Berlibur dengan memanfaatkan fasilitas stop-over penerbangan

TurkishJika terbang dari Jakarta ke kota-kota di Eropa atau Amerika sering kali Anda harus transit di bandara antara. Bandara antara ini biasanya adalah bandara di negara asal airline yang ditumpangi. Keharusan transit ini menjadikan penerbangan menjadi lebih panjang, apalagi jeda penerbangan lanjutannya berjadwal cukup lama.  Nah, karena Garuda belum lagi terbang jarak jauh maka hampir pasti penerbangan jarak-jauh dari Jakarta ke Eropa atau Amerika dilayani oleh airline asing, dan ini artinya Anda harus transit di satu atau lebih bandara. Misalnya penerbangan Jakarta Eropa dapat dilayani oleh Emirates dengan transit di Dubai, Etihad dengan transit di Abu Dhabi, Singapore Air dengan transit di Singapore, Thai Airways dengan transit di Bangkok, Turkish Airlines dengan transit di Istanbul (photo taken from airliners.net), Malaysia Airlines transit di Kuala Lumpur, dan masih banyak lagi airline lain. Biasanya waktu tunggu ini hanya dimanfaatkan untuk menikmati bandara semisal berbelanja atau sekedar mencari makanan. Jika waktu Anda cukup longgar, Anda sebenarnya dapat memanfaatkan transit ini bukan hanya dengan menikmati bandaranya. Bahkan Anda bisa singgah beberapa hari di kota antara ini.

Beberapa rute penerbangan jarak jauh biasanya menawarkan fasilitas stop over ini. Stop-Over adalah fasilitas yang diberikan airline untuk singgah di negara transit dalam beberapa jam bahkan beberapa hari. Fasilitas ini memungkinkan penumpang untuk keluar bandara untuk berbagai keperluan. Misalnya Anda akan terbang dari Jakarta ke London menggunakan Turkish Airlines. Anda bisa menggunakan fasilitas stop-over ini baik saat berangkat atau kembali ke Indonesia. Misalnya Anda ambil stop-over saat kembali, maka penerbangan akan dimulai dari Jakarta ke Istanbul. Anda akan transit dan ganti pesawat sebelum menuju London. Saat kembali dari London Anda akan transit lagi di Istanbul. Nah saat transit ini, Anda akan keluar bandara menuju kota Istanbul sekaligus membawa serta bagasi Anda. Pemeriksaan imigrasi dilakukan di bandara sehingga syarat-syarat keimigrasian juga diberlakukan untuk penumpang stop-over ini. Karena mengambil fasilitas stop over maka penerbangan lanjutan ke Jakarta akan dijadwal beberapa hari kemudian tergantung berapa lama anda memanfaatkan stop-over ini.

Keuntungan fasilitas stop-over

  • Fasilitas ini dapat Anda manfaatkan untuk berwisata di kota transit tersebut. Waktu 3 hari dirasakan cukup memadai untuk berwisata satu kota. Ini artinya Anda memiliki kesempatan berwisata disela-sela perjalanan Anda. Istanbul, Bangkok, Singapore, Dubai, cukup menarik untuk disinggahi saat stop-over ini.
  • Biaya lebih murah. Beberapa airline menawarkan fasilitas gratis stop-over ini, terutama negara-negara yang sedang giat-giatnya menarik turis asing. Bahkan stop-over terkadang masih diberikan iming-iming tawaran-tawaran lain yang menggiurkan (seperti diskon hotel, voucher belanja). Namun secara umum, airline akan mengutip biaya tambahan untuk stop-over tapi biasanya tidak cukup besar. Bandingkan jika Anda terbang terpisah ke kota transit tersebiy dipastikan akan perlu biaya jauh lebih besar.
  • Hemat waktu. Dengan memanfaatkan stop over berarti Anda akan menghemat banyak waktu untuk persiapan liburan yang sama. Cukup tinggal beberapa hari di kota transit, Anda sudah menikmati liburannya.

Persiapan stop-over

  • Fasilitas stop-over hanya dapat diperoleh saat pembukuan tiket, Anda tidak mudah untuk melakukan stop-over jika tiket Anda merupakan tiket terusan. Sampaikan ke petugas reservasi jika Anda akan melakukan stop-over, termasuk biaya-biaya tambahan jika ada.
  • Anda juga harus menyiapkan persyaratan imigrasi di negara tempat transit tersebut. Tanyakan apakah negara tersebut termasuk bebas visa bagi WNI, berlaku Visa on Arrival atau bahkan Anda harus mengajukan visa ke kedutaan/konsulat terdekat. Semua keperluan imigrasi sebaiknya sudah terselesaikan sebelum keberangkatan.
  • Sebaiknya rencana wisata saat stop-over disusun detil sebelum keberangkatan. Jika memerlukan kamar hotel sebaiknya dipesan sebelum keberangkatan, begitu juga dengan rencana liburan Anda. Ini penting agar liburan singkat saat stop-over ini benar-benar optimal.

Nah, tidak ada ruginya Anda manfaatkan fasilitas stop-over ini bukan hanya untuk berlibur tapi juga untuk keperluan lain seperti mengunjungi kerabat, relasi atau berbelanja.

8 thoughts on “Berlibur dengan memanfaatkan fasilitas stop-over penerbangan”

  1. dear mas toto, saya mau tanya nih.. dalam waktu dekat saya akan pindah ke zagreb croatia. karena pertimbangan harga tiket, saya memutuskan untuk menggunakan Turkish Airlines. Namun mengapa booking tiket tdk dpt dilakukan via website ya? apakah di bandara soeta ada sales service khusus turkish airlines? atau saya harus membelinya melalui travel agent? mohon informasinya apabila mas toto dapat memberikan saran penerbangan lainnya. terima kasih

  2. mas, saya sudah tanya ke agen saya. untuk 3 hari stopover di kuala lumpur, saya dikenakan charge tambahan sebesar kurang lebih 60 USD.
    bagaimana menurut mas? apakah kemahalan?
    saya sudah coba hub mal.airlinese office yang di jkt tapi tidak nyambung.

    sekedar ingin tahu, sebenarnya yang menentukan price stopover itu agen atau airlines, mas?

    makasih

    1. Yuyun, fasilitas stop-over sekitaran segitu koq. Yg nentukan price-nya dari airline-nya, coba datang aja ke kantor MAS akan lebih jelas.

  3. terima kasih atas penjelasannya.
    sebenernya masih agak bingung soal stopover tapi jika tidak keberatan mohon menjawab pertanyaan saya.

    saya punya tiket pp malaysia airlines dengan rute shanghai-jakarta-shanghai via kuala lumpur. class Y dan open ticket, beli dari agen travel di thailand.
    apakah saya bisa stopover di kl selama beberapa hari? apakan ada biaya tambahan? jika ada, kira2 berapa? rencana saya ingin menggunakan fasilitas stopover dengan jalan2 keliling kl dan singapur. 3 hari saya rasa cukup.

    mohon info detailnya nya ya mba/mas

    1. Yuyun, biasanya memang saat booking sudah dinyatakan kalau akan stop over. Nah ini karena open ticket maka tetap perlu menghubungi airline untuk pembukuan kembali (tanggal), saat itu minta saja akan stop over di KL berikut biayanya jika ada. Beberapa airline membebaskan biaya stop over ini, tapi seandainya adapun tidak besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s