Masih adakah tiket lebaran tersisa?

DSCN0414Lebaran masih 20 hari lagi tapi tiket pesawat sudah mulai sulit didapat. Jika tersisa tiket dipastikan harganya sudah mencapai titik tertinggi (full fare) atau hanya tersedia untuk kelas bisnis. Semakin dekat lebaran, tiket-tiket mahal itupun diyakini akan semakin sulit didapat. Kalau Anda memerlukan tiket buat lebaran dan masih juga belum mendapatkannya, Anda masih boleh berharap pada penerbangan tambahan. Tapi agar tiket penerbangan ekstra itupun tidak luput, rajin-rajinlah untuk memantaunya melalui website atau tinggalkan nama pada agen perjalanan Anda untuk dimasukkan sebagai daftar tunggu. Penerbangan ekstra ini diumumkan sewaktu-waktu oleh airline. 

Berbeda dengan hotel, sebenarnya kekurangan kursi pesawat itu akan relatif mudah ditambah. Perlu tidaknya penerbangan ekstra juga ketahuan jauh-jauh hari, jika pembukuan tiket sudah mencapai persentase tertentu airline akan segera menyiapkan penerbangan tambahan, inipun jika tersedia pesawat, alokasi slot dan ijin dari Dirjen Perhubungan Udara. Sebagaimana diketahui, utilitas pesawat-pesawat terbang itu rata-rata hanya 10-14 jam per hari. Jadi jika permintaan meningkat, airline dapat menambah penerbangan dengan memaksimalkan utilitas pesawatnya.

Seperti halnya tiket kereta api, tiket lebaran juga sudah mulai menipis ketersediannya jauh-jauh hari. Puasa belum juga melewati minggu pertamanya, tapi beberapa airline sudah mengumumkan penerbangan ekstranya. Semisal :

  • Garuda Indonesia akan menambah penerbangan dari Jakarta ke Denpasar, Padang, Yogyakarta, Singapura, Makassar, Semarang, Sorong, Medan, Pontianak, Bangkok, Hong Kong, Canton dan Kuala Lumpur. Rute Surabaya-Denpasar juga mendapat tambahan.
  • Sriwijaya Air sejauh ini menambah rute Jakarta ke Solo, Semarang, Surabaya
  • Lion Air menambah rute Jakarta ke Yogyakarta, Surabaya, Padang, Medan dan Makassar
  • Mandala membuka extra flight dari Jakarta ke Yogyakarta, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, padang, Surabaya, Semarang dan Pekanbaru
  • Indonesia Air Asia membuka tambahan untuk rute Bandung-Denpasar
  • Silk Air diketahui akan membuka tambahan untuk rute Singapore-Solo
  • Citilink Surabaya-Balikpapan, dan tambah kapasitas untuk Surabaya-Jakarta
  • Cathay Pacific rute Indonesia Hongkong

Nah kalau Anda terbang dengan penerbangan ekstra ini ada baiknya untuk bersiap lebih terutama jika bepergian dengan keluarga dan anak kecil. Siapkan makanan seperlunya terutama buat anak-anak. Kenapa?

  • Penerbangan ekstra biasanya mengambil slot pada malam hari disaat biasanya pesawat sudah istirahat. Jadwal malam ini tentu saja Anda akan tiba di tujuan pada larut malam bah dini hari. Pada saat-saat seperti ini tentu saja ketersediaan perlanjutan sudah sangat terbatas.
  • Karena berada pada leg terakhir maka keterlambatan keberangkatan berpeluang sangat besar. Ini karena jika terjadi keterlambatan pada penerbangan sebelumnya maka keterlambatan itu akan berimbas lebih lama di penerbangan terakhir.
  • Kemungkinan tingkat layanan baik di pesawat dan di darat akan menurun, ya ini karena petugas-petugas ini juga harus bekerja ekstra.

Ya, semoga masih tersedia tiket lebaran tersisa sehingga bisa merayakan lebaran bersama keluarga atau menikmati liburan lebaran.

Baca juga : Lebaran makin dekat, saatnya menyiapkan tiket lebaran

Beri RATING  untuk artikel ini

3 thoughts on “Masih adakah tiket lebaran tersisa?”

  1. Bagaimana kalau tiket2 itu di jadikan bisnis yang menguntungkan?
    Jika anda niat dan ada usaha, saya yakin bisnis itu akan terwujudkan.
    Jadi anda tidak perlu repot-repot saat akan berpergian ke luar kota.
    Saya disini hanya minta fotonya untuk ditaruh di blog saya untuk tugas saya. Terimakasih.

  2. Ha…ha… untung gw udah dapet tiket mudik niy. Mas Toto buka travel aja, ntar gw jadi pelanggannya. Thank, tip-tip nya.

    1. Adit,
      Syukur dah dapet tiket lebaran. Untuk buka travel sebenarnya minat juga sih, cuma kan perlu modal dan strategi yang unik, biar gak cuma jual tiket aja. Thx, udah minat jadi pelanggan. Tunggu aja, ntar dikabari…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s