda malahan bisa menikmati terang bulan di tanggal-tanggal itu.

Jika Anda punya jadwal pasti ada baiknya kalau Anda membeli voucher hotel lewat travel biro sebab rate-nya akan jauh lebih murah dibandingkan jika anda walk-in. Biaya hotel juga akan jauh lebih murah jika anda berbagi kamar dengan teman perjalanan Anda. Atau Anda juga bisa membeli paket free and easy yang sudah mencakup tiket pergi pulang dan akomodasi beserta tranfer in/out. Namun untuk hotel melati/penginapan Anda sebaiknya reservasi dulu langsung ke hotelnya.

Transportasi umum (bis dan angkot) tidak terlalu banyak tersedia, jadi Anda harus menggunakan taxi dengan tarif lumayan mahal. Tahun sebelumnya panitia menyiapkan shuttle bus antara Denpasar Nusa Dua, dan ini bisa jadi alternatif. Kalau Anda pergi berbanyak tentu saja biaya taxi jatuhnya akan lebih murah per orangnya. Anda juga mempertimbangkan untuk sewa mobil atau bahkan sepeda motor yang banyak ditawarkan.

Dan bagi Anda  yang termasuk tidak tahan lapar ada baiknya jika Anda membawa bekal saat melihat pertandingan, sebab kendati hotel membuka counter makanan tapi saya jamin Anda perlu mengeluarkan banyak rupiah hingga perut kenyang. Terutama bagi Anda yang menjadikan makan nasi sebagai keharusan.

Tidak lupa untuk kenyamanan Anda selama di Bali pertimbangkan juga pakaian yang wajib Anda bawa dan kenakan. Meskipun saat ini masih dalam musim panas namun hujan masih mungkin akan turun, maka disamping membawa pakaian kasual berbahan tipis bawa juga pakaian tebal apalagi jika Anda harus nonton pertandingan hingga larut malam. Jangan lupa kacamata dan sun block kecuali jika memang menginginkan kulit lebih gelap sepulang dari Bali. Tentu saja jika Anda juga pengin menikmati hiburan malam bawa juga pakaian lain.

Karena pertandingan dimulai siang hari maka Anda masih dapat menggunakan waktu pagi hari untuk surfing di Kuta, bungy jumping di Double Six, water sport di Nusa Dua atau sekedar membeli oleh-oleh di art market. Anda akan memiliki cukup waktu di sisa jadwal pertandingan untuk menikmati Bali.

Ini akan bisa menjadi paket 2 in 1, nonton tennis sekaligus liburan. Selamat menikmati eksotika Bali.

Informasi terkait turnamen ini :

Pilihan Hotel di Nusa Dua / Benoa  (harga Agoda.com)

  • Inna Puteri Bali (Rp. 510.952)
  • The Oasis Boutique Beach Resort (Rp. 400.891)
  • Swiss Belhotel Bay View Suites & Villas (Rp. 464.442)
  • Club Mirrage Hotel (Rp. 562.076)
  • The Benoa Beach Front Villa & Spa Hotels (Rp. 539.762)
  • Rumah Bali Bed & Breakfast (Rp. 510.952)
  • Kinds Villa Bintang Resort & Spa (603.784)

4 thoughts on “Berlibur ke Bali sambil nonton tennis Commonwealth Bank Tournament of Champhions”

  1. Mas… klo mo nitip tiket bwat finalnya 2 orang bisa yaaa btw brp no hpnya biar gampang klo menghubungi

    1. Febby,
      Untuk Commonwealth tahun ini saya hampir pasti absen, karena pada bulan itu saya ada rencana pergi lama. Btw, tiket nonton gak sulit didapat baik di venue maupun di kota Denpasar. Cek di website jelang tournament.

  2. Halo Mas,
    Saya Andika, kebetulan saya mau nonton disana, mau nanya-nanya dikit.
    Kira-kira harga tiketnya berapa ya?
    Diblg kalo nginep di Nusa Dua cukup sepi, agak jauh dari Kuta ya? Kalo nginep di tengah2 kira-kira gmana? Ada saran gak? Saya mau maen di pantai juga.
    Mks nanyanya jadi banyak

    1. Halo Andika,
      – Harga tiket tahun ini saya belum dpt infonya, kalau sebelumnya tidak terlalu mahal. Untuk non-VIP sekitar 100ribu untuk final. Mungkin tahun gak jauh beda ya, coba cek di site turnamen di link di bagian bawah artikel.
      – Andika ini sepertinya msh muda ya, kalau saran saya siy mending nginep di Kuta saja. memang agak jauh dan transportasi jadi mahal, cuma kalau nontonnya ramai-ramai bisa pakai satu taxi (mobil), jatuhnya jadi gak mahal per orang. Atau bisa sewa motor (minta tlg org hotel untuk sewa motor, biasanya mereka mau bantu koq). Jadi pagi masih bisa main di pantai, pulang nonton juga masih banyak hiburan.
      Biasanya saya nonton juga, cuma tahun ini saya absen (cuti saya dah abis).
      Selamat nonton ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s