Orchard Road terus bersolek agar tetap memikat

Pedestrian OrchardApa yang istimewa dari Orchard Road Singapore? Deretan toko-toko atau trotoarnya yang nyaman? Atau keramaiannya di sepanjang hari? Atau orang-orangnya yang terus lalu lalang? Memang banyak hal menarik ditawarkan dari jalan yang tak terlalu lebar juga tak terlalu panjang ini. Karenanya Orchard tetap saja dijadikan kawasan yang paling banyak dikunjungi turis asing, dan juga warga Singapore sendiri. Orchard Road bahkan identik dengan Singapore, salah satu ikon yang dimiliki negeri mungil ini. Sebenarnya Orchard Roadnya masih cukup bagus kondisinya, hanya Singapore sadar bahwa negara-negara Asia juga menawarkan kawasan belanja serupa Orchard ini, bahkan lebih besar, modern dan lengkap. Karena Singapore menjadikan Orchard ini sebagai daya-tarik turis berkunjung dan tak mau pamor Orchard tergerus negara Asia lain maka Orchard Road-pun terus didandani. Apa saja yang berubah?

Proyek peremajaan Orchard sebenarnya telah dimulai beberapa tahun lalu. Krisis membuat penyelesaiannya tampaknya akan sedikit molor. Hampir semua bangunan di sepanjang jalan dipermak, dipoles sehingga tampak baru dan fresh. Beberapa proyek sudah selesai dan sebagian besar proyek sedang berlangsung. Dan inilah beberapa wajah baru di Orchard Road.

  • Orchard Central, ini bangunan baru yang berada tidak jauh dari Sommerset Station. Bangunan ini tidak cukup tinggi tapi tampak mewah. Ada semacam street mall di dalamnya. Toko-toko merek modern banyak dijumpai disini, meskipun masih belum semua ruangan terisi. Keunikan bangunan ini ada pada pencahayaan. Saat malam tiba, bangunan ini dibalut dengan lampu hampir diseluruh sisi luar bangunan. Lampu ditata dengan warna bergantian. Jangan lupa untuk masuk melalui eskalator yang berada di pojok. Permainan lampu di kiri-kanan akan membuat seakan kita memasuki lorong futuristik.
  • Mandarin Gallery. Ini adalah restorasi Mandarin Meritus Hotel, yang memang sudah tampak tua. Bangunan hotel tidak banyak dipermak, hanya saja di bagian bawah ditambahkan tempat belanja. Dari daftar calon penyewa sepertinya tempat ini bakal menyajikan merek-merek mahal. Meritus, yang akan membuka hotel di Surabaya, merupakan hotel kawakan di Singapore dan tentu saja harus segera direnovasi agar tetap setia dikunjungi pelanggannya.
  • Phoenix Hotel. Hotel yang berada tepat di sebelah Sommerset Station ini sekarang tidak beroperasi. Hotel ini juga masuk cukup tua dan saatnya untuk dibenahi juga. Akan dibangun tempat belanja baru tepat berada di atas Sommerset Station dan tersambung dengan hotel ini. Dulu lokasi ini adalah taman dengan tempat duduk melingkar di bawah pohon rindang lengkap dengan burung-burung liar.
  • The Centre Point. Memiliki wajah baru pada toppingnya. Bangunan dibalut kaca dan dilengkapi lampu menarik di malam hari. Ada tambahan bangunan (wing) baru, sedangkan sisi dalam lainnya tidak banyak berubah, bahkan susunan penyewa utamanya masih hampir sama dengan beberapa tahun lalu.
  • Paragon. Bangunan lama Paragon juga sedang direnovasi agar memiliki wajah sama dengan bangunan tambahannya (Paragon ektention). Metro Department Store masih ada di gedung ini.
  • Ngee Ann City & Wisma Atria. Kedua bangunan ini tidak banyak berubah, masih dibalut marmer coklat yang elegan. Sekarang ditambahkan cafe outdoor di depan Wisma Atria. Cafe ini berbatasan langsung dengan jalur pedestrian. Tower 1 yang diisi oleh Takashimaya juga masih ramai dikunjungi orang. Inilah kawasan paling ramai di sepanjang Orchard Road. Secara keseluruhan jalur pedestrian tidak banyak berubah, hanya ditambahkan hiasan kaca bermotif di tepi jalan. Penjual es potong juga masih terlihat disana.
  • Peranakan PlacePeranakan Place. Inilah bangunan tua dengan arsitektur lama. Bangunan ini tetap dipertahankan hanya sedikit diperbarui catnya agar tetap menyatu dengan bangunan modern di sekelilingnya. Lihatlah bentuk jendela di lantai 2, masih sama dengan sebelumnya.
  • Orchard Plaza. Plaza yang paling sepi, menurut saya, tidak luput dari renovasi. Tampak luar ditambahkan topping baru dan catnya diperbarui. Sedangkan penyewa tidak tampak banyak berubah, masih didominasi toko kain dan tailor di lantai dasar, dan tempat pijat di lantai atasnya.
  • Bangunan-bangunan lain di sisi kiri jalan juga sedang dalam renovasi, beberapa diantaranya akan beralih fungsi, diantaranya adalah Grand Park Orchard.
  • Westin Hotel, Tang, Lucky Plaza dan bangunan lain tidak banyak berubah, hanya sedikit dibenahi.

Grand Park OrchardMeskipun sedang renovasi besar-besaran, kenyamanan pejalan kaki tetap dijaga. Semua proyek selalu dibatasi pagar tinggi sehingga debu atau kendaraan proyek tidak cukup mengganggu. Pagarnya dibuat seindah mungkin sehingga tidak mengganggu pemandangan. Dan unikya lagi, beberapa bangunan di Orchard ini ternyata dimiliki oleh perusahaan Indonesia.

Artikel terkait :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s