Jangan dibuang dulu paspor lama Anda

Passport VisaPaspor Anda sudah habis masa lakunya? Atau semua halaman sudah penuh dengan visa dan stempel imigrasi? Jika iya, jangan dibuang dulu sebab paspor lama itu barangkali tetap akan Anda gunakan suatu saat. Paspor lama itu memang tidak lagi bisa digunakan untuk memasuki negara lain juga tidak berlaku sebagai identitas Anda. Tapi meskipun sudah tidak berlaku paspor lama itu masih dapat digunakan untuk dokumen lampiran saat mengajukan visa ke suatu negara. Kok bisa?

Buku paspor menjadi catatan perjalanan kita memasuki suatu negara, di sana tercatat kapan kita meninggalkan Indonesia dan masuk ke suatu negara. Juga mencatat negara mana saja yang pernah dikunjungi, dan kapan. Buku paspor juga mencantumkan visa yang diberikan. Catatan-catatan keluar masuk dan visa-visa inilah yang terkadang akan memudahkan kita mengurus visa ke suatu negara.

Misalnya dalam buku paspor kita terdapat visa ke Amerika, meskipun masa lakunya sudah habis visa ini akan menjadi pertimbangan negara-negara lain seperti Australia atau Inggris dalam proses pemberian visa yang kita ajukan. Atau misalnya kita pernah mendapatkan visa suatu negara tertentu dan akan mengajukan visa ulang, maka visa lama di paspor lama ini akan memudahkan identifikasi dan verifikasi atas pengajuan visa kita.

Bagaimana menggunakan paspor lama untuk pengajuan visa?

Saat Anda mengajukan visa ke kedutaan/konsulat suatu negara, disamping paspor yang masih berlaku dan dokumen-dokumen persyaratan lain lampirkan juga paspor lama Anda. Setelah proses visa selesai dokumen paspor lama Anda akan dikembalikan dengan paspor baru yang sudah ditambahi visa (jika disetujui).

Minta paspor lama saat perpanjangan paspor baru

Saat Anda memperpanjang paspor baru biasanya pihak imigrasi akan menarik papor lama Anda begitu paspor baru selesai. Dan jika ini terjadi maka Anda akan kehilangan paspor lama beserta catatan-catatannya. Anda dapat meminta paspor lama Anda dengan alasan masih digunakan untuk pengajuan visa, dan biasanya paspor lama akan dikembalikan dan diberi catatan di bagian belakang.

Penting bagi yang berganti nama

Ada kalanya karena berbagai alasan, kita harus mengganti nama resmi dan ujungnya juga akan berganti nama di paspor. Nah, pada beberapa negara kartu imigrasi juga mencantumkan pertanyaan ‘Apakah Anda pernah masuk ke negara ini dengan nama lain?. Nah jika Anda pernah melakukannya, maka pihak imigrasi akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait catatan pada nama lama Anda. Jika Anda membawa serta paspor lama (dengan nama lama) maka waktu pemeriksaan di imigrasi akan menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu bernasib sama dengan Shahrukh Khan yang harus diinterogasi di imigrasi Amerika selama 90 menit meskipun interogasi sang super star India ini dengan alasan yang berbeda, bukan karena ganti nama.

Artikel terkait :

45 thoughts on “Jangan dibuang dulu paspor lama Anda”

  1. pak toto mau nanya,
    saya pernah bekerja di Singapore dan tahun lahir saya dituakan, saya ada rencana untuk memperbaikinya sesuai dengan tahun lahir asli saya, tapi yang jadi pertanyaan jika saya ingin masuk lagi ke singapura untuk liburan saja dengan paspor yang sudah d ubah tahun lahirnya, apakah nanti ada masalah? misalkan nanti saya didrportasi…
    mohon solusinya ya pak toto, terima kasih banyak sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s