Vietnam, bintang baru wisata Asia

Ho Chi Minh City1Bagi sebagian orang Indonesia Vietnam hanya dikenal karena perangnya, yang bahkan dijadikan tema film Holywood.  Dan itulah sebagian gambaran Vietnam tempo dulu. Tapi, sekarang Vietnam sudah jauh lebih maju, seakan berusaha menghapus masa kelamnya. Perekonomian Vietnam-pun tumbuh pesat, bahkan untuk Asia Tenggara, Vietnam adalah 1 diantara 2 negara selain Indonesia yang diperkirakan masih tumbuh positif di tahun 2009. Dari sisi geografis, posisinya yang berada di bibir laut China juga menguntungkan buat negara ini. Alamnya yang indah dan keunikan budayanya menjadikan Vietnam sebagai bintang baru tujuan wisata Asia. Turis Indonesia juga makin gemar mengunjungi negara ini, terlebih kini terdapat akses langsung Jakarta Ho Chi Minh City. Anda siap untuk menjelajahi Vietnam?

Vietnam memiliki sejarah sangat panjang dari dimulai 2500  sebelum Masehi, masa dinasti-dinasti, masa kolonial Perancis, perang Vietnam, dan unifikasi yakni bergabungnya Vietnam Utara dan Selatan menjadi satu Vietnam hingga kini. Sebelum unifikasi, Vietnam sempat terbelah menjadi 2 negara karena perbedaan politik yakni Vietnam Utara dan Selatan. Di Utara dikenal Hanoi sebagai ibukota saat itu dan di selatan ada Saigon yang kini menjadi Ho Chi Minh City.

Vietnam MapPerubahan sejarah terakhir terpenting terjadi pada tahun 1986. Doi Moi, atau diartikan sebagai Renovasi menjadi tonggak penting ekonomi Vietnam. Partai Komunis Vietnam menerapkan reformasi pasar bebas, dengan kekuasaan tetap dikontrol penuh oleh negara. Doi Moi juga awal diperbolehkannya kepemilikan swasta atas pertanian dan perusahaan-perusahaan, deregulasi dan investasi asing dipacu. Ekonomi Vietnam mencapai pertumbuhan yang cepat dalam produksi bidang pertanian dan perindustrian, konstruksi dan perumahan, ekspor dan investasi asing. Vietnam sekarang adalah satu diantara negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Kemajuan ekonomi dan keterbukaan Vietnam juga berimbas pada industri turisme. Keterbukaan juga menjadikan banyak penerbangan singgah di Ho Chi Minh City atau Hanoi. Potensi wisata berupa alam dan budaya menarik minat pelancong dunia untuk menikmati Vietnam. Utara Selatan dirangkaikan dengan tempat-tempat indah yang sangat layak dikunjungi. Inilah tempat-tempat yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi, diurut dari Utara ke Selatan.

  1. Hanoi. Adalah ibukota Vietnam dan merupakan kota terbesar kedua terletak di sisi utara ini menyimpan peninggalan sejarah Vietnam. Hanoi juga dikenal sebagai Paris of the East. Kaya akan budaya dan sejarah. Tempat-tempat yang bisa dilihat diantaranya adalah Ba Dinh square – adalah lapangan terkenal dimana President Ho Chi Minh membacakan Declaration of Independence of Vietnam pada 2 September 1945 (hanya beberapa hari setelah Indonesia Merdeka). Temple of Literature – atau disebut sebagai  “Le Pagoda des Corbeaux” dalam bahasa Perancis. Tran Quoc Pagoda, adalah satu dari pagoda tertua di Hanoi. Sekitar 90 menit berkendara dari Hanoi dapat dilihat Van Giang Village untuk menikmati demo memasak khas Vietnam. Van Mieu, universitas pertama di Vietnam juga didirikan di Hanoi.
  2. Halong Bay1Halong Bay, inilah tempat wisata paling populer di Vietnam. Tempat ini juga menjadi finalis nominasi The New Wonder of Nature bersama Komodo National Park Indonesia. Halong dapat dijangkau dari Hanoi dengan jalan darat. Foto di samping karya Chee Keong L menggambarkan gugusan pulau-pulau kapur yang indah.
  3. Hue Imperial City, adalah ibukota kerajaan hingga tahun 1945, masih terawat dengan baik.
  4. Mekong Delta. Disisi selatan Mekong Delta adalah atraksi wisata yang juga sangat poluler. Untuk mencapai Mekong Delta digunakan jalan darat dan diteruskan dengan menggunakan kapal kecil. Sepanjang perjalanannya akan dijumpai Cai Be floating market, pasar terapung sangat populer di Mekong Delta. Setiap hari diperkirakan terdapat 400 – 500 boat penuh buah-buahan, sayuran yang diperdagangkan di pasar ini.
  5. Ho Chi Minh City. Kota ini dulu bernama Saigon. Di sini Anda dapat menikmati  Pagoda Vinh Trang, Cu Chi Tunnels, War Museum, Reunification Palace, Notre Dame Cathedral, Old Saigon Post Office, Thien Hau Pagoda, Ben Thanh Market. Kini Ho Chi Minh City telah menjelma sebagai kota metropolitan di Asia dan merupakan kota terbesar di Vietnam. Merupakan kota industri dan bisnis.

Kini Vietnam lebih mudah dijangkau dari Jakarta. Indonesia Air Asia telah membuka rute langsung Jakarta-Ho Chi Minh City melengkapi Lion Air sebelumnya. Ho Chi Minh City atau Hanoi juga dapat dijangkau dengan penerbangan transit dari Singapore, KL, Bangkok. Vietnam tampaknya akan makin diminati pelancong Indonesia mengingat untuk sampai ke sana hanya perlu 3 jam 5 menit dari Jakarta. Coba simak penerbangan rute Indonesia Air Asia ini, berangkat dari Soekarno Hatta pukul 16.45 sampai di Tan Son Nhat International Airport 19.40. Pesawat yang sama kembali ke Indonesia pukul 20.05 dan tiba di Jakarta 23.10.

Ho Chi Minh Airport1Bandara international di Ho Chi Minh City dinamai Tan Son Nhat Int Airport dan berjarak 8 km sebelah utara kota bawah (down town). Tidak tersedia transportasi umum dari bandara ini. Untuk menuju kota dapat menggunakan taxi meter namun disarankan untuk berhati-hati memilih taxi. Beberapa travel online juga menawarkan airport transfer tetapi dihitung berdasarkan mobil bukan per penumpang.

Nah karena cukup banyak atraksi dan tempat yang dapat dilihat maka untuk menjelajahi Vietnam sisihkan waktu Anda setidaknya 1 minggu. Jika Anda membeli paket dari Indonesia, Tour Vietnam biasanya akan digabung dengan Cambodia sehingga hanya Hanoi & Ho Chi Minh City yang dikunjungi, tentu saja sudah termasuk Halong Bay dan Mekong Delta.

Data dan Fakta :

  • Mata uang : Vietnam Dong (VND)
  • Waktu : sama dengan WIB
  • Bahasa : Vietnamese
  • Penduduk sekitar 84 juta terdiri dari 54 etnis
  • Agama mayoritas adalah Budha (60%-70%)

Foto-foto dan cerita lain seputar Ho Chi Minh City akan hadir sekitar akhir November 2009.

Ho Chi Minh, toi dang cho don su xuat hien cua thang 11 nam 2009

Artikel terkait

10 thoughts on “Vietnam, bintang baru wisata Asia”

  1. Hello Mas…
    Rencana saya dan 2 teman akan ke Ho Chi Minh dari tgl 30 April dan baliknya tgl 05 Mei… mhn pendapatnya sebaiknya kami kunjungin lokasi apa saja. apakah ATM BNI, CIMB Niaga, Mandiri dapat kami pergunakan di Ho Chi Minh ?
    Kalau makanan halal berada di lokasi mana aja mas… makasih mas ya…have a great day….salam

    1. Umy, untuk lokasi dimana saja saya sudah tulis di blog ini, gunakan fasilitas search di kanan atas dengan ‘HCMC’ atau ‘Ho Chi Minh City’. ATM Mandiri bisa digunakan disana (saya pernah coba pakai), pokoknya yang ada logo Visa & Mastercard di ATM-nya. kalau di District 1 ada resto halal, makanan melayu gitu tapi sangat mahal. Untuk mudahnya cari di Lotteria, KFC, McD atau resto2 yang menyajikan makanan barat.

  2. lumayan, kumpulin cerita backpacker yang lain dulu deh
    pingin banget kesana & thailand cuman masih buta segala hal …
    masih berani di malaysia n singapore aja karena alasan bahasa

  3. hi mas toto, sy jg ada rencana ke vietnam 2 mgu lagi, tgl 15-22feb’10..krn kami ber3 mahasiswa, jd mw nyari yg murah alias ga pake tour ato dpt paket tour yg murah meriah:) tp bingung jg, pas search d net pilihannya byk bgt..

    1. Dewi,
      Untuk tour bisa ngikut di artikel itu saja (setelah artikel ini), sedangkan hotel coba cek di hostelbookers.com. Saran saya beli tour online dari Indonesia untuk hari pertama dulu, sisanya cari-cari di sana. Referensi Tuan Travel juga tidak terlalu mahal koq.

  4. hi. thank you sangat utk infonya, 23 nov ini saya ke HCMC, dan mau backpacking juga.. mohon doa nya ya. hehe. Btw Banyak yg ingin ditanya lagi tentang transport dari airport ke city detailnya bagimana..? trims

    1. Asqi,
      Seperti yang tertulis diblog, sebenarnya ada bus kota, tapi gak tahu hingga jam berapa beroperasi. Dari kedatangan international belok kanan hingga terminal domestik. Bus berada di depan terminal itu, dan akan mengantar ke tengah kota di terminal dekat Benh Tranch Market. Kalau sudah tidak ada bus lagi, harus naik taxi bandara, katanya taxi meter ada sedikit di luar tapi agak jauh. Perkiraan taxi adalah 125ribu – 150 ribu dong. Saya sendiri berangkat tanggal 27 November.
      Bisa baca juga artikel lain Melancong ke Ho Chi Minh City Vietnam ala backpacker

  5. terima kasih, artikelnya menarik sekali. lumayan jadi bekal buat saya yg bakal berkunjung ke vietnam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s