Merancang liburan hemat ke Singapore

Sing PromoSingapore begitu populer buat orang Indonesia. Kedekatan jarak membuat liburan ke Singapore sangat mudah dan diminati orang Indonesia. Masih terimbas krisis global, di tahun 2009, sejatinya industri turisme Singapore mengalami penurunan 11,5% untuk separuh pertama tahun 2009 dibandingkan semester1 2008. Statistik menunjukkan, dari 4,5 juta turis yang datang 6 bulan pertama, Indonesia tetap menjadi pemasok turis terbanyak yang melancong ke Singapore. Data yang dikutip dari Singapore Tourism Board (STB) mencatat, semester 1 2009 ini 766.000 WNI berkunjung ke Singapore dan diperkirakan membelanjakan uang sebesar 1,07 juta dollar Singapore.  STB memperkirakan akan ada 1,19 juta turis Indonesia yang mengunjungi Singapore sepanjang 2009 ini. Begitu pentingnya turis Indonesia maka tidak heran jika Singapore sangat gencar berpromosi dalam menggaet turis Indonesia. Tema promo kali ini ‘2009 Reasons to Visit Singapore’.

Dari sisi pengeluaran, ternyata turis Indonesia membelanjakan 28% dari total pengeluaran untuk shopping, 11% untuk akomodasi, 8% untuk makan dan 53% untuk keperluan lain-lain (termasuk berobat). Komposisi ini sangat unik karena biiaya pokok perjalanan tidak sampai separuh pengeluaran. Ini menjadi bukti bahwa Anda dapat merancang liburan hemat ke Singapore,  bahkan tidak sampai 1 juta rupiah selama 3 hari 2 malam di luar untuk belanja dan keperluan tour.

Biaya pokok liburan adalah tiket pesawat dan akomodasi. Pengeluaran bisa membengkak untuk berbelanja dan hiburan. Nah jika dapat menekan pengeluaran untuk belanja dan hiburan maka melancong ke Singapore bisa akan menjadi sangat murah. Coba simak rancangan liburan di bawah ini :

Rancangan BDO Singapore

Bagaimana agar mendapatkan harga-harga super murah itu ?

  • Tiket promo Air Asia Bandung-Singapore jauh-jauh hari untuk keberangkatan awal Oktober. Jadwal ini adalah setelah lebaran sehingga telah lewat high season.
  • Hotel diskon dipesan online melalui Agoda. Meskipun murah, hotel ini masuk kategori bintang 2, jadi Anda cukup nyaman jika dibandingkan tinggal di hostel. Lokasi hotel memang tidak cukup dekat dengan Orchard Road, tapi hanya 8 stop dengan MRT Anda sudah dapat menjangkau Orchard Road. Singapore memiliki transportasi  sangat bagus jadi tidak harus menginap di daerah-daerah populer dengan tarif hotel yang mahal.

Untuk mendapatkan harga murah itu Anda bahkan cukup melakukannya dari depan komputer. Mudah & murah bukan? Nah, kalau biaya pokok sudah terpenuhi maka tinggal menyiapkan untuk biaya makan, tour, dan lain-lainnya. Disarankan untuk membeli tiket MRT isi ulang karena akan lebih hemat dibandingkan tiket sekali jalan. Selamat berlibur.

Data & Fakta :

  • Singapore dapat dijangkau dengan pesawat langsung dari Jakarta, Surabaya, Jogja, Bandung, Bali, Lombok, Balikpapan, Pekanbaru, Palembang, Medan, Padang, Manado
  • Mata Uang Dollar Singapore (SGD)
    • 1 USD = 1,437 SGD (6 Sep 09)
    • 1 SGD = 7052 IDR (6 Sep 09), update klik Yahoo Finance
  • Cuaca sama dengan Indonesia
  • Perbedaan waktu : Waktu Singapore 1 jam lebih cepat dibanding WIB (sama dengan WITA)

Artikel terkait :

8 thoughts on “Merancang liburan hemat ke Singapore”

  1. Mas Toto, thanks a lot for ur information🙂
    jadi pingin segera ngumpulin duit neh buat jalan2 ke SG😀

    1. Nadiya, untuk mendapatkan liburan murah bisa ikutin cara seperti yang telah ditulis di blog itu. Perlu telaten nyari-nyari tiket murah dan gak bisa mendadak, apalagi akhir Juli masih musim liburan. Atau, coba cari paket di travel2, ada juga yang cost saver.

  2. Tunggu saja tanggal maennya pak, paket philipine nampaknya menggiurkan he he he .. boleh di bahas tuh bos di blog tips & trik ke philipine..😉

    1. Untuk Philipine tunggu dulu ya. Yang akan segera hadir dalam waktu dekat ini adalah Vietnam, khususnya Ho Chi Minh City.

    1. Cep Guggie,
      Liburan ke luar negeri tidak harus mahal bukan? Jadi nunggu apa lagi? Segera ajukan cuti, ntar aku approve. ha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s