Memesan kamar hotel melalui travel online. Kenapa tidak?

Gedung-gedung @Sukhumvit Bangkok
Gedung-gedung @Sukhumvit Bangkok

Pernahkan Anda mengalami kesulitan mendapatkan kamar hotel? Lalu, Anda harus pindah dari satu hotel dan hotel lainnya? Dan Anda merasa telah membuang cukup banyak waktu untuk itu? Bahkan Anda tidak cukup nyaman untuk menanyakan banyak hal saat di berada di depan receptionist. Untuk menghindari ini semua sebenarnya Anda dapat memesan kamar hotel sebelum kedatangan. Banyak cara mendapatkan kamar hotel selain harus datang langsung (walk-in) ke reception hotel. Cara yang dulu biasa dilakukan adalah dengan membeli voucher hotel melalui travel biro. Tapi kini ada cara lain yang lebih mudah untuk mendapatkan kamar yakni dengan memesannya melalui travel online. Anda pantas untuk mencobanya.

Disamping mudah, memesan online juga banyak keuntungannya. Nah ini beberapa keuntungan jika memesan kamar hotel melalui internet.

  • Praktis dan cepat. Dibandingkan dengan memesan kamar langsung ke hotel atau melalui travel biro, memesan kamar hotel melalui travel online akan lebih cepat. Harga dan ketersediaan kamar akan dapat Anda ketahui saat itu juga. Ini akan lebih praktis karena Anda dapat melakukannya sendiri dari komputer Anda. Tentu saja akan menghemat banyak waktu.
  • Harga Diskon. Travel-travel online ini biasanya menjual kamar dengan harga diskon, bahkan terkadang dengan promo-promo lain khususnya untuk last-minute deal.
  • Kaya informasi. Dari situs travel online Anda setidaknya dapat melihat gambar kamar yang dipesan. Anda lebih mudah mengetahui informasi penting lainnya seperti lokasi hotel karena biasanya dilengkapi dengan peta hotel. Dengan peta ini Anda dapat membantu Anda memilih hotel yang cocok sesuai aktifitas. Situs ini juga menlengkapi informasinya dengan tempat-tempat menarik di sekitar hotel dan ini akan memudahkan Anda untuk mengelola waktu-waktu kosong Anda.
  • Voucher elektronik. Anda akan mendapatkan voucher yang dikirim via email, bukan lagi voucher fisik. Ini akan mengurangi kerepotan jika kehilangan voucher yang sudah dicetak.
  • Lebih personal. Karena Anda tidak berhubungan langsung dengan petugas, maka pilihan kamar berikut rencana perjalanan Anda menjadi lebih personal.

Nah, agar kemudahan dan keuntungan itu dapat dinikmati maksimal pertimbangkan tip-tip ringkas berikut sebelum memesan kamar hotel via travel online.

  • Tentukan terlebih dulu lokasi hotel yang diinginkan. Adalah penting untuk menentukan lokasi/area hotel yang diinginkan agar lebih cepat memperoleh kamar hotel. Namun jika Anda punya cukup waktu tidak ada salahnya untuk mencari tahu hotel-hotel lain di sekitarnya. Misalnya Anda menginginkan hotel di kawasan Seminyak Bali, maka fokuskan pencarian di kawasan ini terlebih dulu mengingat Bali menawarkan hotel sangat banyak.
  • Tentukan perkiraan harga. Banyak hotel di tawarkan dengan variasi harga yang lebar. Jika harga kamar hotel menjadikan pertimbangan memilih hotel sebaiknya pencarian diurutkan berdasarkan harga, bisa dari yang murah ke mahal atau sebaliknya.
  • Baca review oleh pembeli sebelumnya. Review oleh pengguna sebelumnya merupakan informasi yang sebaiknya dibaca dulu. Dari review ini Anda akan mendapatkan gambaran kondisi hotelnya. Sejauh ini review ini relatif jujur.
  • Gunakan Rupiah dalam pembayaran. Travel online biasanya menyediakan kamar hotel seluruh dunia, sehingga pembayaran dapat dilakukan dalam beberapa mata uang penting. Sebaiknya memilih harga dalam Rupiah untuk menghindari fluktuasi nilai tukar dari kartu kredit. Agoda.com salah satu diantara travel online yang menerima pembayaran dalam Rupiah.
  • Gunakan informasi data tamu yang akurat. Untuk memudahkan proses check-in di hotel, selalu gunakan informasi akurat, khususnya untuk Nama, Nomor Identitas (KTP/Passport), dan penghuni kamar. Ketidak sesuaian informasi di voucher akan menyulitkan Anda. Ketidak sesuaian jumlah penghuni kamar akan dikenakan biaya tambahan. Misalnya kamar biasanya hanya boleh digunakan untuk 2 orang, jika Anda menginginkan satu kamar untuk 2 dewasa dan satu anak, maka informasi ini harus disampaikan saat pemesanan.
  • Informasi Kartu Kredit. Agar proses verifikasi pembayaran berlangsung cepat, maka gunakan informasi kartu kredit seakurat mungkin. Disamping nomor kartu, Anda akan diminta informasi tentang masa laku kartu, bank penerbit, alamat tagihan (beberapa situs tidak mensyaratkan ini), dan CVV. Penting diketahui bahwa informasi ini sangat rahasia, namun Anda tidak usah kuatir karena situs-situs travel online itu telah dilengkapi dengan standar sekuriti transaksi yang cukup.
  • Perhatikan kondisi dan syarat harga kamar. Situs online juga melengkapi dengan kondisi dan syarat. Hal penting yang patut dicermati adalah apakah harga sudah termasuk pajak, sarapan atau biaya lain.
  • Fasilitas kamar. Perhatikan fasilitas fasilitas yang diberikan. Situs menginfornasikan fasilitas-fasilitas ini, misalnya fasilitas pembuatan kopi/teh, kolam renang, internet, fasilitas kebugaran. Perhatikan apakah fasilitas itu gratis atau berbayar.
  • Syarat pembatalan atau perubahan jadwal. Penting juga untuk membaca syarat-syarat jika Anda terpaksa harus membatalkan pemesanan atau sekedar merubah jadwal menginap. Hal pertama yang harus diketahui adalah apakah hal tersebut dimungkinkan. Bagaimana syarat dan perlakuannya juga harus menjadi perhatian Anda, termasuk mekanisme pengembalian pembayarannya.

Jadi tidak ada ruginya memesan kamar hotel via travel online ini. Saya cukup sering menggunakan Agoda.com dan selama ini tidak pernah mendapati masalah. Tinggalkan pesan di bawah jika ingin berbagi.

Artikel terkait :

22 thoughts on “Memesan kamar hotel melalui travel online. Kenapa tidak?”

  1. Jika ingin memesan hotel melalui agoda sebaiknya berapa lama sebelum keberangkatan? Apakah terlalu lama jika memesan 6 bulan sebelumnya?

    1. Hi Jessy,
      Biasanya reservasi kamar lebih awal bisa mendapatkan harga lebih murah, tapi jika pakai Agoda berarti akan bayar lebih awal juga. Baik Agoda, Booking sering juga promo last-minute, yakni harga sangat murah 1 hari sebelumnya, tapi ini biasanya hanya ada saat low-season. Jika tanggal nginap merp high season, lebih baik pesan lbh awal, pilih yang bisa di-cancel untuk mengurangi risiko.

  2. Pak Toto, apakah booking melalui Asiarooms itu okey dan aman pak, sepertinya yang banyak dibicarakan orang hanya agoda dan booking.com saja pak.
    saya rencana mau booking hotel di Genting (first world) desember 2011 ini, dan saya cek di asiarooms jauh lebih murah pak. bisa minta advice pak.

    1. Hai Hadi,
      Memang di blog ini banyak dibicarakan Agoda & Booking dan memang keduanya paling populer. Meskipun ga sesering Booking.com saya sesekali beli via Asiarooms, bahkan hotel untuk jelang lebaran ini, saya beli via Asiarooms karena paling murah dibandingkan keduanya untuk hotel dan type kamar yg sama di hari yang sama pula. Singkat cerita, gak perlu kuatir beli via Asiarooms.

  3. pak toto,,
    saya mau bertanya
    1. apa kelebihan dari travel online seperti agoda.com atau booking.com dan lain sbg’a dibandingkan dengan web milik hotel itu sendiri dengan guna’a yg sama yaitu u/ pemesanan kamar?
    2. apakah travell online ini hanya untuk hotel berbintang? bintang 3 dan 4 tersedia didalamnya??? untuk itu apakah dari travel online ini sendiri yg menyediakan atau kah ada kerja sama antara pihak hotel dengan travel online itu?
    3. apa kekurangan dari travel online ini dibanding dengan pemesanan melalui web hotel, travel agent, maupun reservasi dengan telpon?

    saya sedang melakukan penelitian tentang travel online ini,,sehingga saya banyak membutuhkan informasi tentang travel online semacam ini. untuk mengetahui tentang pendapat konsumen tentang adanya travel online ini.
    terima kasih pak toto

    1. 1. Bagi konsumen dengan booking online bisa mendapat banyak pilihan sekaligus, disamping fleksibilitas akses
      2. Tidak selalu bintang. tavel online tidak memiliki hotel, jadi fungsi brokerage
      3. So far tidak ada kekurangan

      Saran untuk mendapatkan hasil riset sebaiknya Anda pernah mencoba transaksi.

  4. 1.apakah memesan hotel agoda aman? karena kita harus memberikan no.kartu kredit kita

    2.Apabila kita telah memesan hotel di luar negri melalui agoda,apa yang harus saya lakukan setelah sampai di hotel yang telah saya pesan?

    3.mengapa harga hotel dengan total seluruh pembayaran berbeda kalo dihitung-hitung? apakah memesan hotel di agoda lebih murah atau lebih mahal daripada memesan hotel lewat publish?

    terimakasih pak sebelumnya,tapi saya harap bapak membalas pertanyaan saya ini karna ini baru pengalaman pertama

    1. Ica,
      1. Pesan kamar via Agoda dan Booking.com sangat aman karena mereka sudah menerapkan standard pengamanan transaksi internet. Saya sudah lama menggunakan keduanya, sejauh ini tidak ada masalah
      2. Begitu transaksi selesai Agoda akan mengirim voucher via email, jadi pastikan kebenaran email yang kita cantumkan. Cek di spam juga
      3. Harga di Agoda biasanya belum termasuk tax & service yang berbeda di tiap-tiap negara. Harga di booking.com sudah nett

  5. Hi pls share dong aku udh bbrp kali pake agoda,Dan udh booking utk tgl 18-21 Nov ke HK.tp aku mau cancel 1 hari Aja jadi cm tgl 18-20 Nov,yg 1 hari itu bs di refund Ga yah?aku udh berusaha chat offline sm pihak agoda tp dia Ga jelasin ttg refund utk cancel 1 hari ini..kl punya pengalaman kyk gn pls share yah..makasih…

    1. Lia,
      Ini memang salah satu kekurangan Agoda, refundnya agak ribet, coba kirim email di layanan pelanggan saja. Kalau via Booking.com kita bayarnya di hotel, dan saat pesan ada pilihan bisa dibatalkan atau tidak.

  6. Saya ada booking kamar di hongkong lewat booking.com, dalam ratenya blm termasuk tax dan service charge. Berapa kira2 besar tax nya ?krn hy disebutkan 15% service charge.thx..

  7. Liburan Singapore

    1. Aman gk ya klo pesen lewat http://www.booking.com coz td uda gw bayar via credit card, gw pesen di hotel Fort Canning lodge, namun stelah gw cek ke pihak hotel nama bookingan gw gk ada!!! Buat juragan2 yg pengalaman kira2 brapa lama proses reservasinya dr pihak booking.com kirim telex ke pihak hotel. Tapi kata hotelnya bsok sruh cek lagi, tp gw kuatir klo nama gw ttep gk ada ….

    2. Ada yg tau gk hotel Fort Canning lodge bagus apa gk ya, bagi yg uda pernah share donk??? Jauh gk dr jantung orchad….thaaannnkkssss…gw tunggu ya juragan 

    1. Joe,
      1. Saya pernah pakai booking.com dan memang ada waktu jeda antara reservasi dan pemberitahuan ke hotel. Gak semua sistem online jadi pemberitahuan terkadang via emal saja ini perlu waktu.
      2. Ada yang mau share?

  8. informasi yang sangat berguna. saya juga telah melakukan transaksi pemesanan kamar hotel melalui situs booking.com apakah bisa dipertanggung jawabkan? karena agoda.com tidak menyediakan lagi kamar hotel di hotel yg kami tunjuk untuk tanggal 30 desember 2009 di singapore. mohon petunjuk. thanx

    1. Buat Galuh,
      Booking.com juga sangat credible, saya juga pernah pakai booking.com dan tidak ada masalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s